Penyebab Penyakit Keputihan Abnormal yang Wajib Diwaspadai

penyebab penyakit keputihan abnormal
Kenali penyebab penyakit keputihan abnormal. Foto: Ist/Net

Penyebab penyakit keputihan abnormal bisa terjadi karena pengetahuan kita yang kurang. Seperti penggunaan pembalut atau pil KB. Namun, keputihan abnormal juga bisa merupakan tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Keputihan merupakan penyakit yang umum terjadi pada wanita saat ada cairan tidak normal yang keluar dari vagina. Menurut laman Smarter Health, cairan yang keluar ini berisi bakteri dan sel-sel mati.

Sebagai bagian dari mekanisme sistem reproduksi wanita, sebagian besar keputihan merupakan hal yang lumrah terjadi. Proses ini juga berguna untuk mencegah infeksi sekaligus kebersihan organ kewanitaan.

Masalah keputihan merupakan salah satu hal yang terbilang wajar dan kerap terjadi pada wanita. Jika anda mengalami sebaiknya tidak perlu panik, karena ini merupakan bagian dari mekanisme yang lumrah dan alami.

Biasanya memang keputihan ini sendiri menjadi salah satu tanda akan terjadinya menstruasi dan baik untuk mengeluarkan lendir dan membawa sel-sel mati keluar dari tubuh.

Namun, tak jarang terjadi keputihan yang berlebihan dan tidak normal. Apa yang terjadi jika keputihan yang anda alami justru terjadi dalam volume yang berlebihan dan abnormal. Ada banyak faktor penyebab penyakit keputihan abnormal ini.

Maka ini bisa saja menjadi salah satu alarm dan tanda anda mengalami gangguan kesehatan. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kesehatan tubuh anda.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berlebihan, Gejala dan Cara Mengatasinya

Kekentalan keputihan yang lebih pekat dan berbau merupakan salah satu dari tanda keputihan yang abnormal dan memerlukan penanganan untuk menghentikannya.

Faktor Penyebab Penyakit Keputihan Abnormal

Biasanya keputihan berlebih ini bisa menjadi salah satu tanda terjadinya masalah kesehatan serius pada organ reproduksi anda. Berikut ini sejumlah faktor penyebab penyakit keputihan abnormal yang wanita wajib waspada.

Karena Virus

Kedua hal yang satu ini, merupakan salah satu penyebab utama dari adanya infeksi keputihan abnormal pada tubuh anda.

virus yang menjangkiti tubuh anda ini, bisa jadi seperti virus HIV/AIDS yang disertai adanya penyakit herpes, hingga condyloma yang menyebabkan terjadinya kutil hingga bau tidak sedap pada area organ reproduksi anda.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Kuning dan Penyebabnya yang Wajib Anda Tahu

Bakteri Gardnella

Penyebab keputihan yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan keputihan menjadi abnormal. Gangguan ini terutama akibat serangan bakteri Gardnella.

Biasanya karena faktor bakteri gardnella ini akan menjadikan keputihan lebih encer, berbau amis, dan berbuih, hingga berwarna keabuan dan terasa gatal yang mengganggu.

Jamur Monilia atau Candidas

Selain bakteri dan virus, penyebab penyakit keputihan abnormal juga bisa karena terjadinya infeksi jamur. Gangguan ini bisa terjadi karena serangan jamur monilia atau candidas.

Jenis jamur ini biasanya akan menimbulkan masalah gatal pada organ reproduksi dan radang disertai keputihan.

Biasanya jamur ini juga bisa datang karena anda menderita penyakit diabetes, hingga penggunaan PIL KB. Kondisi ini membuat anda rentan terserang jamur, karena daya tahan tubuh tidak stabil.

Baca Juga : Macam-macam Penyakit Kanker dan Gejalanya, dari Serviks Hingga Kulit

Parasit Trichomonas Vaginalis

Biasanya parasit ini sendiri bisa menjangkiti tubuh dan menyebabkan keputihan dengan beberapa faktor. Misalnya tertular dari perlengkapan kamar mandi yang tidak bersih yang ada pada bibir kloset, atau menular melalui hubungan intim secara biologis.

Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya untuk kesehatan organ reproduksi anda. Karena jamur tersebut, maka keputihan yang terjadi akan terasa berbau anyir, berwarna hijau dan menimbulkan rasa gatal yang berlebih.

Karena Pembalut

Hal selanjutnya yang bisa menjadi faktor penyebab penyakit keputihan abnormal adalah dari penggunaan pembalut. Pembalut memang sangat membantu ketika sedang dalam periode menstruasi.

Namun, faktor ini bisa menyebabkan infeksi bakteri jika anda jarang mengganti pembalut. Hal ini bisa menyebabkan area reproduksi anda terserang bakteri penyebab keputihan abnormal.

Makanan yang Tidak Sehat

Faktor makanan juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh maupun kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan anda. Asupan nutrisi dan vitamin merupakan hal yang sangat diperlukan agar hormon dalam tubuh menjadi normal.

Untuk mengatasi masalah keputihan tidak normal ini sebaiknya cukupi kebutuhan buah dan sayur anda. Jangan lupa pula untuk selalu mengonsumsi air putih secara cukup.

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit keputihan abnormal. Jika anda mengalaminya sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Anda perlu menangani keputihan secara intens untuk mencegah dampak yang lebih parah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah