Partisi Dapur Minimalis, Memberi Privasi dan Area Multifungsi

Partisi Dapur Minimalis, Memberi Privasi dan Area Multifungsi
Ilustrasi partisi dapur minimalis. Foto: Ist/Net

Partisi dapur minimalis sebagai pembatas ruang untuk dapur Anda. Desain interior kini semakin berkembang. Tentunya yang tidak lepas dari pemanfaatan serta pemilihan furniture. Furniture yang fungsional dan juga menarik, seperti dengan adanya partisi minimalis.

Area dapur yang lebih terkesan memerlukan banyak peralatan dan perlengkapannya. Sehingga Anda memerlukan storage yang memadai. Keberadaan partisi dapur tidak hanya untuk membatasi ruang agar lebih privasi. Namun partisi juga bermanfaat sebagai area penyimpanan.

Inilah Beberapa Partisi Dapur Minimalis

Partisi dapur yang menjadi area multifungsi dengan hemat tempat. Inspirasi partisi dapur yang banyak manfaat sebagai referensi berikut ini.

Partisi Bilah Kayu

Memilih nuansa kayu yang kental ada pada gaya ruang makan dan dapur. Sehingga penggunaan partisinya sebagai pemisah antara area dapur dan ruang makan. Tentunya yang dapat berwujud susunan kayu vertikal yang menjulang. Kayu tersebut yang bisa mencapai langit-langit. Inspirasi ini cocok untuk Anda apabila menyukai material kayu yang dominan.

Baca Juga: Atap Terbuka Dapur Minimalis Simple yang Mudah dan Anti Sumpek

Partisi Berupa Meja Konter

Meskipun tidak sepenuhnya menjadi pemisah berupa sekat. Namun penempatan meja konter sebagai meja makan di dapur. Untuk membatasi area dapur dan menjadi partisi yang apik. 

Partisi Pagar Dinding Permanen

Partisi pagar dinding permanen yang dirancang membentuk rongga pada bagian tengahnya. Sehingga penggunaannya sebagai meja bar yang lengkap dengan bar stool. Anda bisa menikmati secangkir kopi ataupun camilan.

Dengan menghadirkan hiasan hanging lamp yang unik. Rongga besar yang membuat suasana dapur tetap terlihat pada seluruh sudut. Sehingga tidak akan membuat dapur terkesan sempit. Namun privasi akan tetap terjaga dan fungsi partisi akan lebih maksimal. 

Baca Juga: Dapur Minimalis Nuansa Hitam Putih Memberi Kesan Luas dan Nyaman

Partisi Kaca Tempered Glass

Partisi dapur minimalis yang terbuat dari kaca tempered glass. Dengan garis-garis kerangka besi hollow berwarna hitam. Sehingga akan memisahkan antara dapur dan ruangan lainnya. Partisi ruangan yang tampak transparan tidak hanya sebagai pembatas. Namun berfungsi pula sebagai akses pencahayaan serta sirkulasi udara yang berasal dari dapur.

Apabila menggunakan konsep semi outdoor bisa masuk menyeluruh dalam area dapurnya. Sehingga area dapur akan tampak terkesan lapang dan terang. Anda juga dapat melakukan penghematan energi listrik.

Partisi Minimalis Kayu

Area dapur dengan lebar terbatas yang dapat didekorasi menggunakan partisi. Partisi ruang dapur sebaiknya juga dibuat dengan lebarnya lebih kecil. Sehingga senada dengan lebar area dapur tersebut. Apabila tampilannya polos, tentunya akan tampak monoton. Oleh karena itu, sebaiknya partisi dapur minimalis kayu dengan celah pada bagian tertentu.

Baca Juga: Dapur Minimalis Ukuran 2×3 Nyatanya Juga Bisa Memberi Kenyamanan

Partisi Sederhana

Desain partisi yang sederhana akan cocok bagi Anda yang menyukai nuansa alam. Desain yang akan lebih murah daripada partisi lainnya. Sebaiknya Anda memilih model partisi area dapur yang memperhatikan maintenance. Hal itu agar terhindar dari rayap dan lumut. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa melapisi kayunya dengan pernis.

Fungsi Partisi

Hadirnya partisi untuk area dapur Anda tentunya memiliki beberapa fungsinya. Untuk itu ketahui fungsi dari partisi berikut ini.

Sebagai Pemisah Dua Ruangan

Dua ruangan yang terpisahkan oleh partisi tentunya nilai fungsionalnya akan berbeda. Dengan menentukan terlebih dahulu fungsi dari partisi dapur minimalis. Setelah itu menentukan model partisi rumah yang tepat. Sehingga fungsi partisi dapur menjadi lebih maksimal. Untuk area penyimpanan dan juga multifungsi.

Memberi Privasi Khusus

Pada desain interior ini menggabungkan ruang makan dan dapur. Anda akan memerlukan partisi ruang minimalis untuk memisahkan keduanya. Apabila tidak ada partisi, kedua ruangan tersebut tidak dapat dimanfaatkan lebih maksimal. Perlu adanya partisi untuk mengupayakan privasi dari masing-masing ruangan tersebut.

Sebagai Elemen Penghias Ruangan

Saat ini partisi tidak hanya berfungsi untuk memisahkan dua ruangan saja. Namun juga sebagai penghias interior rumah. Anda bisa membuat partisi dengan berbagai desain sesuai keinginan dengan memasang berbagai hiasan pada partisi.

Menghadirkan partisi yang cantik, fungsinya tidak hanya untuk pembatas area dapur. Namun juga bisa menjadikannya sebagai elemen dekoratif interior dapur minimalis.

Kini Anda dapat mengetahui pilihan partisi dapur minimalis. Partisi tersebut tidak hanya memberikan privasi, namun juga area multifungsi. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang