Penyebab Anak Muntah Malam Hari, Waspadai Adanya Penyakit Serius

penyebab anak muntah malam hari
Kenali penyebab anak muntah malam hari . Foto: Ist/Net

Penyebab anak muntah malam hari bisa karena berbagai faktor. Selain karena kebiasaan terlambat makan, gangguan ini juga bisa merupakan gejala yang harus orangtua waspadai. Ada sejumlah cara alami untuk mengatasi kondisi ini.

Anak muntah pada malam hari sering membuat orang tua bingung. Namun jangan dulu khawatir! Anda harus tahu faktor yang menyebabkan anak mengalami muntah agar bisa memberikan pertolongan kepada anak.

Sebenarnya muntah yang terjadi pada anak pada malam hari bisa bersifat sementara. Bahkan sebagian besar kasus semacam ini dapat sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi terkadang ada yang perlu penanganan serius. Terutama jika berkaitan dengan kondisi medis yang perlu mendapat penanganan cepat, terlebih jika kondisi ini berlangsung tidak hanya sekali.

Faktor Penyebab Anak Muntah Malam Hari

Kondisi muntah malam hari pada anak merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun kondisi ini membutuhkan penanganan yang cepat dan serius. Apalagi jika gangguan ini berhubungan dengan suatu penyakit.

Untuk itu, para orangtua harus mengetahui apa saja yang memicu dan menyebabkan kondisi tersebut. Berikut beberapa penyebab anak muntah malam hari yang Anda harus pahami!

Baca Juga : Gejala Penyakit Muntaber pada Anak, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Batuk

Batuk merupakan suatu kondisi yang pada malam hari akan semakin parah, dan hal ini memicu refleks muntah yang sering terjadi pada anak. Baik batuk kering atau batuk berdahak bisa menyebabkan muntah pada anak.

Batuk berdahak biasanya akan terjadi dengan keluarnya banyak lendir. Biasanya kondisi ini muncul beserta dengan flu atau pilek sebagai gejala yang sangat umum terjadi.

Ketika tidur cairan ekstra yang menyebabkan lendir akan berkumpul pada perut dan juga saluran udara. Sehingga kondisi inilah yang dapat memicu mual dan muntah pada anak.

Sementara untuk batuk kering akan bertambah semakin parah ketika anak kesulitan bernafas. Ketika kesulitan bernafas dan kondisi perut sedang penuh di malam hari, hal ini dapat mengakibatkan anak muntah.

Keracunan Makanan Siang Harinya

Penyebab anak muntah malam hari yang sangat mungkin terjadi karena kesalahan makan. Para orang tua perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang masuk ke dalam perut anaknya.

Baca Juga : Obat Cacing Alami untuk Anak yang Ampuh Atasi Cacingan

Makanan mentah dan kurang matang yang tertinggal untuk waktu lama, makanan basi, atau makanan yang tidak termasuk dengan cara pengolahan yang tepat juga dapat menyebabkan keracunan.

Terlebih jika muntah pada malam hari diiringi dengan gejala lainnya seperti sakit perut, kram perut, demam, mengeluarkan keringat dingin dan diare. Kondisi tersebut merupakan indikasi anak keracunan makanan.

Sebagai solusinya, berikan obat yang dapat meringankan gejala yang ada. Berikan air kelapa hijau sebagai detoks, dan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Flu Perut

Flu perut sebenarnya merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini juga termasuk salah satu penyebab anak muntah malam hari. Biasanya anak-anak yang mengalami flu perut akan muntah-muntah pada malam harinya.

Selain muntah, flu perut biasanya juga akan timbul dengan adanya beberapa gejala lainnya. Berikut ini beberapa tanda flu perut yang sebaiknya orang tua tahu dan kenali.

Baca Juga : Diare pada Bayi, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya
  • Demam ringan
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Diare

Telat Makan

Mengontrol pola makan anak merupakan hal yang wajib orang tua lakukan. Karena jika anak telat makan, hal tersebut dapat mengakibatkan asam lambung naik. Kondisi ini bisa menjadi penyebab anak muntah malam hari.

Asam lambung yang naik ke tenggorokan dapat memberikan sensasi ingin muntah. Tidak hanya terjadi pada siang hari, sensasi ingin muntah yang semakin parah akan terjadi pada malam hari.

Hal ini karena kondisi lambung yang semakin kosong sehingga lambung tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan, yaitu mencerna makanan. Oleh sebab itu, upayakan Anda selalu mengingatkan anak untuk makan.

Jika kondisi yang terjadi karena anak bandel dan sulit untuk makan, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan makan dalam jumlah atau porsi kecil secara rutin. Berikan juga camilan sehat pada sela-sela jam makan.

Itulah beberapa penyebab anak muntah malam hari yang Anda harus tahu. Untuk penanganannya bisa anda berikan ramuan jahe atau air kelapa muda. Jika kondisi anak tidak membaik segera bawa ke dokter untuk penanganan lanjutan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah