Mengaktifkan Apple Lossless Audio dan Dolby Atmos, Intip Ketentuannya!

Mengaktifkan Apple Lossless Audio
Ilustrasi Mengaktifkan Apple Lossless Audio. Foto: Ist/Net

Mengaktifkan Apple Lossless Audio saat ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Pasalnya, Apple secara resmi telah merilis fitur audio dengan kualitas tinggi bagi para subscribers Apple Music.

Fitur tersebut bernama Lossless Audio serta Dolby Atmos. Fitur menarik ini resmi rilis melalui gelaran acara WWDC 2021. Dalam hal ini, perusahaan menyebutkan fitur Lossless Audio dan Dolby Atmos dapat aktif pada perangan iPad, Mac, iPhone serta Apple TV.

Baca Juga : Mematikan VoiceOver di iPhone Praktis, Penting untuk Dipahami!

Hal yang membedakan adalah pada Apple TV hanya mendukung fitur Lossless Audio dengan kualitas CD standar saja. Bagi Anda yang semakin penasaran serta belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kedua fitur tersebut pada perangkat Apple. Berikut ini akan kita ulas beberapa langkah mudahnya sesuai dengan kutipan dari Gizmodo pada Jum’at 11 Juni 2021 lalu.

Cara Mengaktifkan Apple Lossless Audio dan Dolby Atmos

Bagi Anda pecinta Apple, terdapat kabar terbaru yang wajib Anda ketahui. Belum lama ini Music Apple resmi mengaktifkan fitur streaming dan audi spesial dengan kualitas Kosskess.

Apabila Anda yang telah menginstal pembaruan iOS, macOS serta iPadOS teranyar, maka Anda akan dapat melakukan streaming trek tertentu. Baik dalam audio Lossless atau kualitas CD standar serta Lossless dengan resolusi tinggi.

Apple menyebut kedua fitur tersebut hadir bersamaan dengan acara bersamaan dengan gelaran acara Worldwide Developer Conference 2021.

Perlu Anda ketahui, bahwa dengan mengaktifkan fitur Apple Lossless audio menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan ketika proses pengunduhan. Bahkan, menguras lebih banyak data pada saat digunakan untuk streaming.

Baca Juga : Cara Aktifkan eSIM di iPhone Terbaru Secara Mudah, Simak Informasinya

Selain itu, streaming AAC standar tetap menjadi default, kecuali pengguna mengalihkan preferensi ke Lossless pada bagian aplikasi Music pada pengaturan iOS.

Perusahaan Apple sebelumnya sudah mengabarkan 20 juta lagu lebih akan tersedia pada kualitas Lossless ketika peluncuran. Pernyataan ini melansir The Verge, pada Selasa 8 Juni 2021. Dalam hal hal ini, pihak perusahaan pun menyebut katalog dari Apple Music akan menyediakan 75 juta lagu lebih dengan kualitas Lossless akhir 2021 kelak.

Audio Lossless eksklusif untuk Apple Music serta tidak tersedia untuk pembelian. Para pengguna juga tidak dapat meningkatkan musik yang telah mereka beli atau mendapatkannya melalui iTunes Match.

Ketentuan Mengaktifkan Apple Lossless Audio dan Dolby Atmos

Untuk dapat menikmati fitur baru dari Apple Music tersebut, maka para subscriber layanan ini harus mempunyai perangkat dengan kelengkapan software terkini serta kompatibel.

Apabila kedua ketentuan tersebut telah terpenuhi, maka subscriber Apple Music dapat streaming konten audio sekelas CD bahkan lebih tinggi pada perangkat pilihan mereka.

Baca Juga : iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes? Atasi dengan Cara Berikut

Akan tetapi sebelum itu, terdapat beberapa hal yang perlu pengguna perhatikan ketika mengaktifkan Apple Lossless dan Dolby Atmos. Karena kedua fitur tersebut menawarkan kualitas audio kelas atas, dan juga ukuran file lagu yang akan mereka dengar pun cukup besar.

Oleh karena itu, streaming melalui jaringan seluler tentu akan memakan kuota data serta mendownloadnya pun akan mengurangi kapasitas memori internal perangkat.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa headphone bluetooth tidak mendukung kemampuan Lossless Audio. Hal ini berarti pengguna tidak akan dapat menggunakan fitur Lossless audio hanya dengan berbekal AirPods standar saja. Supaya dapat menikmati, maka pengguna harus menggunakan AirPods Pro serta AirPods Max.

Cara Mengaktifkan Apple Lossless Audio dan Dolby Atmos

Bagi Anda pengguna iPad serta iPhone, cara untuk mengaktifkan fitur Lossless dan Dolby Atmos dapat Anda lakukan melalui menu Settings. Selanjutnya gulir ke bagian bawah untuk menemukan pilihan Music. Langkah berikutnya dapat Anda pilih opsi Audio, maka Anda akan melihat dua pilihan fitur, yakni Dolby Atmos serta Audio Quality.

Pada opsi Dolby Atmos, para pengguna dapat memilih opsi Automatic. Fitur ini akan mengaktifkan dukungan Dolby Atmos setiap pengguna memutar lagu serta terhubung dengan perangkat yang kompatibel terhadapnya.

Seperti AirPods, AirPods Pro, serta AirPods Max. Sedangkan pada menu Audio Quality, pengguna dapat mengaktifkan fitur Lossless Audio yang kemudian dapat memilih tingkat resolusi yang tersedia untuk streaming seluler, donwload serta WiFi.

Saat mengaktifkan Apple Lossless Audio dan Dolby Atmos, terdapat beberapa yang perlu Anda perhatikan. Kualitas suara yang dihasilkan bergantung dengan banyak hal. Seperti pada perangkat yang digunakan, kualitas DAC/amp, headphone atau earphone yang Anda gunakan hingga kualitas internet penggunaannya. Maka bisa saja hasilnya akan berbeda setiap masing-masing pengguna. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto