Memulai Usaha Baru, Cara Mudah Memiliki Bisnis Sendiri untuk Pemula

memulai usaha baru
Ilustrasi memulai usaha baru. Foto:Ist/Net

Memulai usaha baru bisa menjadi cara membangun dan memiliki bisnis sendiri bagi para pemula. Namun banyak orang yang harus jatuh bangun dalam merintis usaha baru. Lantas apa saja yang harus kita lakukan agar berhasil?

Membangun suatu usaha bukan perkara yang mudah. Selain konsep yang perlu kita pikirkan, tekad dan keberanian juga menjadi hal penting yang harus kita ada dalam jiwa seorang calon wirausaha untuk membangun bisnis.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam merintis sebuah bisnis. Meskipun perencanaan sangat penting, namun seorang calon wirausahawan bukanlah idealis. Sebab terlalu tinggi cita-cita justru akan membuat anda tak pernah mencobanya.

Baca Juga: Memulai Usaha Kuliner Rumahan, dari Jajanan, Warteg, hingga Kue

Langkah Tepat Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

Bagi Anda yang tertarik membangun sebuah bisnis dalam bidang apapun, ada beberapa langkah yang mesti Anda jalankan untuk memulai usaha baru. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Persiapkan Konsep dan Manajemen Ide

Pepatah mengatakan bahwa ide tanpa action sangatlah percuma. Sebagus apapun ide jika tidak segera mewujudkannya tidak akan ada hasilnya. Jadi salah satu hal penting untuk mewujudkan ide adalah dengan take action.

Jangan tunggu terlalu lama atau menunggu sempurna karena Anda tidak akan pernah bisa tahu kapan ide Anda sempurna.  Anda hanya akan tahu letak kesempurnaan ide jika sudah mencoba dan memulainya.

Oleh sebab itu, segera persiapkan konsep untuk memulai usaha baru Anda dan manajemen ide menjadi suatu produk yang bisa dinikmati konsumen.

Anda juga tak boleh meremehkan kekuatan packaging. Tak bisa kita pungkiri bahwa  pada era digital sekarang ini semakin menarik kemasan suatu produk maka akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Perencanaan Modal

Usaha dan modal adalah dua aspek yang saling menguatkan dan berkesinambungan. Oleh sebab itu memperkirakan kebutuhan dan pengeluaran untuk usaha sangat penting anda perhatikan.

Anda harus memikirkan dengan baik biaya bahan baku, biaya pembelian peralatan, perlengkapan, biaya sewa, dan sebagainya.

Semua itu harus masuk dalam pertimbangan dan perhitungan Anda sebelum memulai usaha baru. Setelah Anda kalkulasikan kebutuhan modal yang harus anda siapkan, Anda bisa pikirkan bagaimana pendanaannya.

Apakah pendanaan modal yang anda butuhkan untuk memulai usaha Anda dapatkan dari tabungan pribadi, investor, pinjaman modal, atau sumber keuangan lainnya.

Dengan mengetahui semua hal tersebut, sebagai calon wirausaha Anda bisa mempersiapkan rencana bisnis yang bisa anda jalankan selanjutnya.

Baca Juga: Strategi Jitu Cara Memulai Usaha Online yang Menghasilkan

Persiapkan Tim dan Lokasi Usaha

Jika usaha yang akan Anda jalankan mempekerjakan karyawan, maka sebelum usaha dimulai proses recruitment harus segera dilakukan. Bagi pemilik usaha baru, recruitment yang paling utama harus dimiliki adalah pada bagian pemasaran dan keuangan.

Dua bagian tersebut bisa dikatakan sebagai tombak usaha Anda. Semakin banyak tim pemasaran maka itu artinya potensi penjualannya juga akan meningkat. Selain itu soal keuangan juga penting.

Pastikan Anda mempekerjakan orang yang paham tentang bagaimana menghitung laba rugi, arus kas dan perubahan modal. Sehingga Anda bisa tahu kemana uang anda belanjakan dan darimana uang anda dapatkan.

Lokasi untuk bisnis juga tak kalah penting anda pikirkan. Pastikan Anda memilih lokasi usaha yang strategis dan mudah orang menemukannya jika memang akan memulai usaha baru.

Sebagai gambaran Anda bisa memilih tempat usaha yang dekat dengan kantor, pasar, atau sekolah. Yang penting lokasi yang dekat dengan tempat masyarakat beraktivitas dan berlalu-lalang.

Promosikan Usaha Anda

Selain mempromosikan usaha secara offline dan dari mulut ke mulut, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha Anda.

Untuk melakukannya, buat akun instagram sendiri sesuai dengan nama usaha Anda untuk mengenalkan kepada audiens tentang produk yang Anda punya.

Dengan begitu masyarakat akan mengenal dan memahami produk Anda. Pastikan Anda melakukan interaksi dua arah dengan calon konsumen Anda.

Jika ada waktu akan lebih baik jawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan karena hal tersebut sangat penting untuk perkembangan usaha.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha baru, itulah beberapa tahapan penting yang perlu Anda jalankan. Kalaupun anda menemui kegagalan pada awal bisnis anda, sebaiknya jangan menyerah. Karena tak ada sukses tanpa mengalami kegagalan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang