Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Minta Masyarakat Maksimalkan Peran Keluarga

Pemkab Ciamis Minta Masyarakat Maksimalkan Peran Keluarga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis meminta masyarakat untuk meningkatkan peran dalam keluarga saat pandemi Covid-19 yang terus meningkat ini.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ciamis, Dian Budiyana menyebut, peran keluarga harus selalu dominan.

Terlebih, dengan adanya pandemi ini masyarakat jarang keluar rumah karena berkurangnya aktivitas.

Jadi masyarakat lebih lama di dalam rumah, sehingga dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga dengan baik.

“Peran keluarga pada masa pandemi ini harus benar-benar melaksanakan 8 fungsi keluarga dengan baik, terlebih kita lebih banyak berada di dalam rumah,” kata Dian usai kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 tahun 2021, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Disdik Ciamis Belum Putuskan PTM atau Daring

Dian menjelaskan, 8 fungsi keluarga itu yakni, fungsi agama, fungsi perlindungan, kasih sayang, sosial budaya, ekonomi, reproduksi, sosialisasi, pendidikan dan lingkungan.

“Jika 8 fungsi keluarga ini apabila dipahami dengan benar, akan tercipta norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” jelasnya.

Lanjutnya, pada momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28, pihaknya berharap keluarga-keluarga di Ciamis semakin sehat dan tangguh menghadapi semua permasalahan termasuk Covid-19.

“Saya harap, masyarakat jalankan 8 fungsi peran keluarga ini dengan baik sebagai upaya untuk menghadapi pandemi saat ini yang semakin meningkat,” pungkasnya.

Sebelumnya, pihak Dinas Pegendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ciamis mengiuti upacara Harganas tingkat Nasional secara virtual bersama Bupati Ciamis di Aula Setda. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -