Nissan Ariya 2021, Kini Penjualannya Mengalami Penundaan

Nissan Ariya 2021, Kini Penjualannya Mengalami Penundaan
Ilustrasi Nissan Ariya 2021. Foto: Ist/Net

Nissan Ariya 2021 hadir seiring pesatnya perkembangan teknologi otomotif. Bahkan, kendaraan yang ramah lingkungan seperti BEV (Battery Electrified Vehicle) kini menjadi tren. Pada saat bersamaan SUV yang juga sedang menanjak.

Nissan mencoba peluang ini dengan menghadirkan Ariya 2021. SUV listrik yang memiliki desain futuristik. Bentuk mobil yang unik dan teknologi canggih yang terdapat di dalamnya.

Namun, pihak Nissan mengatakan bahwa mobil ini akan mengalami penundaan peluncurannya. Sepertinya tidak sampai pada tahun depan.

Desain Eksterior Depan Nissan Ariya 2021

Tampak bagian depan, Nissan Ariya memiliki tampilan yang identik dengan konsepnya. Mulai bagian lampu depan LED yang begitu tipis. Selain itu LED Daytime Running Lights (DRL) yang menyerong ke bawah. Sehingga membentuk fascia V-Motion khas Nissan. 

Bagian tengah terdapat gril tanpa adanya lubang udaranya. Area tersebut tertutup dengan panel hitam dan pattern tradisional Jepang Kumiko. Selain itu juga ditambah logo Nissan baru.

Baca Juga : Nissan Kicks Autech, Mobil Jepang dengan Desain Sporty Kekinian

Pada sisi kiri dan kanan terdapat aksen hitam seperti untuk rumah foglamp.  Namun bukan foglamp, melainkan sepasang sensor depannya. Total enam buah sensor yang ada pada bagian fascia depan. 

Eksterior Samping

Aura khas SUV yang masih terasa pada mobil ini. Berawal dari overfender dengan mengusung aksen plastik warna hitam. Sementara itu, side skirt dengan tampilan black glossy yang sama seperti bumper depannya. Nissan Ariya ini yang menggunakan velg besar dengan ukuran 20 inci. Nissan Ariya ditawarkan dengan enam kombinasi warnanya two-tone.

Eksterior Belakang

Bagian belakang Nissan Ariya 2021 juga tampak menarik. Menghadirkan desain pillar-C secara halus menyatu dengan buritan mobil. Lalu, desain lampu belakang Ariya yang tampak menyatu. Sehingga memberikan efek blacked-out saat mobil mati.

Desain spoiler pada bagian atasnya cukup menarik. Dengan dua buah shark fin di bagian atasnya. Sedangkan bumper bawahnya juga memiliki finishing hitam glossy. Tentunya desain yang cukup bersih tanpa ornamennya seperti diffuser.

Baca Juga : Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik dengan Fitur Canggih Lebih Bertenaga

Interior

Konsep interior Nissan Ariya yang juga keren dan tampak futuristis. Bagian atas dashboard berlapis material soft touch berkualitas. Dengan jahit jahitan yang menyatu dengan dashboardnya. Bagian ini memiliki dua buah layar dengan ukuran 12,3 inci.

Salah satunya sebagai pusat hiburan dan lainnya sebagai instrumen cluster. Penggunaan platform CMF-EV dalam pengembangannya bersama Mitsubishi dan Renault. Sehingga menghadirkan ruang kabin yang lebih lega.

Ukuran motor listrik yang begitu kompak memungkinkan peletakan sistem AC. Pada mobil di bagian depannya, yang biasanya menjadi tempat mesin. Selain itu, peletakan baterai mobil pada bagian paling bawah sasis. Sehingga membuat lantai kabin menjadi lebih rata.

Layout Nissan Ariya 2021 yang minimalis memberikan kesan lapang dalam mobilnya. Tanpa banyaknya tombol yang memenuhi bagian kokpit. Hadirnya powertrain dan baterai listrik juga tidak berdampak pada kapasitas bagasinya. Kargo Nissan Ariya yang dapat memuat sampai 466 liter.

Baca Juga : Nissan March 2021 Mengalami Perombakan Desain Terbaru

Fitur

Selain itu, Nissan Ariya juga lengkap dengan fitur Nissan Safety Shield® 360 sebagai standar. Meliputi enam fitur keamanannya aktif seperti Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection.

Selain itu Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan Departure Warning. Bahkan, ada juga fitur High Beam Assist, dan Rear Automatic Braking.

Nissan Ariya yang menggunakan dua buah layar dengan ukuran 12,3 inci. Satu untuk instrument cluster dan lainnya sebagai pusat hiburan. Namun, kedua layarnya yang terintegrasi dalam satu sistem. Untuk dapat menampilkan berbagai informasi mobil.

Spesifikasi

Nissan Ariya 2021 hadir dengan pilihan dua jenis mesinnya. Single AC Motor pada varian 2WD dan Dual Synchronous AC Motor pada variannya all-wheel drive. Performa pada varian keduanya yang juga berbeda.

Selanjutnya, model 2WD yang berkisar di 214-238 HP dengan torsinya 300 Nm. Sedangkan model AWD dengan dua motor bertenaga 335-388 HP dengan torsinya 560-600 Nm. Motor ini dihubungkan dengan baterai yang memiliki dua pilihan kapasitasnya. Kapasitas baterai 65 (63) kWh dan 90 (87) kWh.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM, Mesin Terbukti Paling Bandel

Girboks 1-speed fixed gear yang menghubungkan pada roda belakangnya untuk model 2WD. Sistem All-wheel Drive  e-4ORCE untuk modelnya yang AWD.

Akselerasinya dari 0 -100 km/jam tuntas dalam waktu 7,5-7,6 detik untuk varian 2WD. Sedangkan varian AWD antara 5,1 sampai 5,4 detik.

Mengenai jarak tempuhnya, mobil ini yang melaju sampai 610 km untuk varian 2WD. Untuk model AWD yang melaju sampai 580 km. Tentu saja menggunakan baterai yang berkapasitas 87 kWh lebih besar. 

Nissan Ariya 2021 mobil listrik yang memiliki desain futuristik. Namun, penjualan mobil ini akan mengalami penundaan tidak sampai tahun depan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah