Obat Sariawan Paling Ampuh dari Bahan Herbal Alami

obat sariawan paling ampuh
Ini dia obat sariawan paling ampuh alami. Foto: Ist/Net

Obat sariawan paling ampuh tak hanya dari apotik berbahan kimia, namun tidak sedikit juga bahan herbal yang berkhasiat. Selain dari khasiatnya, herbal untuk obat sariawan juga ada banyak macam dan caranya. Apa saja itu?

Sariawan merupakan jenis gangguan akibat terjadinya peradangan pada area mulut. Penyakit ini biasanya kita kenali dari tanda atau gejala luka dan terasa nyeri pada bagian yang mengalami radang.

Sariawan harus segera kita atasi karena kondisi ini akan sangat mengganggu. Bahkan, gangguan ini dapat mengakibatkan pengidapnya kesulitan untuk mengunyah ketika makan karena terdapat luka pada bibir dan mulut.

Karena itu, gangguan ini juga akan menyebabkan penurunan nafsu makan. Bahkan penyakit ini juga akan mengakibatkan penderitanya kesulitan untuk berbicara dan maupun tidur.

Herbal Obat Sariawan Paling Ampuh

Sariawan bukanlah jenis penyakit yang menular. Bahkan gangguan ini bisa kita sembuhkan dengan menggunakan obat herbal yang telah turun temurun sejak lama. Anda bisa memilih yang cocok untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa jenis herbal alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat sariawan paling ampuh.

Baca Juga : Tidak Perlu Obat, Begini Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Kumur dengan Air Garam

Air garam merupakan ramuan simple dan alami yang memiliki efek menenangkan luka pada sariawan. Selain itu, air garam bisa membantu mempercepat proses penyembuhan pada jaringan lunak.

Bagi Anda yang mengalami masalah sariawan, cobalah untuk menyiapkan air hangat. Kemudian, campurkan air hangat dengan satu sendok makan garam. Gunakan campuran air hangat dengan garam ini untuk berkumur.

Ramuan air hangat dengan garam dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sariawan pada bibir Anda.

Mengonsumsi Buah Jeruk

Bagi Anda yang mengalami sariawan, salah satu obat sariawan paling ampuh yang bisa Anda manfaatkan adalah buah jeruk.

Anda harus tahu bahwa sariawan terjadi, karena tubuh kekurangan vitamin C dan cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah jeruk.

Baca Juga : Manfaat Daun Jarak sebagai Obat Luka, Sakit Gigi dan Rematik

Selain bisa mengonsumsinya secara langsung, cara mengatasi sariawan dengan buah jeruk bisa kita lakukan dengan cara meneteskan air buah jeruk pada bagian bibir yang mengalami sariawan.

Biarkan beberapa menit dan telan atau buang. Lakukan dalam beberapa kali repetisi sampai sariawan terasa ringan. Sensasi sedikit sakit akan Anda rasakan, namun hal tersebut adalah hal yang wajar. 

Mengonsumsi Madu

Bagi Anda yang mengalami sariawan bisa memanfaatkan madu sebagai obat sariawan paling ampuh. Mengonsumsi madu dapat menjadi penawar gangguan mulut ini. Hal ini karena bahan alami ini mengandung zat antibakteri.

Selain itu, madu juga dapat membantu meningkatkan kelembaban bibir, sehingga bibir pecah-pecah dan kering sebagai dampak dari masalah sariawan yang Anda alami dapat kita minimalisir.

Anda yang mengalami sariawan bisa mengoleskan madu secara rutin ke area bibir yang terluka karena sariawan.

Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan madu, kemudian oleskan pada bagian bibir yang terluka untuk mempercepat penyembuhannya.

Baca Juga : Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Meredakan Sariawan dengan Kantong Teh

Kantong teh juga bisa menjadi obat sariawan paling ampuh yang bisa Anda gunakan. Bahan alami ini mengandung asam tannin yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan ini ternyata juga dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Kantong teh juga bersifat basa yang berguna dan dapat menetralisir keasaman pada area mulut.

Untuk meredakan sariawan dengan kantong teh, Anda cukup gunakan kantong teh bekas teh seduh. Pastikan kantong teh ini kondisinya masih hangat. Kemudian tempelkan pada luka sariawan sekitar lima menit.

Tea Tree Oil

Minyak tea tree oil terkenal dengan kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang sangat baik dalam proses penyembuhan sariawan.

Minyak tea tree oil juga dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri serta dapat memberikan pemulihan secara lebih cepat. Cara mengobati sariawan dengan cepat menggunakan tea tree oil cukup mudah.

Anda hanya perlu teteskan tea tree oil ke dalam air hangat. Kemudian, gunakan untuk berkumur dengan larutan itu selama beberapa menit. Anda bisa lakukan sebanyak 2 kali sehari sampai sariawan Anda membaik.

Itulah beberapa obat sariawan paling ampuh yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi masalah sariawan yang mengganggu. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat untuk Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah