Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap Dengan Memasang Peredam

Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap Dengan Memasang Peredam
Ilustrasi Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap. Foto: Ist/Net

Membuat kabin Avanza lebih senyap bisa dilakukan dengan mudah. Kabin yang senyap merupakan salah satu hal penting. Dengan kabin yang senyap, para pemilik mobil bisa mendengarkan audio berkualitas.

Sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Biasanya mobil yang memiliki kabin seperti ini, harganya 300 jutaan. Karena itu, penting untuk membuat peredam suara sendiri. Cara ini banyak digunakan oleh orang-orang yang menginginkan kabinnya lebih nyaman.

Suara bising mobil bisa berasal dari berbagai tempat. Karena itu, penting untuk kita memasang peredam suara sendiri. Ketika Anda ingin memasang peredam suara, Anda perlu pasang pada tempat yang menjadi sumber kebisingan.

Jenis Peredam dan Cara Membuat Kabin Avanza Lebih Senyap

Agar Anda bisa memasang peredam suara, Anda harus mengetahui lokasi pada bagian mobil yang perlu dipasang peredam. Jika Anda sudah mengetahui tempat yang cocok untuk dipasang peredam, ketahui pula jenis peredam suara yang digunakan.

Baca Juga : Lampu Kabin Mobil Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum Anda memasang peredam suara, sebaiknya Anda memilih jenis-jenis peredam suara mobil. Untuk bisa membuat kabin Avanza lebih senyap, sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Namun, Anda tentunya harus tahu jenis peredam suara apa yang paling cocok untuk digunakan.

Jenis Peredam

Peredam suara sendiri memiliki tiga jenis. Dari berbagai jenis tersebut, Anda bisa memilih peredam suara mana yang cocok untuk Anda gunakan. Berikut jenis peredam suara yang bisa Anda gunakan.

Foam Atau Busa

Peredam suara ini berbentuk busa. Peredam ini akan memblokir suara dari sumber kebisingan. Material peredam suara ini akan sangat cocok pada kabin mobil. Sayangnya, tidak bisa bertahan untuk meredakan panas karena mesin.

Aspal

Peredam suara ini memiliki tekstur yang keras. Karena itu, agar bisa dipasang dengan benar, Anda membutuhkan lem dan pemanas. Peredam suara ini memiliki berbagai kelebihan, sebab bisa meredam suara bising dengan lebih baik.

Baca Juga : Kabin Mobil Kemasukan Air, Deretan Penyebab Ini Harus Anda Waspadai

Namun, material dari peredam suara ini lebih berat dari jenis lainnya. Bila Anda ingin memasang peredam suara aspal pada bagian pintu, maka Anda bisa menggunakan 2 lapisan peredam.

Biasanya, kedua perbedaan tersebut sudah memiliki berat 2,4 kg. Karena itu, peredam suara aspal ini bisa meningkatkan berat mobil dengan cepat.

Jelly

Jika Anda ingin membuat kabin Avanza lebih senyap, Anda bisa menggunakan peredam jelly ini. Peredam suara jelly lebih banyak peminatnya karena bobot yang ringan. Untuk meredam suara pada bagian pintu mobil, Anda hanya membutuhkan peredam suara jelly dengan bobot 1,4 kg saja.

Untuk peredam jenis jelly ini juga tidak membutuhkan perekat lagi saat proses pemasangannya. Karena peredam suara ini sudah terlapisi dengan alumunium foil yang bisa berfungsi untuk meredam pegas. Itu tadi merupakan jenis peredam suara yang bisa Anda gunakan.

Langkah Membuat Kabin Avanza Senyap

Setelah Anda mengetahui jenis peredamnya, Anda bisa menggunakan cara yang sudah kami sediakan ini untuk membuat kabin Avanza lebih senyap.

Memilih Bahan Peredam

Langkah pertama tetap sama yaitu memilih bahan untuk meredam suara. Anda bisa menggunakan bahan seperti tikar, busa, semprotan, atau isolasi. Bahan-bahan tersebut bisa meredam suara sebab memiliki kemampuan dalam menyerap gelombang suara.

Menambahkan Bobot pada Panel Menggunakan Tikar Redam

Dengan menggunakan cara ini, bisa membantu kecenderungan panel untuk bergetar yang menjadi penyebab kebisingan.

Menempatkan Tikar Peredam pada Dua Panel Pintu

Anda bisa meletakkan peredam pada dua panel pintu yang berdekatan. Dengan begitu, bisa mengurangi sedikit getaran antara pintu.

Meletakkan Matras Rekaman

Anda bisa meletakkan matras redaman pada kompartemen engine untuk mengurangi kebisingan drag. Tikar tersebut terbuat dari kertas logam untuk menambah panas mesin. Anda bisa memasangnya menggunakan lem adhesi kontak.

Baca Juga : Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat dan Mudah

Mengisi ruang kecil dengan semprotan atau semprotan busa. Selain barang tersebut, Anda bisa mengisinya menggunakan barang lainnya. Jika terguncang, barang-barang tersebut akan mengembang sehingga bisa mendorong panel dan mematikan energi getar.

Mengukur Panel Pintu

Anda bisa mengukur panel pintu dan area berkaret yang berada di samping lantai. Pada bagian tersebut, Anda bisa menerapkan bahan redaman yang Anda pilih.

Pahami cara membuat kabin Avanza lebih senyap. Cara ini bisa juga Anda terapkan pada jenis mobil lainnya. Dengan begitu, mobil Anda akan lebih nyaman. Anda tidak akan terganggu dengan suara bising dari mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto