Penyebab Tubuh Sering Sakit, Jangan Disepelakan!

Penyebab Tubuh Sering Sakit
Penyebab Tubuh Sering Sakit. Foto: Ist/Net

Penyebab tubuh sering sakit berikut ini perlu kamu waspadai. Jika sistem kekebalan atau imun tidak berfungsi semestinya, maka berbagai masalah kesehatan bisa menyerang. Kondisi ini mengakibatkan rutinitas harian terganggu. Kamu jadi tak bisa bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Sistem imun yang menurun bisa terjadi akibat kekurangan vitamin atau makanan bergizi. Hal ini akan membuat tubuh lemah dan cenderung mudah sakit. Menurut Times of India, salah satu penyebab sistem umum menurun adalah keseringan duduk.

Ini Penyebab Tubuh Sering Sakit

Supaya terhindar dari penyakit ringan dan berbahaya, kamu wajib memperhatikan diri sendiri. Tujuannya agar sistem imun tubuh menjadi kuat untuk menangkal penyakit. Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang perlu kamu hentikan.

Baca Juga: Manfaat Micellar Water, Pembersih Wajah Sejuta Umat

Kurang Tidur

Sering begadang dan jam tidur tidak teratur bisa jadi penyebab tubuh sering sakit. Tidur merupakan kebutuhan mendasar yang membentuk pikiran dan tubuh. Apabila kebutuhan tersebut tidak bisa kita penuhi, maka kesehatan pun akan terganggu.

Saat tidur, tubuh menggunakan sel-sel dalam darah untuk bekerja melawan penyakit. Jika kamu tidak mendapat waktu tidur yang cukup, maka sel-sel darah ini tidak bisa bekerja dengan baik. Pastikan kamu memiliki waktu cukup untuk tidur agar tubuh dapat melawan penyakit.

Kurang Gizi

Sudah makan teratur, tapi masih sering sakit-sakitan? Coba periksa asupan harian pada nutrisi makanan. Apakah sudah cukup vitamin, mineral, serat, dan protein? Kekurangan gizi juga merupakan salah satu penyebab tubuh sering sakit.

Junk food, gorengan, makanan manis, dan berlemak tinggi tidak memberi gizi yang cukup. Kamu harus lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah agar mendapat nutrisi cukup.

Baca Juga: Jangan Mengucek Mata, 5 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu

Kurang Minum

Kurang minum air putih dan lebih suka minuman manis, kopi atau teh juga bisa berdampak buruk pada sistem imun. Tubuh manusia membutuhkan komponen air, dimana setiap jaringan dan organ bergantung padanya. Air membantu menyebarkan nutrisi ke setiap sel tubuh.

Ketika berkemih, buang air besar, bernapas, dan berkeringat, tubuh akan kehilangan cairan. Pastikan kamu mengkonsumsi air minum yang cukup agar tidak dehidrasi. Mencukupi kebutuhan air minum dapat membantu tubuh menghindari penyakit.

Kurang Olahraga

Terlalu lama duduk seharian dan jarang bergerak bisa menimbulkan masalah kesehatan. Kamu perlu berolahraga rutin untuk meningkatkan sistem imun. Khususnya bagi kamu yang duduk dari pagi hingga sore, hal ini berpengaruh pada metabolisme.

Pada orang yang keseringan duduk, penyerapan nutrisi akan terjadi lebih lambat. Hal ini yang jadi penyebab tubuh sering sakit. Untuk mencegahnya, lakukan peregangan per setengah jam kerja. Gerakan-gerakan kecil yang dilakukan perlahan akan meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan otot di tubuh.

Lingkungan yang Kotor

Rumah atau kantor tempat kamu berada juga bisa mempengaruhi kesehatan. Jika udara tercemar, maka lingkungan bisa jadi penyebab tubuh sering sakit. Kualitas udara dapat membahayakan sistem pernapasan dan menimbulkan reaksi alergi.

Agar tidak terserang penyakit, selalu gunakan masker dan penjernih udara (purifier) di rumah. Tindakan ini dapat mencegah kita menghirup udara yang tercemar. Purifier bisa menyaring kotoran dan bakteri untuk meningkatkan kualitas udara pada ruangan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu