Pembangunan Jalan Tol Baticap, Ciamis Bakal Punya Dua Exit Tol

Pembangunan Jalan Tol Baticap
Kepala Bappeda Ciamis Aef Saefuloh. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis bakal punya dua pintu keluar atau exit tol dalam pembangunan jalan Tol Baticap (Bandung-Tasikmalaya-Cilacap). Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ciamis Aef Saefuloh membenarkan hal tersebut.

“Sesuai informasi perencanaan pembangunan jalan tol akan ada 2 Exit tol di Ciamis,” ungkapnya, Selasa (8/6/2021).

Dua exit tol tersebut berada di wilayah Kecamatan Ciamis, tepatnya Kelurahan Linggasari dan Kecamatan Pamarican untuk akses menuju Kota Banjar, Jawa Barat.

“Kita lihat sendiri dari perencanaan pembangunan jalan tol Baticap akan ada dua pintu exit tol untuk Kabupaten Ciamis. Sehingga keuntungan ini sangat luar biasa bagi masyarakat Ciamis, akan banyaknya orang yang datang ke daerah Ciamis” ujar Aef.

Aef mengatakan, sejauh ini progres pembangunan Tol Baticap sudah masuk ke bagian pembebasan lahan sampai Tasikmalaya. Target selesai pada tahun 2021. Sedangkan pembebasan untuk wilayah Kabupaten Ciamis hingga Cilacap akan berlangsung pada tahun 2022.

“Rencana pembangunan jalan tol untuk Ciamis sudah masuk ke tahap sosialiasi dan rencananya pada tahun 2022 progresnya menuju pembebasan lahan,” katanya.

Pembangunan jalan tol akan berpotensi memiliki banyak keuntungan bagi masyarakat terutama dalam peningkatan perekonomian. Aksesibilitas menjadi salah satu faktor utama dalam pengembangan suatu wilayah.

“Guna menangkap peluang pada rencana pembangunan jalan Tol Baticap ini, Pemkab Ciamis dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), sedang proses pengajuan daerah Lingkar Selatan akan menjadi kawasan industri. Sehingga peluang dalam menarik para investor yang ingin berinvestasi ke Ciamis sangat besar,” ucapnya.

Selama ini kendala sulitnya investor ke Ciamis karena tidak adanya aksesibilitas yang memadai. Dengan rencananya pembangunan jalan tol ini menjadi peluang para investor masuk ke Kabupaten Ciamis akan sangat besar.

“Linggasari akan menjadi sebuah kawasan industri nantinya. Maka dari itu peluang untuk mengembangkan sebuah potensi kearifan lokal harus segera dilakukan terutama oleh Masyarakat Ciamis. Seiring dengan rencana pembangunan jalan Tol Baticap. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang