Motor Matic Taro TR400 Kini Meluncur di China Bermesin Jumbo

Motor Matic Taro TR400 Kini Meluncur di China Bermesin Jumbo
Ilustrasi Motor matic Taro TR400. Foto: Ist/Net

Motor Matic Taro TR400 kini hadir dengan mesin besar. Di Negeri China saat ini sedang menggelar pameran terbesar. Tentunya banyak motor-motor baru yang dipajang dalam pameran.

Motor baru yang tidak kalah menariknya adalah produk dari Tai Rong Motorcycle. Motor yang lebih dikenal dengan brand sepeda motor Taro. Kini yang baru saja merilis produk terbarunya dengan label Taro TR400.

Hadirnya Motor Matic Taro TR400

Muncul motor matic baru saingan untuk Yamaha XMAX. Taro TR400 ini yang menggunakan mesin lebih jumbo. Motor matic baru yang kembali meluncur pada pertengahan tahun 2021. Motor matic baru ini yang rilis di China. Tentunya akan menyaingi Yamaha XMAX di pasar motor matic kelas menengah.  

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Tampak dari desain dan spesifikasinya, motor baru ini memang cocok menjadi saingan Yamaha XMAX. Motor matic ini sebagai penerus dari Taro Explorer 300 yang rilis tahun 2019 lalu.

Pada tahun yang sama, pabrikan motor China itu sudah merencanakan peluncuran motor barunya. Tentunya dengan menggunakan mesin yang lebih besar. Akhirnya kini pada tahun 2021, Taro TR400 resmi meluncur. Namun penjualan motor matic gambot ini hanya di negara China.

Desain

Secara desain, Taro TR400  yang memiliki desain body yang sporty. Desain pada bagian headlampnya mengingatkan dengan motor sport Ducati 899. Lampu utamanya serupa dengan motor supersport Ducati Panigale. Terlebih suspensinya juga sudah menggunakan tipe upside down.

Tentunya kesan motor gede (moge) semakin terlihat pada motor matic ini. Motor matic Taro TR400 ini tampak serupa dengan desain Ducati Panigale V4. Tampak pada bagian headlamp dan stoplampnya. Bagian fascia menggunakan desain dua lampunya, dengan posisinya yang tersembunyi.

Desain seperti ini menghadirkan kesan motor matic yang agresif dan sporty. Desain joknya yang bertingkat, memadukan dengan behel model tanduk. Tampak memiliki garis desainnya yang identik dengan Yamaha TMAX. Sedangkan bagian belakangnya menggunakan suspensi ganda, dan desain knalpot ganda.

Mesin

Motor matic Taro TR400 ini merupakan maxi skutik lokal dengan kubikasi mesinnya yang terbesar di kelasnya. Motor baru ini yang menggunakan mesin single silinder 359 cc berpendingin air. Mesin tersebut bahkan sudah diklaim pihak Taro untuk dikembangkan kurang lebih 3 tahun ini.

Baca Juga : Motor Matic Yamaha Vinoora Punya Desain Unik dan Lucu, Mirip Robot

Jenis motor matic baru ini ternyata memakai seher dari bahan ceramic alloy. Sehingga dapat meningkatkan tenaganya dan efisiensi bahan bakar. Mesin motor matic tersebut menggunakan silinder tunggal.

Motor matic ini yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 28 tk pada 8.200 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya yang mencapai 26 Nm pada 7.000 rpm

Spesifikasi

Motor matic Taro TR400 asal China yang mirip dengan Ducati Panigale. Keunikannya yang lainnya ada pada bagian spakbor belakangnya. Spakbor belakang motor matic ini dapat  dilepas, mirip dengan penggunaan spakbor pada Ducati Diavel.

Kaki-kaki motor matic ini yang terlihat padat. Tidak hanya adanya suspensi upside down. Namun juga dengan penggunaan rem cakram depannya yang ganda. Umumnya penggunaan rem tersebut untuk motor di atas 500 cc.

Fitur

Motor matic ini yang sepertinya menjadi pesaing Xmax, Forza, dan Suzuki Burgman 400 2020. Pada bagian fitur tidak hanya memiliki lampu serba LED. Namun juga memiliki panel speedometer TFT yang lebih besar.

Layar TFT yang sepenuhnya menggunakan digital dapat terkoneksi dengan smartphone. Motor matic ini memiliki speedometer digital dengan ukuran layar LCD 6,2 inci. Bagian windshield motor matic Taro TR400 tampak futuristik. Dengan posisi spionnya yang berada di tebeng.

Pada bagian spion tersebut terdapat lampu sein dan DRL yang unik. Sehingga motor matic tersebut terlihat moge. Motor baru ini juga sudah melengkapi fitur premium. Seperti fitur lampu LED, kunci keyless, rem ABS, panel instrumen digital dan yang lainnya. Motor matic Taro yang terdapat windscreen yang bisa disetel secara elektronik.

Sepertinya motor matic Taro TR400 baru ini dapat meluncur di luar China dengan nama barunya. Motor matic Taro yang sudah mengaspal di beberapa wilayah Eropa. Namun harga resmi Taro TR400 ini belum diumumkan.

Apabila melihat dari generasi sebelumnya Taro Explorer 300. Harga yang ditawarkannya 3.700 Euro atau sekitar Rp 63,7 jutaan. Harga Taro TR400 tentunya akan sedikit lebih mahal dari Explorer 300. Sedangkan harga Yamaha XMAX di Indonesia sekitar Rp 61.475.000 untuk OTR Jakarta.

Motor matic Taro TR400 yang resmi meluncur di China. Motor matic baru yang menggunakan mesin lebih jumbo. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto