Penyebab Setir Mobil Speleng yang Harus Kalian Ketahui

Penyebab Setir Mobil Speleng
Ilustrasi Penyebab Setir Mobil Speleng. Foto: Ist/Net

Penyebab setir mobil speleng tentu saja merupakan gangguan yang menjadikan berkendara menjadi tidak nyaman. Setir mobil sendiri merupakan salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk menyalurkan gerak pengemudi menuju roda mobil.

Dengan adanya setir, pengemudi bisa membelokkan kendaraan dengan memutar setir. Setiap pemilik mobil pasti menginginkan kondisi mobilnya selalu prima dan nyaman saat berkendara.

Baca Juga : Posisi Setir Mobil di Indonesia Lengkap dengan Sejarah Singkatnya

Terlebih jika melakukan perjalanan yang cukup jauh, tentunya tidak ingin mendapat kendala di tengah jalan. Namun terkadang dalam berkendara terdapat masalah seperti kemudi yang terasa bergoyang.

Kondisi setir mobil yang speleng selain membuat tidak nyaman pengemudinya, juga sangat membahayakan. Tak hanya untuk pengemudi, namun juga penumpangnya. Karena sopir akan kesulitan untuk menggerakkan atau membelokkan kendaraan dengan memutar setir.

Ketahui Penyebab Setir Mobil Speleng yang Kerap Menimbulkan Masalah Saat Berkendara

Tahukah kalian apa yang menyebabkan setir mobil speleng? Ada beberapa hal yang dapat memicu masalah ini, biasanya berkaitan dengan pengereman. Meskipun tidak serumit kerusakan pada mesin, namun tetap saja setir yang speleng sangat mengganggu dan berisiko.

Kalian pasti tahu jika setir mobil memiliki fungsi sebagai penghubung antara pengendaranya menuju roda mobil. Hal ini akan memungkinkan pengendaranya untuk belokkan mobil ke tempat yang ia inginkan hanya dengan memutar setirnya.

Untuk itu, ketika setir mulai speleng, segeralah untuk mengatasinya sedini mungkin agar terhindar dari kerusakan yang semakin buruk.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Oblak, Segera Cek dan Ketahui Cara Mengatasinya

Lalu seperti apa penyebab setir mobil speleng sehingga bisa membuat berkendara menjadi terganggu dan tidak nyaman. Hal ini sering kali menjadi pertanyaan. Agar tidak semakin penasaran, berikut kami jelaskan beberapa penyebabnya.

Kampas Rem Tersumbat atau Kotor

Kampas rem yang kotor menjadi salah satu penyebab setir mobil menjadi speleng. Untuk itu, jika ada sesuatu yang menyelip di dalam kampas rem, sebaiknya segera lakukan pembersihan.

Caranya dengan membuka roda yang ada pada bagian depan. Selanjutnya lakukan pengecekan pada bagian kampas rem apakah ada sesuatu yang menghalangi pengereman pada mobil.

Proses pembersihan rem bisa kalian lakukan dengan menggunakan bensin, tujuannya agar kotoran dapat bersih secara merata. Apabila mobil menggunakan sistem pengereman disc brake, maka kalian melakukan penyemprotan dan penyiraman bensin pada bagian kampas rem.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi

Namun jika mobil kalian masih menggunakan rem tromol, maka kalian harus membuka rumah tromol terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan pembersihan dengan menggunakan bensin hingga kondisi rem benar-benar bersih.

Piston Rem Dalam Kondisi Macet

Kebocoran pada piston rem juga menjadi penyebab terjadinya setir mobil yang terasa speleng atau bergoyang. Untuk itu, kalian harus melakukan pengecekan dengan menekan pedal rem seperti sedang mengocok. Dengan begitu, akan kalian ketahui apakah kondisi piston masih baik atau tidak.

Nah, untuk mengecek bagian ini membutuhkan 2 orang, yaitu satu bertugas mengocok pedal dan satunya lagi melihat piston. Apabila piston rem bocor, sebaiknya membawanya ke bengkel untuk perbaikan. Namun jika tidak memungkinkan, maka bisa melakukan pergantian dengan yang baru.

Komponen Sistem Pengereman Lengket

Komponen rem mobil yang lengket juga bisa menjadi penyebab setir mobil terasa speleng. Sehingga putaran roda menjadi tidak maksimal karena vakum angin tidak berada di tempat semula. Selanjutnya kalian harus melakukan pengecekan pada keempat roda apakah ada komponen yang lengket atau tidak.

Untuk memeriksanya dengan memasangkan dongkrak sampai keempat roda terangkat. Lanjutkan dengan memutar masing-masing roda untuk mengetahui roda mana yang putarannya tidak baik. Jika ada salah satu yang kurang maksimal, bisa jadi ada masalah pada sistem pengeremannya.

Kampas Rem Mobil Telah Aus

Ketika kampas rem aus, maka kinerja rem hanya bisa berfungsi sebelah saja. Apabila sudah begitu, biasanya setir mobil menjadi speleng sehingga menjadi penyebab tidak nyamannya berkendara.

Untuk itu, lakukan pengecekan ketebalan kampas. Jika ternyata kampas rem telah aus, untuk mengatasinya dengan mengganti rem kampas.

Karena kampas yang menipis menyebabkan kinerja dari sistem pengereman tidak maksimal. Akibatnya setir mobil akan terasa speleng atau bergoyang.

Penjelasan mengenai penyebab setir mobil speleng di atas bisa kalian ketahui. Hal tersebut tentunya harus seimbang dengan cara merawat mobil yang baik dan benar. Sehingga jika terjadi kerusakan pada mobil, kalian bisa segera memperbaikinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto