Mengatasi Jerawat dalam Semalam untuk Remaja Puber

Mengatasi Jerawat dalam Semalam
Produk untuk Mengatasi Jerawat dalam Semalam untuk Remaja Puber. Foto: Ist/Net

Berikut ini adalah tips mengatasi jerawat dalam semalam yang bisa diikuti oleh remaja. Pada dasarnya, jerawat adalah pori-pori kulit yang tersumbat. Proses penyumbatan ini bisa terjadi sel kulit mati yang bertumbuk, sebum, debu, bakteri dan kombinasi dari semuanya.

Pada usia remaja, jerawat sering dipicu oleh pengaruh hormon saat masa puber. Agar tidak meninggalkan bekas membandel, jerawat harus mendapat penanganan yang benar. Beberapa kebiasaan buruk pada jerawat juga bisa merusak struktur kulit dan menimbulkan bopeng di wajah.

Baca Juga: Skincare dengan Centella Asiatica, Usir Jerawat dan Kemerahan di Wajah

Cara Mengatasi Jerawat dalam Semalam

Supaya bisa mendapat penanganan yang tepat, tentu kita perlu mengetahui terlebih dulu faktor tumbuhnya jerawat. Gunanya agar bisa menghindari beberapa kebiasaan buruk penyebab jerawat.

Ketahui Faktor Penyebab Jerawat

Pada remaja, jerawat bisa muncul karena kebiasaan memegang wajah. Tangan kita belum tentu bersih sehingga bisa menjadi penghantar bakteri dan kuman ke wajah. Terutama untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, debu dan kotoran cenderung mudah menempel.

Jarang membersihkan wajah sebelum tidur juga merupakan salah satu penyebabnya. Untuk mengatasi jerawat dalam semalam, dianjurkan menghentikan kebiasaan memegang wajah dan gunakan face wash dua kali sehari.

Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash Rp 17 ribu

Masalah jerawat bisa diatasi dengan face wash yang mengandung salicylic acid. Kandungan ini juga merupakan zat turunan BHA, yang dapat bekerja membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Ia dapat mengangkat kotoran, debu, dan sebum yang terperangkap.

Produk pembersih wajah yang aman bagi remaja salah satunya Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash. Produk ini memiliki tekstur gel dan tidak meninggalkan rasa kering. Selain jerawat, bruntusan juga ikut hilang berkat face wash ini.

Fanbo Acne Solution Moisturizer Gel Rp 28 ribu

Agar kulit dapat sembuh lebih cepat, pilih moisturizer yang bersifat non-comedogenic, oil-free dan bertekstur gel. Moisturizer tipe ini lebih ringan untuk remaja dan mudah menyerap terutama di kulit berminyak. Rekomendasi pelembab wajah yang bisa mengatasi jerawat dalam semalam adalah Fanbo Acne Solution Moisturizer Gel.

Produk ini mengandung tea tree oil yang bekerja sebagai anti inflamasi, meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Manfaat lainnya dapat menjadikan kulit halus dan lembut, minyak di wajah jadi lebih terkontrol. Aman untuk remaja yang mengalami masalah jerawat akibat hormon.

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Rp 67 ribu

Penggunaan sunscreen di siang hari dapat mencegah wajah kusam, karena kulit terlindungi dari sinar matahari. Bagi kulit berjerawat, hindari sunscreen yang mengandung beeswax, coconut oil, cocoa butter dan silikon. Rekomendasi sunscreen yang tepat untuk remaja adalah Skin Aqua UV Moisture Gel.

Karena teksturnya gel, maka jadi terasa ringan di kulit berminyak dan acne prone. Sunscreen yang tidak menyumbat pori-pori dapat mengatasi jerawat lebih cepat. Produk ini juga memiliki harga terjangkau di bawah 100 ribu dan bisa kamu temukan di minimarket.

Benton Aloe BHA Skin Toner Rp 260 ribu

Malam hari, gunakan Benton Aloe BHA Skin Toner setelah face wash. Produk ini dapat mengangkat sel kulit mati dan mengatasi jerawat dalam semalam. Kandungan BHA di dalamnya dapat meredakan jerawat yang sedang meradang.

Produk ini juga membantu melembabkan kulit karena diperkaya dengan aloe vera. Sebagaimana kita tahu, ekstrak aloe vera merupakan salah satu kandungan yang menenangkan kulit. Cukup gunakan toner ini 1-2 kali dalam seminggu, ya.

Baca Juga: Menutupi Noda di Wajah dengan Make Up, Ini Rekomendasinya

Acnes Sealing Jell Rp 27 ribu

Agar jerawat sembuh lebih cepat, kamu dapat mengoleskan acne treatment pada area yang berjerawat. Kandungan salicylic acid, benzoyl peroxide dan hydrocolloid patch dapat mengatasi jerawat dalam semalam. Gunakan Acnes Sealing Jell di tahap akhir skincare routine malam hari.

Masalah jerawat memang terkadang membuat orang panik dan bingung bagaimana mengatasinya. Terutama untuk kalangan remaja yang masih belum memahami skincare, banyak kebiasaan-kebiasaan buruk penyebab jerawat. Perubahan hormon pada masa puber juga dapat menjadi pemicunya. Agar jerawat bisa ditangani dengan benar, yuk rawat kulit dengan sesuai dengan urutan skincare. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu