Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Mobil Ambles
Ilustrasi Penyebab Rem Mobil Ambles. Foto: Ist/Net

Penyebab rem mobil ambles biasanya terjadi karena 2 hal. Pertama karena pada sistem pengereman di dalam saluran minyak rem terdapat gelembung udara.

Kedua karena master cylinder mengalami kerusakan atau aus pada komponennya. Kerusakan pada master cylinder menyebabkan bagian ini tidak dapat memompa fluida, sehingga pada saat menginjak rem menjadi ambles.

Baca Juga : Rem Mobil Berbunyi Saat Diinjak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika kondisi seperti ini tidak segera mendapat perawatan, tentu saja bisa membahayakan pengendara dan penumpang. Karena rem yang ambles ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Sehingga sebaiknya selalu lakukan pengecekan rutin agar bisa tahu jika ada komponen yang tidak normal.

Ketahui Penyebab Rem Mobil Ambles dan Cara Mengatasinya

Permasalahan umum yang sering terjadi pada sistem pengereman kendaraan yaitu rem yang terasa keras. Lalu rem yang kurang pakem, mengeluarkan bunyi ketika menginjaknya, bahkan ambles.

Tentu saja permasalahan seperti itu mengurangi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Karena jika memaksakan untuk mengendarai mobil, justru sangat berisiko terhadap pengendara lainnya.

Rem merupakan salah satu sistem keamanan yang berfungsi untuk menghentikan laju mobil. Kinerja dari rem ini sangatlah menentukan keselamatan selama berkendara.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Terlalu Dalam Lengkap dengan Cara Mengatasinya 

Namun tak jarang memang saat menggunakan mobil ternyata rem sudah dalam keadaan bermasalah. Lalu apa kira-kita penyebab rem mobil hingga menjadi ambles? Berikut penjelasannya.

Rem Mobil Kemasukan Udara atau Masuk Angin

Tahukah kalian jika komponen mobil juga bisa mengalami masuk angin?. Masuk angin atau masuknya gelembung udara ke dalam sistem pengereman pada mobil berpotensi menjadi penyebab rem mobil ambles.

Hal ini karena udara bersifat fleksibel. Jadi, pada saat minyak rem tekanannya naik, secara otomatis udara di saluran hidrolis akan menyerap tekanan hidrolis itu dan menjadikan kaliper rem tidak mendapat tekanan.

Penyebab masuk angin yang paling umum dan sering terjadi karena minimnya volume minyak rem pada reservoir. Walaupun saat kalian mengeceknya terakhir kali masih dalam kondisi penuh. Namun seiring penggunaan kendaraan, kampas rem akan menipis sehingga menyebabkan menurunnya volume minyak rem tersebut.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi

Apabila minyak rem volumenya sangat sedikit dengan kondisi mobil yang terkadang miring, maka sangat mungkin pada lubang inlet master rem menjadi kemasukan udara. Masuknya udara inilah yang menjadi penyebab rem mobil sering ambles.

Cara mengatasi masuk angin ini dengan bleeding. Kalian harus menekan atau mengocoknya secara bolak-balik pada bagian pedal rem. Lakukan hal ini sampai rem terasa berat, kemudian dengan cepat buka nipple bleeder menggunakan kunci ring 12/10.

Setelah terbuka, akan terlihat adanya gelembung udara yang keluar dari nipple. Teruslah lakukan kembali sampai gelembung benar-benar hilang. Dengan begitu, penyebab rem mobil yang ambles telah kalian atasi dengan baik dan benar.

Kerusakan pada Master Rem

Master rem merupakan input hidrolik dengan fungsi merubah dorongan pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Ketika bagian ini mengalami kerusakan, tekanan hidrolik menjadi lebih kecil. Hal ini menimbulkan masalah baru seperti rem mobil ambles atau ngempos.

Master rem bekerja dengan memanfaatkan piston dalam tabung silinder. Sehingga piston terhubung ke pedal rem. Saat menekan pedal rem akan menyebabkan piston terdorong dan minyak rem dalam tabung silinder juga terdorong. Akibatnya minyak rem tekanannya menjadi naik.

Namun terdapat komponen yang bisa merapatkan celah antara silinder dan piston agar tidak bocor, yaitu seal piston. Akan tetapi jika seal piston ini rusak, akan menyebabkan minyak rem bocor. Jadi, tekanan minyak pun menjadi drop. Hal ini tentunya menjadikan penyebab rem mobil menjadi ambles.

Untuk cara mengatasinya, terdapat dua pilihan. Kalian bisa mengganti bagian master rem yang rusak atau dengan mengganti satu unit master rem.

Pilihan pertama tentunya lebih murah karena kalian hanya perlu mengganti seal saja. Namun pilihan ini memerlukan tenaga ahli. Pasalnya, untuk membongkar unit master rem yang cukup rumit.

Sebaliknya, jika kalian memilih membawa ke bengkel resmi, biasanya pihak bengkel lebih menyarankan untuk mengganti satu unit master rem. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan yang sama di bagian serupa sekaligus mengatasi penyebab rem mobil yang ambles. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto