Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TasikmalayaBangkitkan Ekonomi, Pemkot Tasikmalaya Gelar Pelatihan Wirausaha

Bangkitkan Ekonomi, Pemkot Tasikmalaya Gelar Pelatihan Wirausaha

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas Pertanian menggelar pelatihan wirausaha kepada warga, Jumat (18/6/2021). Tujuannya, agar warga yang terdampak pandemi Covid-19 memiliki penghasilan baru.

Program wirausaha ini mulai dari memanfaatkan dan mengolah bahan baku, pengemasan hingga pemasaran. Warga antusias mengikuti pelatihan ini mengingat pandemi yang berlangsung lebih dari setahun ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat bahkan sampai kehilangan pekerjaan.

Pelatihan ini fokus pada produksi makanan ringan dengan memanfaatkan bahan baku hasil pangan sekitar lingkungan. Seperti pisang, singkong dan berbagai jenis umbi lainnya.

Lili, peserta pelatihan wirausaha Pemkot Tasikmalaya ini mengaku pandemi membuatnya kehilangan pekerjaan. Namun dengan adanya pelatihan ini ada harapan untuk mendapat penghasilan baru.

“Dengan adanya pelatihan usaha baru ada harapan untuk mendapatkan penghasilan dengan memiliki ilmunya. Dari mulai cara-cara pengolahan pengepakan hingga pemasaran. Semoga bisa membantu menambah penghasilan baru untul kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Gilang Purnama, Pemateri pelatihan wirausaha, mengatakan kebanyakan warga kesulitan dalam memulai usaha. Apalagi warga tidak memiliki keahlian dan cara dalam produksi sampai pengemasan. Sehingga hasil produksinya jarang yang minat atau tertarik.

“Sehingga dengan pelatihan ini bisa mengingatkan kualitas produksi dengan pengepakan yang lebih menarik. Tentunya dengan cara mempromosikan yang memanfaatkan media sosial, sehingga akan lebih tertarik,” katanya.

Menurut Gilang, dengan pelatihan wirausaha yang digelar Pemkot Tasikmalaya ini warga kini memiliki harapan untuk mendapat penghasilan baru saat kondisi Pandemi. Cara mudah dengan memanfaatkan bahan baku dari sumber daya alam sekitar. (Apip/R9/HR-Online)