Pantangan Minum Daun Binahong yang Wajib Anda Tahu

pantangan minum daun binahong
Kenali pantangan minum daun binahong. Foto: Ist/Net

Pantangan minum daun binahong penting Anda tahu agar khasiatnya lebih optimal. Apalagi daun binahong termasuk jenis herbal yang berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Binahong dalam bahasa latin terkenal dengan nama Anredera cordifolia. Menurut Wikipedia, ini merupakan jenis tanaman obat yang menjalar, dengan batangnya yang lunak dan berdaun tunggal.

Tanaman asal Korea ini juga populer bagi masyarakat China dengan nama dheng san chi. Ternyata manfaat herbal ini telah menjadi praktik pengobatan China selama ribu tahun.

Selain kaya manfaat, daun binahong juga memiliki beberapa efek samping. Sehingga bagi sebagian orang tentunya ada pantangan minum daun binahong. Lantas, siapa saja yang tidak boleh mengonsumsi daun binahong yang kaya manfaat ini?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Jadi, simak ulasan selengkapnya di bawah ini, dan pastikan agar Anda mengetahui dulu dosis yang aman jika memang ingin mengonsumsi ramuan daun binahong. Let’s check these out!

Pantangan Minum Daun Binahong dan Dosisnya

Daun binahong memang menjadi salah satu herbal yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti untuk mencegah gangguan ginjal dan dapat menjadi ramuan obat bagi penderita gagal ginjal.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong, Herbal Ajaib yang Sering Disepelekan

Herbal ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah diabetes dan kelainan insulin, menurunkan asam urat, dan mengobati luka bakar. Dari kandungannya, herbal ini juga penting sebagai agen anti inflamasi, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Namun, pada beberapa kondisi tertentu, daun binahong sebaiknya tidak untuk sebagian orang. Ada pantangan minum daun binahong pada beberapa kondisi berikut ini yang sebaiknya Anda tahu.

  • Tidak untuk konsumsi ibu hamil dan ibu menyusui karena belum ada penelitian lebih lanjut tentang keamanan daun binahong bagi mereka. 
  • Konsumsi jangka panjang sangat tidak baik karena dapat mengakibatkan efek samping yang serius pada organ hati.
  • Tidak baik untuk konsumsi orang yang memiliki riwayat alergi terhadap daun binahong
  • Tidak untuk konsumsi orang dengan riwayat penyakit jantung

Belum ada penelitian klinis mengenai petunjuk penggunaan bahan herbal ini. Akan tetapi beberapa pihak menyebutkan bahwa daun binahong merupakan tanaman herbal yang kaya kandungan senyawa.

Kandungan Daun Binahong dan Dosisnya

Herbal daun binahong antara lain mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, dan antrakuinon. Daun binahong juga mengandung berbagai senyawa antibakteri dan kimia aktif yang penting untuk tubuh.

Walau mengandung berbagai macam senyawa yang sangat bermanfaat, akan tetapi tetap saja dosis dari tanaman herbal ini pada masing-masing orang tidak sama. Termasuk penting mengenal apa saja pantangan minum daun binahong.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Setiap penderita sakit yang mengonsumsi herbal ini harus sesuai dosisnya. Jadi pemberian dosisnya tidak boleh sama rata dengan orang sakit lainnya, karena usia dan kebutuhan konsumsinya tentu berbeda.

Biasanya, daun binahong diolah menjadi ramuan herbal yang bisa kita tambah madu, menjadikan serbuk teh atau untuk obat yang kita masukkan ke dalam kapsul.

Untuk anak-anak dan balita, sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan dari daun binahong. Baik dalam bentuk serbuk teh, kapsul atau ramuan dengan madu.

Sementara, untuk orang dewasa juga ada aturan minumnya. Untuk aturan konsumsinya tidak boleh lebih dari 2 kali sehari. Begitu juga takarannya tidak boleh lebih dari 3 gelas.

Anda harus ingat bahwa mengonsumsi daun binahong tidak selalu aman. Karena itu ada baiknya Anda mengkonsultasikan dengan ahli herbal, atau dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi tanaman obat ini.

Efek Samping Daun Binahong

Sebelum mengonsumsi daun binahong sebagai herbal, Anda juga harus tahu bahwa ada kemungkinan efek samping yang akan timbul setelah mengonsumsi herbal ini.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Permintaan Tanaman Obat di Banjar Terus Meningkat

Pantangan minum daun binahong juga terlihat dari efek sampingnya. Nah, beberapa efek samping yang paling umum setelah mengonsumsi daun herbal ini antara lain:

  • Sakit perut, terkadang juga dengan  diare
  • Mual dan muntah
  • Mengalami alergi. Karena itu untuk penderita alergi harus waspada karena khawatir ada zat dalam daun binahong yang bisa memicu alergi.
  • Jantung berdebar-debar
  • Kepala pusing dan berputar.

Bagi Anda yang melakukan pengobatan medis dengan mengonsumsi obat antibiotik atau melakukan perawatan klinis, sebaiknya menghindari daun binahong.

Pasien jenis ini sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan daun binahong bersamaan dengan pengobatan klinis yang Anda jalani. Apalagi jika tanpa seizin dokter yang menangani masalah Anda.

Hal ini karena kemungkinan daun binahong bisa memberikan reaksi kurang baik terhadap pengobatan lain yang sedang Anda jalani. Oleh sebab itu, dalam mengonsumsi daun binahong harus berhati-hati.

Itulah informasi penting tentang pantangan minum daun binahong yang sebaiknya Anda perhatikan. Semoga informasi ini bisa menambah referensi Anda tentang pengobatan herbal yang bermanfaat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah