Pasca Eren Mati di Attack on Titan, Begini Kondisi Dunia

Dunia Pasca Eren Mati di Attack on Titan
Kondisi Dunia Pasca Eren Mati di Attack On Titan. Foto: Ist/Net

Bagi yang sudah baca manga Attack On Titan, pasti penasaran dengan kondisi dunia pasca Eren mati. Chapter 139 menjadi akhir dari cerita EMA alias Eren, Mikasa dan Armin karya dari Hajime Isayama.

Jadi di chapter 139 ini Eren berhasil mendapatkan kekuatan Titan Pendiri (Founding Titan) dan membuat rumbling atau gemuruh. Rumbling itu mampu memanggil Wall Titan dalam jumlah besar dan menghancurkan 80% dunia.

Tragisnya, Eren mati di tangan orang yang paling ia cintai yaitu Mikasa Ackerman. Gadis terkuat di Attack On Titan tersebut memenggal kepala Eren sehingga penghancuran dunia selesai.

Baca Juga: Manga Attack On Titan Tamat, Ending yang Tak Sesuai Harapan

Bagaimana Kondisi Dunia Pasca Eren Mati di Attack On Titan?

Dalam channel Youtube Senioranime menjelaskan teori mengenai kondisi dunia pasca rumbling yang Eren lakukan. 80% dunia hancur karena rumbling yang Eren lakukan.

Dengan hancurnya sebagian besar dunia, otomatis peradaban baru pun muncul dan dunia akan berubah drastis. Oke kita bahas saja langsung ya apa yang terjadi pada dunia pasca Eren mati.

Paradise jadi Negara Adidaya

Dalam chapter 139 Paradise berubah menjadi negara adidaya. Tandanya ada scene Paradise atau bangsa Marley sedang membangun kekuatan militer baru.

Di sisi lain, Marley yang merupakan negara adidaya sebelumnya hanya menciptakan tenda saja untuk pengungsi. Hal ini karena efek dari rumbling yang Eren lakukan kepada dunia.

Baca Juga: Bisakah Keturunan Ackerman Jadi Titan? Fans AOT Wajib Tahu

Kondisi dunia lainnya juga sepertinya tak jauh berbeda dengan Marley. Negara adidaya saja tak berkutik apalagi negara lainnya. Hal ini membuat bangsa Marley menjadi negara yang maju dari negara lainnya yang fokus ke pengungsi.

Armin dan Anggota Pasukan Pengintai Jadi Duta Perdamaian

Kondisi dunia pasca Eren Mati juga menjadikan Armin dan kawan-kawannya sebagai duta perdamaian dunia. Armin dan teman-temannya menceritakan kisah mereka pada dunia secara jujur dan tak ada kebohongan.

Mereka bertujuan bahwa meski menjadi negara adidaya, Paradise sebenarnya menginginkan perdamaian dan bukan perang. Salah satu alasan dunia mau mendengarkan Armin adalah ia merupakan sosok Colossal Titan yang menghentikan rumbling.

Armin menjadi sosok pahlawan yang menyelamatkan dunia. Sehingga semua orang akan percaya setiap ucapan dari sang pahlawan perang.

Semua Kutukan Titan Hilang

Hal yang paling penting tentang kondisi dunia pasca Eren mati di Attack on Titan adalah hilangnya kutukan Titan. Eldia jadi negara Adidaya karena kekuatan militernya yang kuat, bukan dari titan.

Bukti kekuatan Titan hilang ada di chapter 139. Jean Connie dan yang lainnya sudah berubah jadi Titan. Namun, ketika Eren mati, semua Titan kembali menjadi manusia. Jadi sudah tidak ada Titan lagi di dunia pasca Mikasa memenggal Eren Jaeger.

Perang Kembali Terjadi

Kondisi dunia pasca Eren mati di Attack On Titan rupanya hanya kedamaian sementara saja. Pasalnya dalam manga Ending Attack On Titan Extra Page terungkap perang kembali terjadi di Paradise.

Negara adidaya tersebut diduga mengalami penyerangan dari seluruh dunia untuk balas dendam. Dunia balas dendam karena rumbling yang Eren telah lakukan.

Meski saat itu militer Eldia atau Paradise sangat kuat, namun jumlahnya hanya sedikit. Kalah jumlah intinya, apalagi sudah tidak ada kekuatan Titan lagi yang membantu Paradise.

Anggota pasukan pengintai juga sepertinya sudah pada mati. Terlihat ada scene di mana Mikasa sudah masuk dalam peti mayat saat usianya sudah tak muda lagi.

Rumbling Part II

Kondisi dunia pasca Eren mati di Attack On Titan kemungkinan akan ada rumbling jilid dua. Masih dari extra page ada seorang anak kecil yang kemungkinan adalah keturunan Ackerman.

Terlihat negara Paradise sudah hancur lebur dan nyaris rata dengan tanah. Kemudian si anak kecil tersebut menemukan sebuah pohon besar.

Pohon besar ini mirip sekali dengan asal muasal Titan hadir di muka bumi dari Ymir. Ada kemungkinan anak kecil Ackerman ini bisa mendapatkan kekuatan Titan pendiri.

Kemudian balas dendam lagi dengan membangkitkan kutukan Titan dan kembali mencoba meratakan dunia untuk kedua kalinya.

Itulah kondisi dunia pasca Eren mati di Attack On Titan. Kita nantikan saja siapa tahu ada Attack on Titan Next Generation sama seperti Naruto. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu