Mengatasi Installation Aborted Status 7 Error, Berikut Langkah Praktisnya!

mengatasi installation aborted status 7 error
Ilustrasi mengatasi installation aborted status 7 error. Foto: Ist/Net

Mengatasi installation aborted status 7 error sebenarnya tidak terlalu sulit. Bagi Anda yang pernah mengalami hal ini, tidak perlu khawatir.

Terdapat langkah-langkah mudah untuk mengatasi error Installation Aborted Status 7 Error pada perangkat HP Android. Munculnya pesan kesalahan yang disebabkan oleh ROM yang Anda gunakan terdapat parameter yang tidak sesuai dengan perangkat HP.

Baca Juga : Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Akan tetapi hal ini bukan berarti firmware yang akan Anda install mengalami kerusakan, corrupt atau mengalami masalah lainnya. Maka jangan download ulang stock ROM atau custom ROM sebelum mencoba cara yang akan kita ulas di bawah ini.

Cara Mengatasi Installation Aborted Status 7 Error

Masalah Installation Aborted Status 7 Error ini tentu sering membuat jengkel siapapun yang mengalaminya. Ketika Anda sudah berhasil download firmware dengan ukuran yang cukup besar. Tentunya juga sudah membuang kuota yang cukup banyak, akan tetapi ketika akan melakukan flash terjadi pesan error. Masalah ini dapat terjadi dengan beberapa penyebab.

Penyebab Masalah Installation Aborted Status Error 

Adakalanya saat instal atau flash custom ROM melalui CWM atau Custom Recovery lainnya, kita mengalami kegagalan. Mungkin juga memperoleh keterangan Installation Aborted Status 7 Error.

Padahal untuk download Zip ROM-nya juga sudah complete. Penyebab terjadinya error status 7 installation aborted dapat terjadi oleh beberapa alasan. Salah satunya adalah Zip Custom ROM yang corrupt (korup), adanya pengunduhan yang gagal meskipun pada tab download telah selesai.

Baca Juga : Fungsi Panorama di Kamera HP untuk Foto Pemandangan, Ini Tipsnya!

Selain itu, memang terdapat langkah-langkah penginstalan yang terlewati. Adanya masalah error status 7 installation aborted seringkali disebabkan karena langkah-langkah flashing atau penginstalan ROM yang salah. Terutama jika kita yakin jika kita telah mendownload file secara tuntas serta benar.

Kesalahan penginstalan dapat terjadi sebab ROM tidak cukup kompatibel terhadap Assert dari ponsel yang Anda gunakan. Assert merupakan kode pada ROM Android bisa menyebabkan error status 7.

Lalu, tips atau cara mengatasi installation aborted status 7 error yang paling mudah adalah dengan cara memperbaharui CWM Recovery dengan versi yang terbaru. Anda bisa memperoleh CWM Recovery yang terbaru dengan mendownloadnya dari ROM Manager.

Cara Mengatasi Installation Aborted Status 7 Error

  • Langkah pertama download dan install Notepad+,  bukalah firmware yang masih dalam format ZIP
  • Cari file UPDATE-SCRIPT, biasanya file ini terdapat pada META-INF-COM-GOOGLE-ANDROID.
  • Kemudian buka file UPDATE-SCRIPT dengan menggunakan Notepad++. Jangan buka menggunakan notepad bawaan windows. Ditakutkan terdapat kode yang tidak dapat terbaca dengan baik dan dapat mengakibatkan error lainnya.
  • Berikutnya urutkan kode pertama apabila terdapat kode () warna merah, berarti itulah penyakitnya.
    dan hapus kode urutan yang pertama dan terdapat kode buka kurung / () berwarna merah. Sebab, script masing-masing firmware ponsel berlainan, maka sebagai acuan agar tidak salah hapus, maka Anda hapus hingga kode penutup yakni (;)
  • Kemudian Anda SAVE
  • Serta update pula file ROM yang dalam bentuk ZIP
  • Langkah terakhir, Copy kembali firmware ke dalam MMC atau memori card. Jangan lupa untuk Format terlebih dulu MMCnya. Kemudian coba flash kembali melalui CWM Recovery.
  • Apabila masih muncul error, maka silahkan hapus lagi kode script urutan nomor 2 sama dengan langkah di atas. 

Cara Lainnya

Akan tetap apabila Anda telah mengupdate CWM Recovery yang terbaru dan masih dalam keadaan status 7. Berikut ini alternatif lain cara mengatasi installation aborted status 7 error ada Android yang Anda gunakan antara lain:

  • Langkah pertama salin terlebih dulu ROM Anda ke komputer serta ekstrak dengan menggunakan Winrar
  • Kemudian, setelah berhasil Anda ekstrak, masuk ke folder META_INF > COM > GOOGLE > ANDROID
  • Maka Anda akan menemukan file “updater-script”
  • Ubah terlebih dahulu ekstensi file menjadi teks, “updater-script.txt”
  • Kemudian buka dengan wordpad atau notepad
  • Kemudian buka tulisan “assert” sampai sebelum “mount”
  • Langkah berikutnya simpanlah “updater-script.txt”, lalu ubah jadi “updater-script”
  • Maka jadikan ZIP kembali ke ROM seperti semula dan install.

Jika Anda mengikuti instruksi cara mengatasi installation aborted status 7 error diatas dengan benar, maka Anda tidak akan menemui error status 7 lagi. Karena meskipun kita telah melakukan instal ROM secara aman, akan tetapi file ROM kita sendiri cukup berbahaya, maka kita harus tetap waspada. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto