Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita BanjarSatu Pasien Positif Covid-19 di Kota Banjar Meninggal Saat Isoman

Satu Pasien Positif Covid-19 di Kota Banjar Meninggal Saat Isoman

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Seorang warga Kota Banjar, Jawa Barat, yang positif Covid-19 meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri (isoman).

Pasien positif yang meninggal tersebut seorang laki-laki inisial RS, usia 62 tahun, warga Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman.

“Bertambah lagi 1 orang pasien positif Corona yang meninggal. Warga Kelurahan Hegarsari tersebut, meninggal dunia pada tanggal 26 Juni sekitar pukul 02.34 WIB, saat menjalani isoman di rumahnya,” kata Rusyono, Pelaksana Satgas Dinkes Pemkot Banjar, Sabtu (26/6/2021).

Kronologis Warga Kota Banjar yang Meninggal Saat Isoman

Lebih lanjut Rusyono menuturkan, awalnya pada tanggal 19 Juni masuk laporan pasien positif antigen dari RS PMC dengan keluhan.

Kemudian, pada tanggal 21 Juni, pasien yang meninggal saat isoman tersebut menjalani swab PCR oleh puskesmas, dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Setelah itu, pada tanggal 22 Juni kondisi pasien memburuk dan minta dipantau oleh tim petugas medis.

“Sehingga pada sore harinya langsung dirujuk ke RSUD Kota Banjar, guna mendapatkan perawatan lebih lanjut,” tuturnya.

Waktu itu, lanjut Rusyono, saat malam hari ada permintaan dari istri pasien agar bisa menjalani isoman lagi. Akan tetapi, istrinya langsung disarankan dan diberi edukasi, agar mengikuti prosedur perawatan dari RSUD.

“Kemudian pada tanggal 23 Juni pasien menjalani perawatan di ISO 3 RSUD Banjar,” ujar Rusyono.

Selanjutnya, pada tanggal 24 Juni permintaan untuk kembali menjalani isolasi mandiri mendapat persetujuan dari pihak rumah sakit. Dan pasien akhirnya dibawa pulang ke rumahnya.

Setelah itu, pada tanggal 25 Juni saat menjalani isoman, dari pihak pasien meminta agar ada kunjungan dari tim medis. Dan pada tanggal 26 Juni ada laporan dari pihak RT setempat, bahwa pasien yang menjalani isoman tersebut telah meninggal dunia sekitar pukul 02.34.

“Kemudian pada pukul 5 pagi jenazah dibawa ke IPJ RSUD guna penanganan lebih lanjut. Jadi, sebelumnya pasien sempat menjalani perawatan di rumah sakit.” jelasnya.

Saat ini, sambungnya, pasien meninggal saat menjalani isoman tersebut sudah dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19 Dipatiukur.

Total Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia

Rusyono menambahkan, dengan adanya 1 orang, maka sampai saat ini jumlah keseluruhan pasien positif yang meninggal dunia karena terpapar virus Corona menjadi 51 orang.

“Kami harap warga masyarakat tetap waspada,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar