Mengaktifkan Developer Option HP, Pahami Fungsi dan Penggunaannya

Mengaktifkan Developer Option HP
ILustrasi Mengaktifkan Developer Option HP. Foto: Ist/Net

Mengaktifkan Developer Option HP tentu dapat memberikan berbagai manfaat bagi anda para pengguna Android. Penting untuk anda ketahui, opsi pengembang atau nama lain dari Developer options merupakan salah satu fitur opsi yang tersedia pada pengaturan sistem HP Android.

Fitur ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya jika anda ingin mempunyai akses lebih banyak untuk dapat menampilkan beragam fitur tertentu dalam perangkat Android.

Baca Juga : Fitur HP Oppo Reno 4 Terbaik yang Jarang Dimiliki Smartphone Lain

Dalam hal ini anda dapat memulai dengan melihat adanya opsi pengembang. Selain itu, melalui opsi pengembangang anda dapat bermain-main dengan perangkat HP anda. Seperti melakukan modifikasi, melakukan flashing atau rooting dan lain sebagainya.

Cara dan Manfaat Mengaktifkan Developer Option HP

Android saat ini memiliki cara berbeda untuk mengaktifkan fitur Developer Options. Jika pada awalnya bisa langsung anda temukan. Namun saat ini Developer atau Opsi Pengembang merupakan menu tersembunyi yang terletak pada pengaturan pada Android.

Fitur ini mempunyai berbagai manfaat seperti USB debugging, melihat secara lebih dalam mengenai proses pemakaian RAM pada CPU dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, Developer Option adalah menu yang sebenarnya diperuntukkan serta digunakan oleh pengembang untuk dapat lebih mengoptimalkan berbagai produk mereka.

Juga mencari kesalahan atau bug yang mana mungkin tersembunyi dalam Android buatan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengubah apapun sebelum ada memahami fungsinya.

Memahami Developer Option

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Developer Option HP sebaiknya anda pahami terlebih dahulu mengenai fitur satu ini. Developer Option merupakan seperangkat alat serta pengaturan yang telah dirancang untuk membantu para pengembang aplikasi dalam mengoptimalkan produk.

Serta melakukan pelacakan apabila terjadi adanya suatu kesalahan. Sebagai contoh, dalam sebuah opsi yang bernama Pointer Location akan memberikan pembacaan yang lebih akurat berhubungan dengan input pengguna.

Baca Juga : Fitur RAM Expansion Oppo Dongkrak Performa 3 HP, Apa Saja?

Selain itu, opsi ini akan menampilkan informasi yang berhubungan dengan koordinat atas layar yang terakhir anda sentuh. Sementara ini, Developer sangat bagus bagi pengembang yang perlu memahami lokasi sentuhan serta gerakan.

Kemudian Opsi Show Touches yang merupakan item yang ditampilkan setelah anda mengaktifkan Developer Option HP. Opsi ini sangat berguna untuk menampilkan sentuhan anda pada layar.

Selain itu, masih banyak lagi hal-hal yang dapat anda lakukan dengan mengaktifkan Developer Option pada perangkat anda. Seperti Take bug report, Stay Awake, Desktop Backup Password dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan Developer Option HP

Fitur ini dapat pengguna aplikasikan pada hampir semua tipe Android. Meskipun beberapa fitur pada Android telah banyak mengalami perubahan, akan tetapi cara mengaktifkan fitur Developer Options pada perangkat ponsel tetaplah sama.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan Developer Options HP antara lain:

  • Langka pertama, buka pengaturan pada perangkat Android anda
  • Kemudian gulirkan ke bawah hingga anda akan menemukan “About Phone” atau “Tentang Ponsel”, atau “Tentang Tablet”.
  • Lalu klik serta masuk ke dalamnya
  • Selanjutnya gulir ke bagian bawah lagi hingga anda akan menemukan ” Build Number” atau “nomor bentukan”, kemudian klik. Maka Android tersebut akan memperlihatkan pesan berapa kali untuk harus mengklik, hingga Anda menjadi pengembang. Tetap klik hingga akhirnya memenuhi jumlah yang diinginkan.
    Untuk beberapa ponsel mungkin akan memiliki cara yang berbeda.

Setelah anda ditampilkan sebagai Developer atau pengembang pada build number, maka selanjutnya anda akan kembali ke menu pengaturan utama.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Kemudian anda akan melihat “Opsi Pengembang” atau “Developer Options” pada menu Setting utama anda. Namun jika tidak ada, maka carilah pada menu setting tambahan pada perangkat HP anda.

Biasanya, fitur ini akan berada satu tingkat sebelum Setting tambahan. Perlu anda ketahui, pada beberapa tipe Android akan langsung menampilkan Developer Options tanpa harus mengikuti cara di atas. Terutama yang masih menggunakan OS Android seri di bawah Android 4.4.4 (KitKat).

Peringatan Penggunaan Developer Options pada HP

Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengaktifkan Developer Options HP. Namun penting untuk anda ketahui, Developer Options sebenarnya berisi sejumlah item yang khusus tersedia bagi para ahli yang terlatih.

Maka sebaiknya, anda tidak mengubah apapun pada saat anda berhasil mengaktifkan Developer Option HP. Apabila anda tidak mengerti apa yang seharusnya anda lakukan. Penting bagi anda untuk memperhatikan pengaturan bawaan, bahkan jika perlu buatlah catatan. Hal ini akan bermanfaat apabila terjadi sesuatu yang tidak beres, dan anda pun bisa mengembalikan ke posisi bawaan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto