Kamis, November 25, 2021
BerandaGaya HidupKhazanahPengertian Iffah dan Contohnya Usaha Pengamalan juga Keutamaannya

Pengertian Iffah dan Contohnya Usaha Pengamalan juga Keutamaannya

Pengertian Iffah dan contohnya nyatanya masih membingungkan banyak orang. Padahal sebenarnya kita itu sudah akrab dengan arti dari kata Iffah tersebut.

Namun, beberapa orang jika ditanya apa Iffah itu? Setiap orang pastinya memiliki kemampuan untuk menjaga dan menahan diri, bahkan anak kecil sekalipun. Menahan diri dari banyak keinginan yang jika terus menurutinya justru akan membawa menuju ketidakpuasan.

Dalam Al-Quran sendiri sudah dijelaskan bahwa wanita yang mendapatkan pujian dari Allah karena menjaga kesuciannya adalah Maryam, yang merupakan Ibunda dari Nabi Isa Alaihissalam. Bukan hanya itu saja, akan tetapi Maryam juga menjadi salah satu surat yang terdapat dalam Al-Quran firman Allah Ta’ala.

baca juga: Jumlah Rakaat Shalat Dhuha Bukan Masalah untuk Mengerjakannya

Pengertian Iffah dan Contohnya yang Wajib Anda Ketahui

Dalam bahasa Arab pengertian Iffah berasa dari sebuah kata yakni Afif atau bisa juga Afifah. Meskipun begitu akan tetapi kosa kata tersebut memiliki kata kar yakni “Aaffa“. Tidak pantas juga menjadi makna dari kata kerja tersebut.

Selain itu pengertian Iffah dan contohnya juga memiliki arti bahwa merupakan sebuah kehormatan diri, karena orang yang sudah berhasil untuk tidak melakukan sesuatu yang pantas seperti halnya dengan orang yang menjaga kehormatannya.

Menahan diri untuk tidak meminta-minta juga menjadi arti dari Iffah itu sendiri. Dalam sebuah buku Al-Akhlaq AL -Islamiyyah wa Ususuha bahwa Iffah merupakan menjauhi hal-hal yang sekiranya dapat mencederai rasa malu juga Marwah.

Pada intinya Iffah itu mereka yang yang selalu menjaga kehormatan diri dari segala hal yang bisa menyebabkan tercela baik secara syariat atau etika.

baca juga: Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Beragam dan Pastinya Menguntungkan

Contoh Iffah dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui mengenai pengertian Iffah, alangkah lebih baiknya juga jika Anda bisa mengetahui contoh-contohnya. Agar dalam kehidupan sehari-hari kita juga mampu mengamalkan Iffah.

Tidak mudah untuk meminta dari harta yang orang lain miliki. Maksudnya adalah kita tidak mudah untuk berputus asa ketika sedang berusaha. Tidak langsung berpangku tangan dan bergantung kepada harta orang lain.

Bukankah Allah SWT itu memberikan anjuran kepada umatnya untuk terus berusaha. Jangan menyerah dan mundur ketika belum tercapai. Pasalnya segala yang berkaitan dalam kehidupan manusia atau takdir itu sudah Allah atur. Jadi, apapun yang akan menjadi milik kita, yakin tidak pernah menjadi milik orang lain.

Kemudian untuk contoh yang selanjutnya adalah menjauhi perbuatan yang sudah Allah larang. Dalam Al-Quran surat Yusuf ayat 23 dijelaskan bahwa nabi Yusuf pernah digoda oleh para perempuan. tetapi Yusuf berkata sesungguhnya aku hanya memohon perlindungan kepada Allah, karena hanya Allah lah yang sudah memperlakukannya dengan baik.

Untuk pengertian Iffah dan contohnya adalah mampu untuk menjaga lisan dengan tidak membicarakan aib orang lain. Alangkah lebih baiknya diam daripada berbicara akan tetapi justru malah mengurangi pahala.

Selain berusaha dengan sekuat tenaga guna melawan hawa nafsu supaya kehormatan tetap terjaga, alangkah lebih baiknya juga jika kita selalu memperbanyak untuk berdoa.

Sebagaimana doa yang biasanya dibaca oleh Baginda Rasul Muhammad SAW.

Dalam kehidupan sendiri hendaknya kita lakukan di setiap waktu. Tujuannya adalah supaya kita tetap berada dalam kesucian. Bukan hanya itu saja akan tetapi juga untuk memuliakan pemeliharaan hati supaya tidak memiliki rencana ataupun angan-angan yang buruk.

baca juga: Hakikat Shalat 5 Waktu yang Harus Diketahui, Berikut Penjelasannya

Keutamaan Iffah

‘Afif adalah orang yang mampu menjalankan pengertian Iffah dan contohnya. Keutamaan dari pengamalan Iffah sendiri juga kelak kita akan dapatkan balasannya dari Allah SWT.

Siapapun yang mampu menahan untuk tidak meminta-minta maka Allah akan menjaga juga memelihara, siapa yang mampu untuk bersabar maka Allah akan menjadikan ia Penyabar. Serta siapa yang selalu merasa cukup dengan yang Allah berikan maka Allah akan selalu memberinya kecukupan(HR. Bukhari Muslim).

Usaha-usaha Supaya Bisa Menjadi ‘Afif

Bagi yang mungkin masih belum mampu untuk mengamalkan pengertian Iffah dan contohnya, maka beberapa usaha ini bisa Anda amalkan untuk mendapatkan banyak limpahan pahala dari Allah tersebut.

Usaha pertama yang paling penting adalah jangan pernah sekalipun Anda bergantung kepada selain Allah, terutama kepada sesama Makhluk. Kemudian, selalu bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan juga memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Sedangkan untuk pengembangannya hendaknya kita juga mengendalikan diri supaya tetap menjalankan sunnah Rasul Muhammad SAW. Mempertimbangkan juga teman bergaul. Karena tanpa kita sadar mereka juga mempunyai pengaruh yang besar. Paling penting untuk bisa menjalan pengertian Iffah dan contohnya tersebut adalah menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru