Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Penyebab Mobil Injeksi Boros Bisa Jadi Tanda Kerusakan pada Mesin

Penyebab mobil injeksi boros juga bisa menjadikan Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli BBM. Selain itu, kejadian seperti ini juga bisa menjadi pertanda bahwa mobil kesayangan telah mengalami kerusakan pada bagian mesin.

Mobil injeksi yang menjadi boros umumnya terjadi karena permasalahan pada mesin seperti injektor yang tersumbat dan aus pada ring piston.

Pabrikan mobil dengan sistem injeksi memang sengaja memproduksi kendaraan ini untuk kenyamanan penggunanya. Hal ini karena mobil injeksi memungkinkan penggunaan bensin yang lebih irit. Sehingga pengeluaran biaya untuk pembelian bahan bakar juga tidak akan membengkak.

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Namun dalam kondisi tertentu, terkadang mobil injeksi mengalami beberapa permasalahan hingga menyebabkan menjadi boros bensin. Kejadian seperti ini tentunya membuat penggunanya menjadi jengkel sekaligus bingung kenapa mobil injeksi sampai boros.

Sebenarnya agar terhindar dari borosnya bensin pada mobil injeksi, Anda bisa melakukan perawatan berkala atau mengganti komponen secara rutin.

Ketahui Penyebab Mobil Injeksi Boros Bahan Bakar

Mobil dengan sistem injeksi secara teknis harusnya lebih irit bahan bakar bila Anda bandingkan dengan mobil karburator. Apabila pada mobil injeksi sampai boros bahan bakar, artinya terdapat sesuatu yang tidak beres pada mesin.

Anda pun harus mencari kerusakan tersebut agar tahu apa yang menjadi penyebab mobil injeksi sampai mengalami boros bensin. Saat ini kemajuan teknologi otomotif berkembang dengan pesat, baik mobil maupun sepeda motor.

Mulai dari desain bodi, powertrain, kelistrikan, drivetrain, hingga berbagai fitur yang canggih. Bahkan pada bahan bakar sendiri kini semakin sempurna karena bisa lebih irit penggunaannya.

Sebagai contoh, saat ini telah banyak mobil keluaran terbaru dengan sistem injeksi atau fuel injection. Teknologi ini mampu memaksimalkan suplai bahan bakar menuju intake manifold yang menjadikan sempurnanya sistem pembakaran.

Lalu apa kira-kira yang menjadi penyebab hingga mobil injeksi boros bensin?

Filter Udara Tersumbat

Filter udara berfungsi membuat masuknya udara ke ruang bakar menjadi lebih bersih. Namun dengan tersaringnya debu, lama-lama bisa menumpuk hingga menghalangi udara yang akan masuk ke ruang bakar.

Banyaknya debu menumpuk inilah yang kemudian menyumbat udara menuju mesin, sehingga piston bekerja lebih berat. Tak hanya itu saja, terlalu banyaknya debu bisa menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu.

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya 

Kondisi filter udara yang kotor dan tersumbat inilah akhirnya menjadikan mobil injeksi mengalami penurunan performa. Nah, saat tenaga mobil menjadi lemah, Anda pasti akan menginjak gas lebih dalam dengan harapan mobil bisa melaju lebih cepat.

Cara seperti inilah yang menjadi penyebab mobil injeksi menjadi boros bahan bakar. Segera lakukan pembersihan pada filter agar kondisi kendaraan selalu terjaga. Karena jika filter sampai rusak, Anda harus segera mengganti dengan yang baru.

Aus pada Ring dan Piston

Ring piston termasuk dalam komponen yang penting pada mesin mobil. Ring piston dan piston akan otomatis bekerja ketika Anda menggunakan mobil. Lama-lama komponen ini semakin terkikis. Nah, terkikisnya ring dan piston inilah yang menjadi penyebab mobil injeksi boros bahan bakar.

Karena jika komponen tersebut sudah aus, kompresi pada mobil pun akan berkurang. Kompresi pembakaran juga menjadi menurun. Saat kompresi mesin pada kendaraan mulai menurun, otomatis bahan bakar juga semakin cepat terkuras.

Sensor Injeksi dan Aki Bermasalah

Terjadinya masalah pada sensor injeksi dan aki bisa menyebabkan tenaga kendaraan tidak optimal. Ketika kedua komponen ini bermasalah, maka penggunaan bahan bakar pun juga lebih boros dari biasanya. Hal ini karena pasokan bahan bakar ke area bakar tidak sesuai dengan perhitungan normal.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Karena bermasalahnya sensor injeksi dan aki pada mobil, bisa menjadi penyebab boros penggunaan bensin. Sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel terdekat. Dengan begitu, kerusakan dan permasalahan pada komponen mobil bisa segera teratasi.

Adanya Kerak di Ruang Mesin dari Sisa Pembakaran

Untuk menghindari munculnya kerak pada mesin memang tidak bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun bila kondisi seperti ini tidak segera mendapat perawatan, lama-lama kerak akan menumpuk. Selanjutnya ruang bakar menjadi sempit dari sebelumnya yang kemudian menghambat proses pembakaran.

Kondisi seperti ini akan menjadikan mesin mobil injeksi menjadi loyo dan tidak bertenaga. Otomatis Anda pun akan menginjak gas lebih dalam agar mobil mampu berjalan lebih cepat dan bertenaga.

Sayangnya, hal ini justru akan menjadi penyebab mobil injeksi boros bensin. Bila tidak segera Anda bawa ke bengkel, mobil bisa saja mengalami kerusakan yang lebih parah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img