Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat yang Mudah dan Manjur

meredakan sakit kepala tanpa obat
Begini meredakan sakit kepala tanpa obat. Foto: Ist/Net

Cara meredakan sakit kepala tanpa obat sangat cocok untuk mereka yang menghindari obat kimia. Apalagi jika gangguan sakit kepala ini berupa nyut-nyutan yang ringan. Ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan. Apa saja itu?

Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi pada bagian kepala. Mengutip dari Wikipedia, sakit ini merupakan jenis gangguan yang sangat universal dan banyak orang yang mengalaminya.

Selain merupakan gangguan klinis, sakit kepala juga bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit yang lebih serius. Tak sedikit penyakit berbahaya yang tanda awalnya berupa timbulnya rasa nyeri pada bagian kepala.

Gangguan pada kepala ini pada umumnya dapat timbul karena beberapa hal. Seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres, melewatkan waktu makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap individu memiliki gejala yang berbeda sehingga penting untuk memperhatikan faktor apa saja penyebab sakit kepala bisa terjadi. Pengenalan ini juga penting agar pengobatannya menjadi lebih efektif.

Sakit kepala yang terjadi ada beberapa jenis, antara lain migrain, vertigo, sakit kepala cluster, dan sakit kepala yang berkepanjangan. Selain itu, setiap pengobatannya untuk jenis sakit kepala pun ada yang berbeda.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Solusi Cara Mengatasinya

Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sebelum memilih obat akan anda konsumsi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala yang sedang anda rasakan. Hindari terlalu cepat minum obat sakit kepala yang bisa kita beli bebas dari toko obat atau apotek.

Nah, berikut ini ada beberapa cara meredakan sakit kepala tanpa obat yang bisa anda coba. Jika kondisi tak segera membaik barulah anda bisa memeriksakannya ke dokter.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang

Buah pisang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan. Buah ini sangat baik sebagai campuran alami untuk masker wajah.

Manfaatnya untuk kecantikan bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Bahkan, kolagen yang terkandung dalam buah pisang bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Namun rupanya buah pisang yang kaya akan potasium dan magnesium juga dapat membantu dalam meredakan migrain atau sakit kepala sebelah.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Bedanya dengan Migrain

Jika sakit kepala menyerang, maka cobalah meredakan sakit kepala tanpa obat dengan makan buah pisang. Namun tentunya dengan porsi yang seimbang dan tidak berlebihan.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Kentang

Sakit kepala bisa karena faktor kekurangan cairan atau dehidrasi. Bahkan penyakit ini bisa muncul akibat hilangnya elektrolit tubuh seperti kalium. Untuk mengatasinya tentu harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, seperti kentang.

Namun anjuran terbaik dalam mengonsumsi kentang adalah dengan memasak dengan cara membakar bersama kulitnya. Bisa juga dengan merebusnya. Namun hindari makan kentang yang kita masak dengan cara menggoreng yang mengandung lemak.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik begitupun dalam mengonsumsi kopi, kopi yang seharusnya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Cara meredakan sakit kepala tanpa obat selanjutnya adalah dengan kopi. Minuman ini bisa menjadi solusi saat anda mengalami sakit kepala. Pasalnya kandungan kafein dalam kopi efektif dan bermanfaat dalam mengobati sakit kepala.

Baca Juga : Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Tapi ingat, jangan terlalu banyak minum kopi karena malah bisa memicu sakit kepala. Maka dari itu minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir setiap harinya.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen

Biji wijen mengandung vitamin E sehingga dapat membantu menstabilkan hormon estrogen dalam tubuh dan juga mencegah migrain. Bahan makanan ini juga kaya kandungan magnesium yang dapat bermanfaat untuk mencegah sakit kepala.

Selain mengonsumsi biji wijen, jenis makanan lainnya seperti gandum, minyak zaitun, kentang manis, dan dandelion juga bisa anda gunakan. Sebab, kandungan magnesium dalam makanan tersebut bermanfaat untuk mengatasi masalah sakit pada kepala.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu

Siapa sangka es batu dapat anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada bagian kepala. Adapun caranya adalah dengan menggosok-gosokan atau mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit.

Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit. Hal ini akan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Itulah beberapa cara meredakan sakit kepala tanpa obat yang bisa anda coba. Selain baik dan menyehatkan, bahan ini bisa untuk penanganan darurat. Jika sakit kepala berlanjut segera hubungi dokter untuk pengobatan yang tepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah