Peluang Usaha Pinggir Jalan dengan Modal Kecil Untung Besar

peluang usaha pinggir jalan
Ilustrasi peluang usaha pinggir jalan. Foto:Ist/Net

Ada banyak peluang usaha pinggir jalan yang bisa anda jalankan. Namun dengan banyaknya penjual yang ada, bagaimana memilih yang benar-benar prospektif dan menguntungkan? Kejelian melihat pasar tentunya akan membuat usaha anda lebih prospek.

Pinggir jalan merupakan kawasan yang sibuk. Selain sebagai tempat lalu lalangnya kendaraan, pinggir jalan juga merupakan tempat masyarakat menjalankan berbagai aktivitas sehari-harinya.

Pinggir jalan atau trotoar juga merupakan jalur penghubung antara satu kawasan ke kawasan lainnya. Kawasan sisi jalan ini juga menjadi lokasi yang strategis untuk menjalankan berbagai jenis usaha skala kaki lima.

Ada banyak ide bisnis pinggir jalan yang bisa kita pilih dan jalankan. Untuk modalnya juga tak perlu anda khawatirkan karena umumnya tidak membutuhkan dana investasi yang besar.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Peluang Usaha Pinggir Jalan Modal Kecil

Banyak kok ide usaha kaki lima yang bisa kita pilih dengan modal kecil. Bahkan ada beberapa jenis usaha yang bisa anda jalankan dengan modal hanya 500 ribu sampai 1 juta rupiah saja.

Nah, untuk anda yang berminat untuk membuka dan menjalankan bisnis pinggir jalan atau kaki lima, berikut beberapa rekomendasi peluang usaha pinggir jalan yang prospektif dan menguntungkan.

Usaha Minuman

Selain lapar, orang yang sedang dalam perjalanan biasanya akan mengalami haus juga. Inilah tempat usaha Anda akan banyak orang yang mencarinya.

Anda bisa menjual aneka jenis minuman mulai dari jus, minuman boba yang sekarang sedang hype, sampai dengan menjual air mineral dalam kemasan.

Jika memang Anda berniat menjual produk minuman Anda tidak perlu ragu meskipun tidak bisa menyiapkan produknya sendiri atau keterbatasan idea atau faktor lainnya.

Sebagai solusinya Anda bisa bergabung menjadi bagian dari program franchise minuman yang sekarang sudah banyak beredar.

Ini bisa menjadi peluang usaha pinggir jalan yang sangat menggiurkan. Namun pastikan Anda mencari usaha franchise yang terkenal dan membanderol harga produk tidak terlalu tinggi.

Terlebih jika lokasi usaha Anda agak pinggir kota atau pedesaan karena biasanya pembeli mencari produk yang murah meriah mengingat pendapatan perkapita warga desa juga tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Peluang Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian yang Potensial

Warung Lesehan

Perjalanan jauh seringkali membuat para pengemudi dan penumpangnya merasa lapar. Kehadiran warung lesehan pinggir jalan seringkali menjadi penyelamat bagi pengguna jalan ketika lapar tiba – tiba menyerang.

Anda yang punya kios pinggir jalan dan masih belum ada ide untuk berjualan apa, peluang usaha pinggir jalan dengan mendirikan warung lesehan yang menyediakan aneka menu bisa Anda coba.

Beberapa menu yang biasanya ada pada warung lesehan antara lain seperti tempe penyet, ayam penyet, sup, ayam geprek, oseng kentang dan ati, dan masih banyak menu lain yang bisa Anda hidangkan.

Siapkan juga meja dan kursi dalam warung Anda. Akan tetapi jika menyiapkan meja dan kursi tidak memungkinkan karena mungkin luas warung yang tidak terlalu besar, Anda bisa siapkan tikar sebagai tempat bersantai pengunjung.

Toko Oleh-oleh

Anda yang memiliki kios pinggir jalan menuju suatu objek wisata Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual produk oleh-oleh. Peluang usaha pinggir jalan ini akan sangat menguntungkan.

Lokasi semacam ini akan banyak pengguna jalan yang mencari oleh-oleh ketika berangkat atau pulang dari objek wisata tujuan. Pada kios Anda akan banyak mendapat kunjungan.

Untuk itu anda bisa sediakan beragam jenis oleh-oleh unik khas daerah tersebut. Mulai dari makanan khas, camilan khas, sampai kerajinan bisa Anda jual.

Biasanya pada musim liburan omset yang anda dapatkan semakin tinggi, itulah waktu Anda panen laba dari usaha yang anda jalankan.

Bensin Eceran

Tanpa bahan bakar yang cukup, sebuah kendaraan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Masalah yang kemudian sering pengguna jalan alami adalah lokasi SPBU yang jauh dari tempat pengguna kehabisan bensin.

Memanfaatkan momen ini, Anda yang punya kios pinggir jalan bisa memanfaatkannya dengan menjual bensin eceran. Anda bisa menampung bensin pada sebuah botol kemudian Anda banderol per botol bukan per liter.

Jika memang ada modal lebih banyak, Anda bisa ikut franchise Pertamini yang membuat Anda bisa menjual bensin per liter.

Itulah berbagai ide dan peluang usaha pinggir jalan dengan modal kecil namun berpotensi memberikan untung besar yang bisa Anda jalankan. Anda bisa memilih salah satu usaha yang sesuai kemampuan dan modal anda. (R11/HR Online)

Editor: Jujang