Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam, Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda
Ilustrasi Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam. Foto: Ist/Net

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam bukan merupakan suatu hal yang aneh lagi bagi umat Islam. Iman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang ke empat. Dengan demikian, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengimani para Nabi dan Rasul Allah. Walaupun kita memang belum pernah menjumpainya. Bahkan belum pernah juga mengetahui bagaimana mukjizat yang Ia miliki.

Mukjizat sendiri merupakan suatu keajaiban yang berasal dari Allah SWT diberikan khusus hanya kepada para Nabi dan Rasul pilihan. Salah satunya Nabi Ibrahim.

Selain memiliki Mukjizat Ibrahim As juga termasuk dalam golongan Nabi Ulul Azmi. Kaya akan rasa sabar dan hanya percaya dengan pertolongan dari Allah semata.

Perlu Anda ketahui juga bahwa mengerti akan kisah para nabi itu ada baiknya sejak dini. Pasalnya, menceritakan kisah Nabi dan Rasul merupakan salah satu cara mengajarkan kepada anak mengenai agama Islam.

baca juga: Macam-macam Sholawat Nabi Menjadi Penyebab Bertambahnya Pahala

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam yang Wajib untuk Anda Ketahui

Dalam Al-Quran sendiri telah disebutkan bahwa Nabi Ibrahim merupakan anak dari seorang Ayah yang memiliki nama Azar. Sedangkan Ibunya bernama Aminah yang terdapat dalam Hadits riwayat Al-Hafidz Ibnu Asakir.

Berbeda lagi dengan menurut Al-Kalby yang bernama Buna binti Karbina Kartsi. Gelar yang untuk Nabi Ibrahim adalah Khalilullah yang berarti kekasih Allah juga mendapatkan julukan sebagai Abul Anbiya (bapak dari para Nabi).

Allah Ta’ala juga telah menganugerahkan mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam yang sangat luar biasa. Supaya Anda juga mengetahui dengan bagaimana kejelasannya, berikut ini penjelasannya.

baca juga: Mukjizat Nabi Sulaiman Mengajarkan Tidak Ada yang Mustahil Bagi Allah

Tubuhnya Tidak Hangus oleh Kobaran Api yang Panas

Dibakar tidak mempan merupakan mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam yang sudah sangat familiar. Hal ini terjadi ketika ada seorang Raja yang bernama Namrud yang sudah mengaku bahwa dirinya merupakan seorang Tuhan.

Dengan demikian Namrud sudah menyekutukan Allah dengan menyembah berhala. Melihat hal tersebut, Ibrahim menghancurkan seluruh berhala dan hanya menyisakan satu patung besar saja.

Sontak Namrud marah besar dan menuduh Nabi Ibrahim yang sudah menghancurkannya. Ibrahim akhirnya jujur bahwa Ia yang memang sudah menghancurkannya. Kamarah Namrud semakin memuncak.

Hingga pada akhirnya mengambil kesimpulan untuk membakar Ibrahim secara hidup-hidup. Percaya bahwa semua itu merupakan takdir dari terbaik dari Allah, Putra Azar langsung berdoa kepada Allah untuk memohon pertolongannya.

Sampai pada akhirnya Allah memberikan pertolongan kepada Ibrahim yang tetap mau berdakwah demi Islam dan dibakar dengan gejolak api yang besar tetapi tidak mempan.

baca juga: Nabi yang Menerima Suhuf Sebagai Petunjuk dan Pedoman Bagi Umatnya

Bisa Menghidupkan Kembali Orang yang Sudah Mati

Untuk mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam yang selanjutnya adalah bisa menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Sebagaimana arti dalam surat Al-Baqarah ayat 260.

Dalam surah tersebut Nabi Ibrahim memohon kepada Allah untuk diperlihatkan bagaimana cara menghidupkan orang yang sudah mati.

Pada saat itu juga Allah bertanya kepada putra Azar tersebut, apakah Ibrahim itu belum percaya dengan kekuasaan yang Allah miliki. Namun, Ibrahim justru menjawab mengapa Ia menginginkan untuk diperlihatkan cara menghidupkan orang yang sudah mati tersebut, supaya lebih dekat lagi kepada Allah SWT.

Karena nabi Ibrahim selalu taat dengan perintah dari Allah dan sabar, maka Allah juga mengabulkan permintaanya. Allah memperlihatkan bagaimana cara menghidupkan orang yang sudah mati tersebut.

Keluar Madu dari Jari-Jarinya

Jari-jarinya bisa mengeluarkan madu juga menjadi mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam. Mukjizat tersebut keluar sudah sejak Ibrahim lahir. Pada saat itu juga seorang peramal memberitahu Namrud, bahwa bakalan lahir seorang anak laki-laki yang akan menyebabkan Namrud akan binasa.

Mendengar hal tersebut, turun perintah dari namrud untuk membunuh bayi laki-laki yang baru lahir. Mengetahui hal yang demikian itu, Istri Azar tersebut langsung melarikan diri ke Gua.

Sehingga di dalam Gua itulah Ibrahim lahir. Suatu hari sang Bunda meninggalkan Ibrahim di Gua. Mengejutkannya ia melihat anaknya menghisap jari yang keluar madu.

Orang yang Membangun Ka’bah Saat Pertama Kali

Mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam yang ke selanjutnya adalah membangun Ka’bah pertama kali yang Allah SWT bimbing secara langsung. allah menyuruh Ibrahim As untuk membuatkan rumah untuk-Nya. Selanjutnya, Allah juga mengutus awan berkepala guna menyampaikan pesan kepada anak Azar untuk membuat garis dengan sebesar awan.

Mengetahui hal tersebut, Ibrahim menarik dan mengambil ukurannya. Hingga pada akhirnya awan berkepala itu bertanya “Apakah sudah engkau kerjakan?”, sudah, jawab Ibrahim As. Setelah itu awan menghilang dan Allah juga segera menghadirkan pondasi yang menancap di bumi. Itulah beberapa mukjizat nabi Ibrahim Alaihissalam. (Muhafid/R6/HR-Online)