Mindset Hidup Sederhana, Tidak Perlu Minder Bergaul

Mindset Hidup Sederhana
Mindset Hidup Sederhana, Tak Perlu Minder. Foto: Ist/Net

Daripada mengikuti tren di sosial media, ada baiknya kita mengutamakan mindset hidup sederhana. Tidak perlu minder jika tidak bisa mengikuti tren. Visi misimu boleh berbeda dengan orang lain. Menikmati hidup boleh saja, selama kamu tetap bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Sekalipun kamu tidak memakai barang bermerek, itu bukan masalah yang berarti. Tidak perlu juga terus-terusan mengikuti tren dan mencoba segala hal yang viral. Karena hidup bukan kompetisi, kamu pun harus kembali pada kebutuhan dan kesanggupan.

Ini Mindset Hidup Sederhana

Agar tidak berusaha memukau orang-orang yang kamu kenal, bahkan yang tidak kamu sukai, simak tips berikut ini. Jangan pernah mengorbankan banyak hal untuk mereka dan membuat dirimu kerepotan.

Baca Juga: Keuntungan Menjadi Single, Ternyata Lebih Menyenangkan

Membeli Barang yang Dibutuhkan

Seringkali kita membeli barang karena ingin atau tidak mau ketinggalan. Padahal kita tidak membutuhkannya. Perilaku ini mengarah pada belanja konsumtif, karena akan selalu ada barang baru di luar sana.

Mindset hidup sederhana lebih memprioritaskan barang-barang yang diperlukan. Jika kamu tidak membutuhkannya, berarti barang tersebut tidak perlu dibeli. Dengan menerapkan mindset tersebut, kamu bisa mengurangi stres dan menghemat uang.

Mengutamakan Fungsi Ketimbang Gengsi

Bergaul dengan komunitas membuat kamu tergoda untuk membeli peralatan mahal. Kamu yang mulai suka bersepeda, tergoda untuk membeli perlengkapan olahraga merk tertentu. Bahkan, tak jarang pekerja kantoran membeli tas branded dengan cara mencicil.

Jika gajimu sudah bisa mengcover semua kebutuhan dasar, boleh-boleh saja membeli barang branded. Akan tetapi, jika kamu cenderung memaksakan diri untuk membeli barang, sebaiknya jangan lakukan. Utamakan fungsinya sesuaikan kebutuhan kita.

Punya Budget Khusus untuk Senang-Senang

Dengan menerapkan mindset hidup sederhana bukan berarti kita tidak boleh bersenang-senang. Hiburan, piknik, dan hobi boleh-boleh saja asalkan direncanakan dan dibuat budget khusus.

Baca Juga: Tips Hidup Tenang di Usia Muda, Miliki 5 Prinsip Ini

Menetapkan budget khusus bertujuan agar kamu bisa bersenang-senang tanpa mengganggu kondisi keuangan. Jika kamu juga suka bermain game, tetapkan anggaran khusus pembelian item. Dengan demikian, kamu tetap bisa bermain game tanpa bikin kantong jebol.

Menabung di Awal, Bukan Menunggu Sisa

Hal terpenting dalam mindset hidup sederhana adalah menabung di awal. Saat gajian, langsung bayar semua tagihan dan menabung. Dengan begitu, kamu juga bisa mencapai tujuan finansial di usia muda.

Sayangnya, banyak muda-mudi yang belum sadar akan pentingnya menabung. Sebagian dari mereka cenderung menggunakan uang pada hal-hal yang tak terlalu penting. Padahal, setiap orang wajib memiliki dana darurat sebanyak 6 bulan pengeluaran rutin.

Mempersiapkan Kemapanan di Masa Depan

Fear of Missing Out (FOMO) adalah suatu gejala psikologis dimana seseorang menganggap hidup orang lain lebih menyenangkan daripada hidupnya. FOMO muncul akibat pengaruh sosial media. Mereka yang mengidap gejala ini juga cenderung menghamburkan uang di masa kini dan lupa akan kemapanan.

Penelitian dalam jurnal Computers and Human Behavior menemukan bahwa gejala FOMO berkaitan dengan gangguan mengemudi. Untuk menghindari gejala ini, kamu harus melibatkan diri dalam kegiatan positif dan fokus pada tujuan finansial di masa depan. Berhenti mengikuti akun sosmed yang selalu pamer kemewahan juga dapat membantumu menerapkan mindset hidup sederhana. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu