Penyebab Telinga Gatal, dari Kotoran Hingga Infeksi Berbahaya

penyebab telinga gatal
Kenai penyebab telinga gatal. Foto: Ist/Net

Ada banyak faktor penyebab telinga gatal yang sering kita alami. Selain karena kotoran dan kurang rajin kita membersihkan telinga, gangguan ini juga bisa merupakan gejala dari kondisi yang lebih parah.

Telinga gatal sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan mungkin hampir setiap orang pernah mengalaminya. Akan tetapi jika berlangsung terus menerus penting untuk mengenal faktor yang menyebabkan gangguan telinga tersebut.

Ketika telinga gatal berlangsung terus menerus, bisa jadi kondisi tersebut bukan terjadi karena kotoran pada telinga semata. Kemungkinan kondisi ini bisa terjadi karena adanya faktor lain seperti infeksi atau semacamnya.

Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya

Jika anda mengalami telinga gatal yang terus menerus, bahkan selalu Anda bersihkan sebaiknya waspadai. Nah, berikut ini beberapa faktor penyebab telinga gatal serta cara mengatasinya yang sebaiknya anda tahu.

Kotoran Telinga yang Menumpuk

Munculnya ear wax atau cairan kuning di dalam telinga sebenarnya merupakan hal yang wajar. Munculnya ear wax atau cairan kuning pada telinga berguna untuk membersihkan sel kulit mati serta kotoran yang ada di dalam rongga telinga.

Baca Juga : Tenggorokan Panas dan Gatal, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Akan tetapi jika sudah terlalu banyak mengalami penumpukan dan tidak segera kita bersihkan, rasa gatal bisa menyerang tiba-tiba.

Solusinya, Anda perlu membersihkan telinga Anda dengan cotton bud paling tidak satu minggu sekali agar telinga Anda bersih dan tidak ada penumpukan cairan kuning atau ear wax.

Infeksi Telinga

Penyebab telinga gatal yang selanjutnya seringkali terjadi adalah karena adanya infeksi pada telinga. Seperti virus, jamur atau bakteri. Selain itu kondisi telinga yang kemasukan air juga dapat memicu infeksi.

Terlebih ketika air yang masuk ke dalam rongga telinga tidak segera kita bersihkan, maka hal tersebut memicu terjadinya kelembaban pada daerah telinga dan pada akhirnya membuat infeksi terjadi.

Biasanya ketika telinga gatal karena infeksi yang terjadi, ada gejala lain yang turut muncul. Seperti nyeri pada telinga, keluarnya cairan yang berbau dan berwarna kuning pekat, demam, telinga berdengung sampai dengan gangguan pendengaran.

Baca Juga : Bahaya Mengerikan Akibat Sering Menggunakan Headset

Jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi telinga, beberapa cara pengobatan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Meredakan rasa sakit pada telinga menggunakan handuk hangat
  • Menghilangkan atau meredakan nyeri pada telinga dengan minum obat paracetamol atau ibuprofen.
  • Pemberian obat dekongestan. Obat dekongestan seperti pseudoefedrin dapat kita gunakan untuk meredakan telinga tersumbat

Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi terjadinya peradangan kronis pada kulit sekitar telinga. Kondisi ini biasanya menyebabkan area yang terjadinya radang tersebut mengalami penebalan.

Banyak kasus penyebab telinga gatal karena gangguan ini. Rasa gatal yang terasa oleh penderita psoriasis biasanya akan terpusat pada telinga bagian luar dan bukan telinga bagian dalam.

Selain gatal, ciri-ciri telinga yang mengalami kondisi psoriasis adalah nyeri ketika kita sentuh, bersisik, dan timbul bercak merah pada bagian telinga yang gatal.

Baca Juga : Penyebab Flu dan Batuk, Gejala serta Cara Mengatasinya yang Efektif

Jika Anda mengalami gangguan ini, untuk mengobati masalah psoriasis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Mengoleskan obat atau krim yang dapat meredakan gejala gatal (biasanya obat ini merupakan resep dari dokter kulit)
  • Melakukan terapi cahaya
  • Jika tingkat keparahan dari psoriasis tinggi, maka Anda harus segera ke dokter dan nantinya dokter akan memberikan anjuran obat yang harus kita konsumsi.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya psoriasis, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti:

  • Rajin mandi minimal dua kali dalam sehari
  • Menggunakan pelembab agar kulit tidak kering
  • Sering-seringlah berjemur di bawah sinar matahari karena akan sangat baik untuk kulit, akan tetapi jangan di atas jam 9 dan jangan terlalu lama.

Alergi Makanan

Alergi makanan selain dapat mengakibatkan gatal pada kulit juga dapat menjadi penyebab telinga gatal. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu alergi pada seseorang, diantaranya susu sapi, telur, kacang-kacangan, udang atau berbagai jenis seafood lainnya.

Bagi Anda yang mengalami alergi makanan, untuk menghindari kulit terasa gatal dan telinga terasa gatal, sebaiknya Anda hindari makanan penyebab alergi tersebut. Ganti dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur untuk menghindari alergi.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab telinga gatal pada seseorang. Pastikan Anda membersihkan area telinga secara teratur termasuk bagian daun telinganya agar tidak mengalami masalah yang telah kita bahas tersebut. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah