Mobil Odong-odong Terguling di Ciamis, Penumpang Luka-luka

Mobil Odong-odong Terguling
Mobil Odong-odong terguling di Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sebuah mobil Odong-odong terguling ke parit di Jalan Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat, Minggu (20/6/2021) sore.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun penumpang yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak mengalami luka-luka. Kondisi Odong-odong pun ringsek, hingga perlu mobil derek untuk mengevakuasinya.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Ciamis, mobil Odong-odong merupakan Suzuki Carry ST100 yang telah mendapatkan modifikasi. Mobil ini dikemudikan Rahman (45) warga Sindangkasih, Ciamis.

AKP Zanuar Cahyo Wibowo, Kasat Lantas Polres Ciamis, mengatakan mobil yang mengangkut penumpang 18 orang ini datang dari arah Imbanagara menuju Panyingkiran. Namun mobil Odong-odong ini oleng ke sebelah kiri jalan lalu terguling masuk parit.

“Akibat kecelakaan ini sebanyak 3 orang mengalami luka ringan. Lalu membawanya ke Klinik Bidan Sri Panyingkiran untuk mendapat perawatan. Penumpang 18 orang kebanyakan anak-anak dan ibu-ibu,” ujar Zanuar.

Zanuar menyatakan pihaknya kini menangani kecelakaan tunggal tersebut. Unit Laka Satlantas Polres Ciamis telah mengamankan mobil Odong-odong tersebut dan sopirnya untuk memberikan keterangan.

Menurut Zanuar mobil Odong-odong yang terguling ini tidak memiliki standar keamanan. Kondisinya telah mendapat modifikasi dan terbuka, sehingga membahayakan penumpang.

“Mobil modifikasi seperti ini tidak boleh beroperasi karena membahayakan. Untuk itu kami imbau agar tidak melanggar aturan. Gunakan kendaraan sesuai dengan peruntukannya,” katanya.

Zanuar pun akan meminta keterangan sopir terkait penyebab pasti kecelakaan tersebut. (R9/HR-Online)