Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruModel Rumah Gebyok Minimalis, Terkesan Mewah Khas Tradisional Jawa

Model Rumah Gebyok Minimalis, Terkesan Mewah Khas Tradisional Jawa

Model rumah gebyok minimalis adalah khas budaya Jawa. Rumah Jawa tradisional begitu kental ciri khas budayanya. Kekhasan bentuk rumahnya sebagai rumah gebyok. Kehadiran rumah gebyok  minimalis yang lengkap dengan ragam hias pintu gebyok.

Kehadiran sebuah gebyok yang penempatannya pada salah satu dari sisi bangunan. Tentunya jadi satu-satunya unsur dari tradisional Jawa yang menarik dari keseluruhan isi ruangan. Lalu, penambahan penerangan buatan nantinya akan memfokuskan pandangan pada bagian tersebut.

Model Rumah Gebyok Minimalis yang Khas Jawa

Gebyok merupakan penyekat atau dinding kayu pada rumah adat Jawa. Gebyok yang memiliki ornamen ukiran beragam. Ukiran hiasan yang pengaplikasiannya pada bagian pinggir, samping dan atas. Sementara itu, pada bagian pintu gebyok yang berukir sulur-suluran atau tumbuhan.

Rumah gebyok minimalis biasanya menggunakan bahan dasar kayu jati. Tidak hanya di Jawa, Bali juga memiliki pintu sejenis gebyok ini. Namun, memiliki ciri yang khas dan berbeda dengan tipe dari Jawa. 

Letak perbedaannya terdapat pada bagian motif ukirannya. Ukiran yang menggambarkan karakteristik budayanya masing-masing. Secara garis besar keduanya memiliki banyak persamaan. Mulai dari penggunaan bahan,  bentuk, ukuran, dan tingkat kompleksitasnya.

Baca Juga: Model Rumah Atap Segitiga Terbaru Membuat Betah di Zona Nyaman

Fungsi Gebyok

Penggunaan gebyok dulunya berfungsi untuk pembatas ruang pendopo dan jogosatru rumah Jawa tradisional. Namun, saat ini banyak menjumpai gebyok untuk keperluan nilai keindahan. Untuk rumah tinggal, fasilitas umum atau sebagai interior ruang modern.

Sehingga fungsi utamanya gebyok telah mengalami pergeseran. Mulai menjadi elemen estetik atau unsur dekoratif ruangan. Baik untuk keperluan rumah tinggal atau ruang publik. Model rumah gebyok minimalis juga tidak selalu memakai ornamen ukir sulur-suluran.

Saat ini telah mengalami modifikasi dengan banyak hiasan lainnya. Sehingga, bisa menjadikan sebagai alternatif pilihan gaya formal.

Baca Juga: Model Rumah Kayu Minimalis yang Asri dan Eksklusif

Keunggulan

Gebyok akan menghadirkan kesan yang mewah khas tipe tradisional. Lengkap dengan unsur estetik dari produknya. Gebyok ini juga memiliki banyak makna seperti desain pintu gebyok yang bersifat selaras.

Melambangkan keharmonisan hubungan manusia dengan alam. Selain itu menyimbolkan tujuan hidup manusia dan melengkapinya dengan kesejahteraan dan kedamaian.

Gebyok umumnya terbuat dari kayu jati. Sehingga akan lebih tahan terhadap serangan hama dan perubahan cuaca. Apabila dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Gebyok menjadikan salah satu point of interest dari sebuah interior maupun eksterior rumah. Dengan menampilkan adanya unsur kebudayaan Jawa yang kental. 

Desain gebyok ukir tidak akan menjadikan desain rumahnya ketinggalan zaman. Hal itu karena nilai seni, unsur etnik, dan estetika desain tidak terpengaruh oleh zaman. Pemasangan gebyok ukir kayu untuk model rumah gebyok minimalis sangat cepat.

Rumah gebyok kayu yang begitu praktis dan mudah dibongkar pasang. Desain dan ukuran gebyok ukir bisa sesuai dengan keinginan Anda. Dengan menyesuaikan ukuran panjang ruangan rumah Anda saat ini.

Memilih gebyok ukir untuk rumah Anda, tidak akan mengalami depresiasi atau penyusutan nilai. Harga gebyok yang semakin lama tidak akan menurun. Namun justru akan semakin meningkat, meskipun sudah terpasang dirumah Anda cukup lama.

Penggunaan Model Rumah Gebyok

Penggunaan pintu gebyok ini cocok untuk rumah yang berukuran besar. Dengan desain rumahnya yang memiliki nuansa Jawa atau Bali. Baik dari segi arsitektur luar rumah atau interiornya.

Model rumah gebyok minimalis, tidak hanya bisa mengaplikasikan gebyok pada pintu utama. Penggunaan pintu gebyok ini juga cocok sebagai sekat antar ruangan. Untuk rumah yang memiliki ukuran cukup besar.

Untuk penggunaan gebyok sebagai sekat antar ruangan. Perlu menggunakan teknik penataan interior perabot meja dan kursi tamu yang letaknya pada bagian tengah. Tampak persis pada bagian depan gebyok.

Material dasar gebyok dengan kayu jati yang berkualitas. Dengan demikian, harganya akan semakin mahal. Selanjutnya, semakin besar ukurannya serta semakin sulit ukirannya, harganya akan semakin mahal. 

Untuk menampakkan kesan kemegahan, bisa menggunakan teknik pencahayaan. Sehingga akan menjadikan tampilan gebyok yang tampak secara jelas. Selain itu juga penggunaan lampu gantung yang akan memberikan nilai keindahan pada tampilan tipe gebyok tersebut. 

Memilih model rumah gebyok minimalis menampilkan ciri khas rumah Jawa. Gebyok akan menghadirkan kesan yang mewah tradisional dan lengkap dengan unsur estetikanya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -