Penyebab Alternator Tidak Mengisi Baterai Sehingga Aki Cepat Soak

Penyebab Alternator Tidak Mengisi
Ilustrasi Penyebab Alternator Tidak Mengisi. Foto: Ist/Net

Penyebab alternator tidak mengisi akan mengakibatkan mesin mobil tak bisa melakukan pembakaran secara sempurna. Padahal mobil merupakan kendaraan yang sangat penting bagi sebagian orang. Tapi terkadang mereka hanya ingin sekedar memakainya tanpa tahu apa saja komponen yang perlu mendapat perawatan.

Misalnya saja alternator, banyak yang abai untuk merawat bahkan sekedar mencari tahu apa itu alternator, sepertinya enggan. Padahal alternator termasuk dalam salah satu bagian atau komponen yang paling penting dalam mobil. Jika komponen ini mengalami gangguan, maka akan menyebabkan mobil susah menyala dan aki akan rusak.

Inilah Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Mengakibatkan Mobil Sulit Menyala

Dalam sistem kelistrikan pada mobil, alternator adalah salah satu komponen yang sangat penting dan vital. Hal ini mengartikan bahwa fungsinya untuk menyuplai arus listrik menuju aki atau juga untuk mengisi aki. Jika aki tidak mengisi dengan baik dan lancar, maka mobil akan mogok dan aki menjadi cepat soak.

Meskipun aki sendiri memang menjadi alat pacu ketika menyalakan starter kendaraan, namun jika alternator mengalami kerusakan, otomatis aki akan menjadi sumber listrik utama. Untuk kalian ketahui, ketersediaan muatan listrik pada aki sangat terbatas dalam menghidupkan komponen kelistrikan.

Untuk masa pakai alternator sendiri, sebenarnya masih memiliki kinerja yang baik sampai 5 tahun. Namun lebih dari itu kinerjanya akan berkurang.

Sehingga untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan, kalian harus mengetahui beberapa penyebab kerusakan pada alternator. Lalu apa saja yang menjadi penyebab alternator tidak mengisi dengan sempurna? Berikut penjelasannya.

Komponen Brushes pada Alternator Rusak

Penyebab pertama dari alternator yang tidak mau mengisi karena adanya komponen brushes yang rusak pada alternator. Sesuai dengan namanya, brushes adalah sebuah sikat yang menuju ke dalam komponen alternatornya. Cara kerjanya seperti arang yang mampu menghasilkan api pembakaran, bedanya ini di dalam mesin mobil.

Brushes atau sikat ini memiliki hubungan yang erat dengan rotor coil pada penyebab alternator yang tidak mengisi. Saat sikat ini rusak, secara otomatis hubungan aliran pada rotor coil berhenti.

Hal ini menyebabkan alternator tidak mau mengisi baterai. Untuk mengatasinya, kalian harus mengganti brush atau sikat dalam komponen alternator.

Komponen Drive Belt pada Alternator Kendor

Kondisi ini sama halnya dengan kegiatan mengisi baterai pada ponsel. Saat ingin mengisi baterai pada ponsel namun secara tidak sengaja charger yang kalian masukkan kendor atau kurang kencang pada lubangnya, secara otomatis sampai berhari-hari pun ponsel tidak akan mengisi baterai.

Begitu juga dengan cara kerja dari drive belt pada alternator. Jika komponen drive belt kendor, hal ini bisa menjadi penyebab alternator tidak mau mengisi.

Tentu saja hal ini harus segera kalian atasi, mengingat fungsinya yang sangat krusial dalam menghidupkan kinerja mesin. Solusinya dengan melakukan pengecekan supaya mendapat lagi kualitas drive belt tersebut.

Alat Utama Rotor Coil pada Alternator Rusak

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, kinerja rotor coil menjadi salah satu kunci utama dinamo ampere mengisi listrik untuk aki. Apabila mengalami kerusakan, tentunya komponen utama aki tidak bisa mengisi secara baik.

Rotor coil juga berperan sebagai medan magnet. Untuk itulah, rotor coil ini bertugas sebagai perputaran saat menyediakan kumparan listrik mulai medan magnet tersebut.

Apabila komponen ini rusak, tentu akan menjadi penyebab alternator tidak bisa mengisi. Untuk itulah sebagai solusi kalian harus mengganti rotor coil lalu membersihkan bagian dinamo ampere sebagai perawatan rutin. Dengan begitu, komponen pada bagian ini bisa berfungsi normal kembali.

Bagian Charging atau Circuit Ground Battery Rusak

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa pengisian aki dari arus listrik dari alternator bekerja seperti halnya mengisi baterai ponsel. Hubungan charging ataupun circuit ground baterai rusak adalah salah satu pemicu alternator mobil tidak bisa mengisi.

Untuk mengatasi kejadian seperti ini, kalian harus melakukan pengecekan. Pastikan kalian mengecek dengan benar pada semua sambungan kabel-kabel yang ada pada mobil.

Dalam hal ini adalah sambungan kepada aki. Setelah itu, bersihkan komponennya. Jika ada yang rusak, sebaiknya segera lakukan penggantian. Karena alternator merupakan komponen penting dalam pembakaran mesin hasil dari sengatan listrik tersebut.