Penyebab Komputer Blue Screen Berikut Solusinya

Penyebab Komputer Blue Screen Berikut Solusinya
Ilustrasi Penyebab Komputer Blue Screen. Foto : Net/Ist

Penyebab komputer dengan masalah Blue Screen sering menjadi momok bagi para pengguna PC maupun laptop. Sebab, masalah Blue Screen of Death (BSoD) ini sering membuat komputer restart sendiri.

Hampir mayoritas pengguna baik laptop maupun PC pasti sering mengalami BSoD. Sehingga tentunya Blue Screen yang nongol pada layar sering mengganggu. Terlebih ketika sedang dikejar deadline pekerjaan.

Sebenarnya masih banyak jenis kerusakan atau masalah yang menyerang perangkat komputer. Akan tetapi, untuk yang umum terjadi memang BSoD ini.

Cara Mengetahui Penyebab Komputer Blue Screen

Sebelum mengulas tentang penyebab yang membuat laptop atau PC mendadak Blue Screen, terlebih dulu akan membahas apa BSoD itu sendiri.

BSoD adalah gagalnya perangkat elektronik baik itu komputer atau sejenisnya yang menggunakan sistem Windows, dan OS Windows tersebut mengalami error atau kesalahan sehingga dengan terpaksa harus dihentikan.

Baca Juga : Komputer tidak Bisa Shut Down pada Windows 7, Ini Cara Mengatasinya

Sesuai dengan namanya, maka komputer yang mengalami Blue Screen akan muncul warna biru pada layarnya.

Sementara untuk penyebab komputer mengalami Blue Screen sangat beragam. Mulai dari kegagalan atau masalah pada hardware sampai untuk software.

Akan tetapi intinya dari masalah tersebut, yaitu karena kebiasaan pengguna laptop atau PC yang kurang baik dalam memakai perangkat tersebut.

Sementara itu, BSoD sendiri dapat dialami oleh Windows mulai dari NT, 2000. Kemudian Windows Vista, XP, 7, sampai Windows 10. 

Biasanya, ketika muncul Blue Screen maka komputer akan melakukan restart dengan sendirinya. Namun tidak berlangsung lama akan menyala kembali seperti sedia kala/normal.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah seperti itu tidak perlu panik. Tapi, memang jika dibiarkan begitu saja tentu akan mengganggu ketika memakai komputer.

Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebab komputer kok mendadak Blue Screen.

RAM Rusak

Jika saat Blue Screen muncul pesan atau tulisan PEN_LIST_CORRUPT atau DATA_BUS_ERROR, maka ada kerusakan pada RAM atau istilahnya memori dan juga slot RAM.

Masalah tersebut timbul karena pada komputer terpasang 2 slot yang berbeda jenis RAM. Sebagai contoh, pada PC menggunakan RAM PC2100, sedangkan slot satunya lagi memakai RAM jenis PC2700.

Nah, karena berbeda jenis atau tipe maka akan mengakibatkan ketidakstabilan kerja dari komputer Anda. Sehingga, jangan salah kalau nanti lambat laun setelah pemakaian RAM tersebut akan menyebabkan timbulnya Blue Screen pada komputer.

Baca Juga : Ciri RAM Laptop Bermasalah, Sistem Operasi Bekerja Tidak Lancar

Sebagai solusinya, gunakanlah RAM pada komputer dengan jenis atau tipe yang sama. Jadi jika slot 1 pakai PC2100, maka yang kedua juga harus sama.

Penyebab lain ketika komputer mendadak Blue Screen karena RAM, juga bisa slot atau memori itu sendiri yang kotor. Solusinya, bersihkan pada kaki pin RAM dengan menggunakan penghapus pensil.

Kerusakan VGA

Selain RAM, untuk bagian hardware atau perangkat keras lainnya yang membuat komputer BSoD, adalah kerusakan pada VGA atau Video Graphic Card.

Jika timbulkan karena VGA yang rusak, maka akan muncul pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA.

Penyebab komputer Blue Screen dari VGA, karena video card ini juga sama memiliki memori. Namun sebelum mengganti VGA tersebut, lebih baik Anda update drivernya terlebih dulu. Siapa tahu timbulnya BSoD karena memang belum update driver.

Akan tetapi saat melakukan update harus sesuai dengan drivernya. Sebab, jika update salah maka akan terjadi crash, yang menimbulkan keluarnya layar biru.

Hardware Conflict

Masing-masing dari komponen hardware yang terdapat pada komputer, juga menjalin komunikasi dengan perangkat keras lainnya. Komunikasi tersebut lewat IRQ atau saluran permintaan.

Jadi, masing-masing perangkat memiliki channel tersendiri. Sebagai contoh untuk keyboard memakai channel IRQ1, dan lainnya. Dan channel tersebut harus tunggal, tidak boleh ada 2.

Apabila dalam perangkat terdapat 2 channel, maka akan terjadi konflik pada komputer tersebut. Itulah yang menjadi salah satu penyebab komputer mendadak Blue Screen.

Laptop atau PC Overheat

Ciri dari penyebab timbulnya BSoD pada laptop atau PC yang satu ini adalah, keluarnya tulisan MACHINE_CHECK_EXCEPTION, atau juga UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP berkode 0X0000007F.

Penggunaan komputer yang terus menerus belum lagi ditambah dengan bersamaan mengoperasikan program berat, maka efek sampingnya yaitu meningkatnya suhu pada komponen.

Baca Juga : Komputer Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Salah satunya adalah prosesor yang akan cepat panas dan mengalami overheat. Selanjutnya, karena terlalu panas, maka performa dari komputer akan menurun.

Oleh karena itu, sebagai solusi yakni pentingnya memasang kipas eksternal atau cooling pad. Sehingga suhu yang tadinya panas akan cepat turun.

Virus atau Malware

Penyebab lainnya yang membuat komputer Blue Screen yaitu karena adanya virus atau malware, yang sampai masuk jauh ke dalam OS Windows.

Jadi, apabila virus tersebut menyerang sampai ke kernel Windows sampai sistem operasi di tingkat terendah, maka bisa mengakibatkan tidak stabilnya sistem dalam komputer tersebut.

Solusinya sangat sederhana. Lakukan update anti virus secara rutin. Kemudian, lakukan scan antivirus. Namun jika kerusakan yang timbul begitu parah, maka Anda wajib menginstal ulang lagi Windows tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi yang menjadi penyebab komputer Blue Screen. Seperti power supply yang bermasalah, software yang tidak kompatibel dengan sistem dan lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto