Obat Keputihan Alami yang Mudah, Murah, Tapi Efektif

obat keputihan alami
Pilihan obat keputihan alami. Foto: Ist/Net

Menggunakan obat keputihan alami bisa menjadi solusi praktis namun cukup efektif. Ada banyak pilihan obat keputihan yang bisa kita pilih, dari daun sirih, bawah putih, hingga buah alpukat. Tidak percaya? Coba saja buktikan!

Masalah penyakit keputihan memang menjadi salah satu jenis masalah kesehatan yang kerap menimpa wanita yang sudah dalam usia dewasa. Keputihan ini sendiri sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan anda.

Keputihan, menurut laman Smarter Health, merupakan cairan tidak normal yang keluar dari organ kewanitaan. Cairan ini yang diproduksi oleh

Kelenjar dalam organ kewanitaan maupun leher rahim ini berisi bakteri dan sel-sel yang telah mati. Proses keluarnya cairan ini sendiri penting untuk mencegah infeksi sekaligus membersihkan vagina.

Gangguan organ tubuh ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja karena faktor bakteri, hingga stres. Juga bisa karena faktor lainnya seperti perubahan hormon yang menyebabkan produksi lendir menjadi lebih sering.

Baca Juga : Keputihan pada Anak, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Daftar Obat Keputihan Alami Paling Efektif

Ada memang obat-obatan hasil produksi pabrik yang khusus untuk mencegah dan mengatasi keputihan. Namun ada pula beberapa jenis obat di sekitar kita yang efektif untuk membantu mengatasi keputihan secara alami.

Bahan-bahannya memang alami dan mengandung zat yang bisa mengikis adanya bakteri penyebab keputihan. Apa saja obat keputihan alami tersebut? Berikut ini daftarnya yang bisa anda coba untuk membantu menyembuhkan keputihan.

Jus lemon

Cara penyembuhan keputihan yang satu ini, bisa dicoba dengan menggunakan jus lemon, yang mana merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda coba konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Jus lemon ini sendiri sangat baik anda konsumsi sekaligus yang efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab keputihan dari dalam.

Minumlah ramuan lemon yang telah kita peras dan campurkan dengan sedikit air bawang putih. Konsumsi ramuan alami ini secara teratur untuk membantu mengatasi keputihan.

Baca Juga : Gejala Penyakit Klamidia, Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengobatinya

Bawang Putih

Bahan obat keputihan alami yang baik selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri alami yang baik untuk melawan bakteri penyebab keputihan pada tubuh anda.

Cara menggunakan bawang putih untuk obat keputihan juga cukup mudah. Yaitu dengan meletakan bawang putih yang telah kita iris pada area organ reproduksi. Diamkan sebentar baru kemudian anda bilas hingga bersih.

Air Masakan Beras Putih

Pilihan obat keputihan alami lainnya adalah air masakan beras putih. Beras yang sudah dicuci terlebih dahulu, sebaiknya untuk air rebusannya sendiri, bisa menjadi salah satu obat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Salah satunya baik untuk membantu mencegah dan mengatasi keputihan. Minum air rebusan beras putih secara teratur, untuk membantu mengatasi keputihan yang mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

Daun Sirih

Jenis bahan alami selanjutnya yang alami dan bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi anda adalah daun sirih. Daun sirih ini sendiri, sangat baik untuk membantu mengatasi bakteri penyebab dari keputihan.

Baca Juga : Manfaat Daun Harendong, Ampuh Cegah Keputihan dan Haid Berlebih

Kandungan anti bakterinya yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi anda. cukup rebus daun sirih, dan anda bisa menggunakan air rebusannya untuk membasuh area organ reproduksi anda.

Buah Alpukat

Jenis buah berwarna hijau dan rasa yang lezat ini merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin E yang tinggi. Alpukat juga bisa menjadi obat keputihan alami yang efektif untuk membantu mengatasi keputihan.

Untuk cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuat jus alpukat dan mengonsumsinya secara teratur untuk membantu mengatasi masalah keputihan pada organ reproduksi anda.

Buah Delima

Kandungan alami yang ada dalam buah delima terkenal sangat ampuh dan juga sangat bermanfaat untuk membunuh dan mencegah bakteri jahat dari dalam tubuh. Termasuk bakteri yang menyerang vagina.

Anda dapat secara langsung mengonsumsi buah delima atau bisa juga anda buat jus. Minumlah setiap hari minimal satu gelas jus delima agar hasil yang anda dapat maksimal.

Itulah beberapa pilihan obat keputihan alami yang bisa anda coba lakukan. Selain murah, bahan ini juga mudah mendapatkannya untuk membantu menyembuhkan dan mengatasi gangguan keputihan yang anda alami. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah