OS Windows 11 Bocor Di Internet, Segera Hadir?

OS Windows 11 Bocor Di Internet, Segera Hadir
OS Windows 11 Bocor Di Internet, Segera Hadir

OS Windows 11 mulanya sekedar rumor yang berkembang di masyarakat khususnya pengguna Microsoft. Akan tetapi tampaknya kini Microsoft seakan siap meluncurkan Windows 11 sebagai versi terbaru mereka.

Microsoft memang belum secara pasti mengumumkan jika versi terbaru mereka adalah Windows 11. Namun publik menduga jika versi terbaru yang nantinya akan Microsoft luncurkan yaitu 11 di mana seri lanjutan dari 10.

Bahkan di jagat internet sendiri sudah terdapat banyak tanda terkait kemunculan OS Windows 11. Sampai-sampai kini tampilan dari versi penerus Windows sudah bocor di internet. Seperti apa?

Microsoft Akan Luncurkan OS Windows 11?

Perusahaan Microsoft sudah membuat jadwal di tanggal 24 Juni 2021 mendatang sebagai acara peluncuran versi terbaru Windows. Meskipun tak ada pengumuman resmi tentang versi terbaru ini, banyak spekulasi jika yang akan meluncur nanti ialah OS Windows 11.

Melansir dari sumber terpercaya, dukungan untuk versi sebelumnya yang belum lama ini mereka perbarui akan berakhir beberapa tahun lagi. Terdapat laporan jika dukungan pada halaman meyebut jika berupa Windows 10 termasuk versi Pro Education juga Pro for Workstations.

Perkembangan terbaru juga memunculkan keyakinan jika versi terbaru dari Windows yang akan meluncur minggu depan juga pengembang dari OS sebelumnya. Sementara untuk namanya sendiri Microsoft belum memberikan konfirmasi pasti.

Sehingga kemungkinan jika Microsoft akan melanjutkan terkait skema penamaan berdasarkan numerik. Penamaan yang akan mereka pakai yakni Windows 11 tergolong cukup logis. Sebelum munculnya pemberitaan, Microsoft akan merilis versi baru untuk sistem operasi terbarunya di tanggal 24 Juni 2021.

Kabar mengenai kehadiran versi terbaru Windows tersebut sudah bocor dari CEO Microsoft yakni Satya Nadella. Ia membocorkan pemberitaan tersebut dalam acara bernama Microsoft Build. Setya mengatakan jika ia sudah melakukan pengujian terhadap sistem operasi terbaru dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Setya menambahkan jika mereka akan mencipatakan banyak peluan untuk pihak pengembang operasi Windows. Serta melakukan penyambutan pada tiap creator yang mencari platform terbaik melalui OS Windows 11.

Hentikan Support Windows 10, Tanda Versi 11 Akan Meluncur?

Pihak Microsoft sudah mengumumkan jadwal terkait penghentian terhadap sistem operasi Windows 10. Dengan berita ini, publik berspekulasi bahwa menjadi sebuah pertanda jika OS Windows 11 akan segera hadir tak lama lagi.

Dalam situs resminya, Microsoft berkata jika support terkait Windows 10 secara menyeluruh akan segera berhenti di tanggal 14 Oktober tahun 2025 mendatang. Kebijakan tersebut berlaku untuk semua versi milik Windows 10.

Kabar ini memperkuat spekulasi jika Microsoft akan menggantikan Windows 10 yang sudah berumur 6 tahun. Microsoft juga sudah memberikan ragam petunjuk jika mereka sudah siap meuncurkan versi terbaru sistemnya.

Contohnya jadwal acara khusus yang raksasa peranti lunak ini buat. Acara ini berguna mengungkap operasi sistem Windows ‘generasi berikutnya’ pada minggu depan. Bahkan dalam sebuah kicauan di sosial media Twitter resminya, Microsoft juga menyajikan sebuah pertanda.

Yaitu berupa video teaser acara yang akan terlaksana tidak lama lagi. Dalam video itu tampil gambar jendela yang memilik bayangan berbentuk garis layaknya angka 11. Menurut laporan dari sumber terpercaya, Windows 11 kemungkinan akan membawa perubahan di bidang user interface signifikan.

Sebelumnya, beredar kabar jika Microsoft memiliki proyek bernama kode Sun Valley. Yang mana oleh perusahaan tersebut menyebutnya peremajaan visual Windows. Meskipun tengah mempersiapkan OS Windows 11, perusahaan masih rutin merilis pembaruan perangkat lunak untuk para penguna versi sebelumnya. Bahkan pembaruan tebaru rilis di tanggal 10 Mei 2021 lalu.

Tampilan Windows 11 Bocor Di Internet

Sebelum perilisannya resmi, tampilan OS Windows 11 sudah lebih dulu bocor di jagat internet. Bocoran tersebut tersebar lewat jejaring sosial Baidu sampai media Twitter. Postingan ini berupa tangkapan layar yang memuat hampir semua tampilan dari Windows 11.

Penampilan ini memuat antarmuka para pengguna baru, menu awal dan masih banyak lainnya. Pada tampilan antar muka untuk pengguna baru, menu awalnya serta hal beragam lagi. Pada tampilan antarmuka untuk pengguna Windows terbaru sangat mirip dengan Windows 10X.

Serta menu Start yang berisi dalam tangkapan layar ini hampir mirip Windows 10X yang sebelumnya juga bocor ke masyarakat. Microsoft pada sebelumnya sudah menyederhanakan pada sistem operasi Windows.

Sehingga bisa dengan mudah pengguna pakai dalam perangkat berlayar ganda. Akan tetapi proyek tersebut kemudian batal. Perusahaan pun memilih untuk mengembangkan sistem operasi selanjutnya yakni Windows 11.

Sementara itu secara visual, perubahan paling besar terlihat dalam taskbar Windows. Pasalnya kini Microsoft sudah memusatkan ikon aplikasi pada taskbar. Hal ini pun terlihat dalam sebuah cuitan akun media sosial Twitter.

Menu Start yang merka perbarui merupakan variasi sederhana dari yang kini ada di versi Windows 10. Bahkan dalam menu ini tidak ada Live Tiles. Pada menu Start Windows 11 terdiri atas aplikasi yang tersemat file baru serta kemampuan guna mematikan maupun memulai ulang perangkat secara cepat.

Cara tersebut tentunya lebih sederhana daripada yang ada di Windows 10. Jika pengguna tidak menginginkan ikon aplikasi serta menu start berada di tengah, terdapat pilihan untuk memindahkannya kembali ke bagian kiri.

Bahkan Microsoft pun menyediakan mode gelap pada versi terbaru mereka. Jika fitur ini dalam kondisi aktif, maka OS Windows 11 tak akan  memiliki perbedaan jauh dengan versi 10.

Ulasan Visual Windows 11 Dalam Sun Valley

Karena bocoran yang menampilkan penampilan baru kelanjutan dari Windows 10 rupanya tidak membawa berita itu saja. Bahkan dari bocoran tersebut juga menegaskan jika Microsoft akan menamakannya dengan OS Windows 11.

Tak berselang lama pasca bocoran gambar beredar, kali ini juga muncul kebocoan jika file ISO Windows 11 bisa publik unduh secara bebas. Pengguna bisa mengunduh sekaligus install Windows 11 lewat VWMare.

File ISO Windows 11 bisa pengguna dapatkan melalui website tentang file sharing. Jika anda penasaran maka pastinya akan mudah untuk menemukannya. File ISO ini memiliki ukuran sekitar 4.53 GB. Pada tahap instalasinya sendiri tidak ada perbedaan signifikan dari versi Windows 10.

Kesamaan tersebut mulai dari layar awal sampai penentuan lokasi di mana Windows 11 akan anda lakukan proses install. Windows 11 juga mempunyai edisi sama dengan versi sebelumnya. Yaitu Home, Enterprise, Profesional, dan lannya.

Tetapi anda akan mendapati perbedaan cukup mencolok dari Windows 10 pada Profile Setup. Di mana tampilan pada Windows 11 Microsoft buat lebih modern. Sedangkan untuk desainnya sendiri tidak lancip seperti tampilan sebelumnya.

Tak hanya itu, penamilan pada proses finalisasi setup mereka buat lebih menarik. Hal ini karena adanya animasi gradient yang jika terlihat sekilas mirip seperti loading screen milik PS2. Animasi tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk OS Windows 11 daripada versi sebelumnya yang sekedar menggunakan warna solid.