Penyebab Kanker Pankreas dan Gejala Penyakitnya

penyebab kanker pankreas
Faktor penyebab kanker pankreas. Foto; Ist/Net

Penyebab kanker pankreas terutama karena terjadinya kelainan pada sel-sel DNA dalam tubuh. Selain merupakan karena faktor keturunan, penyakit kanker pankreas termasuk jarang terjadi. Namun penting mengenal gejalanya sejak dini.

Duodenum atau yang populer dengan sebutan pankreas ini merupakan salah satu organ tubuh yang letaknya berada pada area bawah lambung dan dekat pada area usus kecil.

Untuk anda tahu, pankreas merupakan organ kelenjar besar dalam tubuh yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Panjang organ ini sekitar 15 cm dengan fungsi untuk memproduksi dan menghasilkan enzim pencernaan.

Kelenjar pankreas juga berperan penting dalam menghasilkan hormon dalam tubuh, termasuk hormon insulin untuk menjaga serta mengontrol kestabilan kadar gula tubuh. Terganggunya sel pankreas dapat memicu berbagai penyakit berbahaya.

Seperti halnya organ tubuh lainnya, ternyata pankreas juga bisa terserang kanker. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang berusia lanjut. Jarang terjadi penyakit ini menyerang orang dengan usia kurang dari 40 tahun.

Kanker pankreas, mengutip dari laman Smarter Health, merupakan jenis kanker yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel pankreas yang tidak terkendali dan tidak normal. Namun, penyebab kanker pankreas belum bisa diketahui dengan pasti.

Kondisi inilah yang memicu tumbuhnya tumor dalam pankreas. Adanya sel yang tidak normal dalam pankreas akan menyebabkan seseorang mengalami penyakit kanker pankreas.

Baca Juga : Macam-macam Penyakit Kanker dan Gejalanya, dari Serviks Hingga Kulit

Selain berbahaya, kanker jenis ini juga bisa merenggut nyawa penderitanya jika tidak sesegera mungkin mendapat penanganan.

Faktor Penyebab Kanker Pankreas

Untuk penanganan yang cepat dan mengatasi penyakit ini anda perlu mengenali apa saja faktor yang menyebabkannya. Nah, berikut ini beberapa penyebab kanker pankreas yang sebaiknya anda tahu.

Diabetes

Penyakit diabetes amat erat kaitannya dengan kerja pankreas. Tentu saja ini merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menginfeksi bagian organ tubuh lainnya, termasuk pankreas.

Diabetes ini sendiri akan menyebabkan kerja pankreas menjadi tidak normal. Kondisi inilah yang bisa berlanjut semakin kronis dan menjadi kanker.

Baca Juga : Fakta Penyakit Kanker, Penyakit Paling Mematikan

Infeksi Pankreas

Faktor penyebab kanker pankreas yang utama karena adanya peradangan pada organ pankreas. Radang yang terjadi pada pankreas ini sendiri juga bisa menjadi pemicu dari penyakit kanker ini.

Ketika pankreas mengalami radang, maka radang yang terjadi ini akan menyebabkan organ ini membengkak dan memicu sel kanker untuk tumbuh.

Bakteri Helicobacter Pylori

Bakteri helicobacter ini biasanya langsung menyerang pankreas dan juga akan memberikan serangan terhadap lambung.

Infeksi lambung yang terjadi pada tubuh inilah yang akan menyebabkan masalah pada pankreas. Jika tak segera mendapat penanganan, kondisi ini juga akan berujung menjadi kanker pankreas.

Baca Juga : Teknologi CRISPR Cas9, Modifikasi Gen dalam Sel Kanker

Kurang Olahraga

Tahukah anda jika kurang olahraga dan gerak fisik juga bisa menjadi penyebab kanker pankreas? Hal yang satu ini memang bisa memicu penyakit kanker pankreas akibat menurunnya fungsi pankreas.

Olahraga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah, mengganti sel tubuh yang rusak, dan juga bisa menyehatkan badan. Kurang olahraga akan menyebabkan masalah pada pankreas meningkat lebih cepat.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan memang menjadi salah satu hal yang bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan tubuh.

Dengan kebiasaan yang kurang sehat, anda yang mengalami obesitas ini lebih berisiko terkena kanker pankreas yang lebih tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.

Gejala Kanker Pankreas

Selain faktor penyebab kanker pankreas, penting juga mengenali tanda dan gejala sejak awal. Berikut ini beberapa ciri dan gejala kanker pankreas yang sebaiknya juga anda waspadai.

Baca Juga : Ngeri! Ini Dampak Negatif Smartphone Bagi Anak, Salah Satunya Bisa Picu Kanker

Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan secara mendadak ini, juga bisa menjadi penyebab dari adanya kanker pankreas ini. Kanker akan menyerang sel tubuh dan menghilangkan nutrisi sehat.

Sehingga selain penderitanya akan kehilangan nafsu makan, juga sekaligus kehilangan berat badannya secara signifikan.

Jaundice

Gejala lainnya dari penderita kanker pankreas adalah adanya jaundice atau kondisi dimana bagian kulit dan bagian putih mata akan berwarna kekuningan.

Hal ini bisa saja terjadi karena bilirubin terakumulasi dengan pecahan sel darah yang letih. Kelebihan bilirubin ini, akan membuat warna kulit dan bagian putih mata menjadi menguning.

Peningkatan Kadar Gula Darah

Gejala lainnya dari penyakit kanker pankreas ini adalah terjadinya peningkatan gula darah dalam tubuh. Sebagaimana fungsi dari pankreas ini sendiri yang bermanfaat untuk mengatur hormon termasuk hormon insulin.

Sehingga ketika pankreas sudah tidak bekerja secara normal, maka bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam tubuh anda.

Itulah sejumlah faktor penyebab kanker pankreas yang wajib anda kenali. Mengingat bahaya yang ada, penting juga mewaspadai gejala yang ada sejak agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah