Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TasikmalayaObwis Galunggung Tasikmalaya Diminati Wisatawan Pesepeda

Obwis Galunggung Tasikmalaya Diminati Wisatawan Pesepeda

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Pasca ditutup akibat adanya peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini objek wisata (obwis) Gunung Galunggung kembali dibuka.

Pantauan HR Online, pengunjung yang mendominasi wisata Galunggung kini adalah para pesepeda. Mereka sengaja untuk berolahraga sepeda untuk meningkatkan imun tubuh sambil berwisata.

Baca Juga : Kafe Shelter Galunggung Tasikmalaya Suguhkan Pemandangan Hutan

Bahkan, tidak sedikit pengunjung obwis Galunggung yang menjajal trek bersepeda, baik melalui jalur utama maupun jalur khusus sepeda Downhill.

“Hari libur khususnya hari minggu, kini para wisatawan yang datang kebanyakan mereka adalah para pesepeda. Baik atlet maupun masyarakat biasa,” kata Dudung Suhaeri, Manager Cluster objek wisata Galunggung kepada HR Online, Minggu (13/6/2021).

Dudung mengakui, bahwa dengan adanya trek sepeda Downhill yang memang khusus untuk tempat berlatih atlet maupun pemula, membuat jumlah wisatawan mengalami kenaikan sejak tahun 2020 yang lalu.

“Meski banyak pengunjung pada hari libur ini, tapi kami tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Terutama bagi pendatang dari luar daerah dengan menunjukan surat bebas Covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut Dudung menambahkan, rencananya obwis Gunung Galunggung akan dijadikan tempat kejuaraan Downhill Internasional.

“Akan tetapi, seiring dengan meningkatnya penularan Covid-19, belum ada kepastian lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Solihin, salah satu wisatawan pesepeda asal Tasikmalaya, mengaku masa pandemi ini sengaja lebih memilih bersepeda ke pegunungan.

Sebab, menurutnya, udara pegunungan masih bersih dan sejuk. Sekaligus juga untuk meningkatkan imun tubuh, agar stamina terjaga agar terhindar dari virus Covid-19.

“Saya sengaja datang ke obwis Gunung Galunggung ini, karena suasananya masih alami dan segar banyak pepohonan, jadi lebih fresh. Selain itu juga liburan memakai sepeda bisa menjaga imun tubuh,” singkatnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -