Mengganti LCD Smartphone Sendiri, Berikut Ini Langkah-Langkahnya

Mengganti LCD Smartphone ok
Ilustrasi Mengganti LCD Smartphone Sendiri. Foto : Net/Ist

Tidak semua orang bisa mengganti LCD atau touchscreen pada smartphone sendiri. Pasalnya, butuh keterampilan khusus dan kesabaran. Sebab, jika memiliki keterampilan maka malah bisa menimbulkan kerusakan lain pada smartphone.

Seperti kita ketahui, bahwa LCD pada smartphone merupakan salah satu bagian atau komponen terpenting. Dengan layar yang rusak atau tidak bisa beroperasi, maka Anda tidak dapat menjalankan ponsel pintar tersebut.

Beberapa kerusakan umum pada LCD antara lain, layar pecah atau retak, ghost touch atau layar tiba-tiba bergerak sendiri. Kemudian white spot, atau layar menjadi putih namun lama kelamaan akan menjadi blank.

Baca Juga : LCD HP Tidak Menyala Padahal Hidup, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Sehingga, dengan kerusakan tersebut tentu sangat menggangu pengguna ketika menyalakan smartphone. Sebab, Anda tidak akan dapat dengan leluasa memakai ponsel tersebut.

Langkah Mudah Mengganti LCD Smartphone

Langkah paling mudah dan aman mengganti layar ponsel pintar adalah pergi ke tempat reparasi smartphone. Namun tentu biaya akan lebih besar dibandingkan dengan mengganti sendiri.

Lantas apakah bisa mengganti touchscreen sendiri? Tentu jawabannya sangat bisa. Bahkan keuntungan dengan mengganti sendiri bisa memangkas biaya atau anggaran. Jadi, Anda tinggal beli LCD smartphone dan pasang sendiri.

Namun kerugian mengganti sendiri, terlebih belum mengetahui caranya yang baik dan benar, tentu sangat berisiko.

Nah berikut langkah-langkah mengganti LCD dan touchscreen smartphone yang dilakukan sendiri.

Matikan Daya Ponsel

Sebelum mengganti layar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan perangkat tersebut. Walaupun memang terbilang hal sepele, akan tetapi dampaknya lumayan besar.

Pasalnya, jika saat mengganti LCD dan touchscreen tapi smartphone tetap menyala, maka bisa mengganggu proses penggantian tersebut.

Lepas Daya Baterai

Langkah selanjutnya setelah mematikan ponsel adalah melepaskan daya baterai. Sangat mudah jika baterai tersebut yang removable atau bisa dilepas.

Baca Juga : Tips Mengatasi LCD HP Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Akan tetapi, jika smartphone tersebut mengusung non-removable, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu cara melepas baterainya. Agar saat mengganti LCD smartphone, prosesnya akan lebih cepat selesai.

Siapkan Alat

Kemudian langkah mengganti LCD smartphone selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk membuka casing HP, yaitu antara lain obeng yang sesuai dengan sekrup. Buka seluruh sekrup yang terpasang pada bodi HP.

Setelah itu, lepaskan line secara perlahan-lahan. Line atau kabel kecil tersebut merupakan penghubung antara LCD dengan PCB.

Untuk langkah yang satu ini, Anda wajib mengingat dengan baik posisi atau letak setiap bagiannya. Hal tersebut agar memudahkan saat akan memasangnya kembali.

Hangatkan Layar

Setelah pada bagian PCB semuanya sudah terlepas dengan sempurna, maka langkah selanjutnya mengganti LCD smartphone yaitu menghangatkan bagian touchscreen.

Baca Juga : Layar HP Gerak Sendiri, Begini Cara Mengatasinya dengan Tepat

Sebenarnya ada peralatan khusus untuk menghangatkan bagian touchscreen smartphone. Namun jika Anda tidak mempunyai alat tersebut, maka dapat menggantinya dengan hair dryer atau setrika.

Namun, apabila memakai setrika untuk menghangatkan bagian touchscreen, bukan menempelkannya ke layar, akan tetapi cukup didekatkan saja.

Lepaskan Touchscreen dari Bodi

Nah untuk langkah melepaskan touchscreen dari bodi ponsel butuh keterampilan serta kesabaran. Pasalnya, jika tidak hati-hati, maka akan merusak bagian lainnya.

Namun sebelum melakukan langkah tersebut, siapkan terlebih dulu peralatan seperti obeng dengan bentuk pipih. Jika tidak ada obeng pipih, bisa juga dengan pisau yang kuat.

Kemudian, saat melepaskan touchscreen dari bodi, lakukan secara pelan-pelan. Agar, tidak merusak bagian lainnya atau bodi ponsel.

Jika masih bingung untuk melakukan langkah ini, bisa Anda lihat tutorial di Youtube atau media lainnya.

Pasang Touchscreen Baru

Setelah touchscreen terlepas dari bodi secara sempurna, maka langkah mengganti LCD smartphone selanjutnya yaitu memasang touchscreen yang baru Anda beli.

Pastikan saat memasangnya harus pas dan menyesuaikan dengan bodi ponsel. Jangan sampai ada bagian yang tidak rata. Sebab, nantinya malah akan cepat retak atau pecah.

Setelah itu, lakukan percobaan untuk mengetahui apakah LCD yang baru tersebut berfungsi dengan baik atau tidak, sebelum memasang kembali semua bagian seperti semula.

Jika semua sudah fix atau berfungsi dengan normal dan sempurna, selanjutnya pasang semua sekrup serta kunci seperti kondisi saat awal.

Memang mengganti LCD smartphone terlihat sangat gampang. Namun kadang-kadang akan menemui trial and error. Meski begitu, tidak ada salahnya jika mencoba untuk melakukan sendiri. Selain untuk belajar juga bisa menghemat biaya untuk pasang LCD tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto