Memory card rusak, Inilah cara memperbaikinya!

Memory card rusak, Inilah cara memperbaikinya!
Foto : berposting

Memory card rusak, Inilah cara memperbaikinya! Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tampaknya sangat gampang banget, terlebih apabila kamu beberapa kali mendapatkan kasus kartu SD tidak terbaca. Memanglah, smartphone terbaru era saat ini ini umumnya sudah berbekal dengan ruang penyimpanan memori internal yang besar. Namun kartu SD alias SD card umumnya tetap jadi pilihan.

Hanya saja, media penyimpanan ini tentu tidak akan bebas dari namanya kasus kartu SD rusak. Mulai tidak terbaca, data corrupt, dan masih banyak lagi. Nah, buat mengatasinya kali ini maka di sini akan ada pemaparan cara membetulkan kartu SD rusak yang mudah dan ampuh banget buat kamu coba!

Daripada kamu bingung mengatasinya, maka sudah merangkum berbagai cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali khusus buat kamu.

Membersihkan Kartu Memori

  • Keluarkan kartu SD dari fitur gadget yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera maupun actioncam.
  • Kemudian bersihkan lempengan tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok pelan-pelan hingga bersih.
  • Bila sudah selesai, masukkan kembali ke dalam gadget dan pastikan SD card yang rusak sudah terbaca atau belum.
  • Apabila cara membetulkan kartu memori yang rusak total ini sukses, maka kamu pula sudah bisa mengenakan kembali kartu SD tersebut buat menyimpan berbagai file, termasuk hasil download video YouTube.

Coba Kartu SD di Smartphone Lain

Cara membetulkan memory card rusak yang lain yang sangat mudah ialah mencoba kartu SD di smartphone lain. Mengenai ini tentu bisa mengenali, apakah kerusakan memang terjadi pada memory card kamu atau malah pada slot memori smartphone.

Caranya kamu tinggal masukkan kartu SD yang sudah kamu lepaskan dan masukkan ke smartphone Android yang lain. Cek apakah kartu SD dapat kamu temui dan dapat berfungsi dengan baik ataupun tidak.

Apabila tampaknya kartu memori tidak terbaca di HP Samsung, vivo, maupun yang lain. Maka kamu bisa lanjut ke cara membetulkan kartu SD rusak berikutnya di bawah ini.

Cek Error Melalui Pc/Laptop

  • Pertamakali kamu masukkan kartu memori tersebut ke dalam smartphone serta hubungkan langsung ke Pc ataupun laptop dengan memakai kabel data.
  • Bila sudah terhubung, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC).
  • Kemudian kamu tinggal membuka Explorer (Windows+ E) setelah itu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties Tools Error Checking dan tunggu hingga proses berakhir.
  • Jalani Eject sehabis proses berakhir dan cek apakah memory card rusak sudah kembali normal ataupun belum.

Format Melalui HP Android

  • Yakinkan kartu SD sudah terhubung dengan smartphone Android yang kamu gunakan. Setelah itu berangkat ke menu Settings Storage Portable storage dan pilih drive kartu SD kalian.
  • Kemudian kamu pilih menu Storage settings Format Erase & format. Kemudian tunggu proses tersebut hingga berakhir serta pilih Done.
  • Terakhir, maka kamu tinggal cek buat kartu SD apakah memanglah sudah terformat serta telah kembali normal.

Nah begitulah kurang lebih seputar cara memperbaiki memory card yang rusak dan tidak terbaca beserta langkah-langkah semuaya. Apabila memanglah masih belum sukses, coba ulangi lagi ya! Intinya akan banyak cara  yang dapat kamu jalani bila terjadi kerusakan pada kartu SD kamu.