Penyakit Gatal pada Kulit, Jenis dan Penyebabnya

penyakit gatal pada kulit
Jenis penyakit gatal pada kulit. Foto: Ist/Net

Ternyata penyakit gatal pada kulit ada banyak macam dan jenisnya. Dari karena gigitan nyamuk hingga jamur dan infeksi. Namun gatal juga bisa merupakan tanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius yang berbahaya.

Kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia yang memiliki berbagai macam fungsi vital. Salah satunya adalah untuk melindungi otot, sel dan organ bagian dalam tubuh lainnya.

Sebagai organ terluar, kulit adalah bagian yang rentan bersinggungan unsur atau penyebab penyakit. Baik dengan bakteri, virus atau berbagai kotoran yang dapat menjadi penyebab timbulnya gatal dan nyeri pada kulit.

Kondisi gatal karena berbagai macam penyakit biasanya terjadi dengan beberapa tanda perubahan pada kulit. Seperti pengelupasan pada bagian terluar kulit, bersisik, munculnya bentol-bentol dan ruam, bintik kemerahan, cairan berwarna bening dan sebagainya.

Macam-Macam Penyakit Gatal pada Kulit

Berikut beberapa potensi penyakit gatal pada kulit yang bisa terjadi dengan kemunculan beberapa tanda perubahan yang sudah disebutkan sebelumnya!

Alergi

Selain karena gigitan serangga yang bisa menjadikan kulit gatal-gatal, ada kondisi lain yang juga dapat memicu rasa gatal pada kulit. Seperti ketika kulit mengalami alergi.

Alergi atau dermatitis kontak merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit ketika bagian tersebut terpapar dengan suatu zat atau alergen tertentu.

Produk skincare, makanan, serbuk sari, udara dingin, bulu binatang, paparan sinar matahari yang menyengat atau berbagai hal lainnya bisa menjadi salah satu alergen yang memicu alergi dan penyakit gatal pada kulit.

Kondisi gatal karena alergi bisa kita hindari dengan tidak mendekati alergen atau pemicunya. Selain itu mengonsumsi obat penghilang rasa gatal sebagai resep dari dokter juga bisa menjadi solusi.

Penyakit Kulit Tertentu

Terdapat beberapa jenis penyakit kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal bagi orang yang mengalaminya.

Tak jarang rasa gatal yang terjadi tersebut juga diiringi dengan tanda-tanda tertentu. Seperti kulit yang bersisik, kulit kering, bentol – bentol, dan sebagainya.

Beberapa jenis gangguan yang menyebabkan terjadinya penyakit gatal pada kulit yang sering orang alami antara lain:

  1. Biduran
  2. Cacar air
  3. Kurap
  4. Kudis
  5. Dermatitis atopik atau eksim
  6. Eksim dishidrotik
  7. Psoriasis
  8. Neurodermatitis
  9. Dermatitis seboroik
  10. Gigitan serangga

Rasa gatal yang terjadi karena salah satu gangguan kulit tersebut biasanya juga bisa kita rasakan pada area kulit tertentu pada bagian tubuh lainnya. Kondisi ini biasanya timbul dengan kondisi kulit yang semakin gatal terlebih ketika kita garuk.

Oleh sebab itu penderitanya sebaiknya tidak menggaruk pada bagian kulit yang gatal terus menerus. Lebih baik mengatasi rasa gatalnya dengan mengoleskan minyak yang dapat meredakan rasa gatal atau pun mengonsumsi antibiotik sebagai pereda gatal.

Gangguan Sistem Saraf

Orang yang mengalami gangguan sistem saraf akan cenderung merasakan sensasi rasa gatal pada salah satu bagian tubuhnya. Gatal-gatal yang timbul pada kulit biasanya terjadi hanya pada satu area saja.

Beberapa gangguan sistem saraf yang mengakibatkan rasa gatal pada salah satu bagian kulit penderita antara lain seperti herpes zoster dan multiple sclerosis.

Penyakit Sistemik Dalam Tubuh

Penyakit sistemik dalam tubuh juga dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan penyakit gatal pada kulit. Pemeriksaan oleh dokter penting untuk memastikan faktor penyebab ini.

Gejalanya biasanya berupa kulit penderitanya yang mengalami sensasi rasa gatal dan terbakar. Sensasi rasa gatal dan terbakar tersebut bahkan bisa berlangsung terus menerus selama sakit.

Beberapa jenis gangguan sistemik dalam tubuh yang dapat menimbulkan sensasi rasa gatal pada tubuh penderitanya antara lain:

  • Diabetes
  • Penyakit liver
  • Gangguan ginjal
  • Hipertiroid
  • Anemia
  • Penyakit autoimun
  • HIV
  • Kanker seperti limfoma Hodgkin dan sebagainya

Jika Anda mengalami gangguan gatal semacam ini sebaiknya hindari untuk menggaruknya terlalu sering. Karena ha ini justru dapat mengakibatkan lapisan terluar kulit terluka.

Sebagai gantinya, sebaiknya Anda gunakan salep penghilang rasa gatal untuk meredakannya atau segera membawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Itulah beberapa potensi yang bisa menjadi penyebab penyakit gatal pada kulit yang sering terjadi. Mengenal faktor pemicu maupun yang menyebabkannya akan memudahkan kita dalam mencegah maupun memberikan pengobatan yang tepat.