Perawatan Power Window Mobil Agar Tidak Seret Saat Digunakan

Perawatan Power Window
Ilustrasi Perawatan Power Window. Foto: Ist/Net

Perawatan power window sangat perlu untuk Anda lakukan guna menghindari macetnya kaca saat melakukan gerakan naik turun. Karena teknologi power window ini bisa memudahkan Anda dalam menggerakkan kaca pada jendela mobil.

Jika sebelumnya Anda membutuhkan tenaga untuk memutar tuas, dengan adanya teknologi ini tinggal memencet tombol saja untuk menurunkan kaca jendela.

Dengan perkembangan teknologi ini memungkinkan Anda untuk membuka seluruh kaca mobil dengan tombol tersebut, bahkan dari panel di sisi driver.

Baca Juga : Power Window Macet, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun tak dapat Anda pungkiri yang namanya teknologi berpeluang untuk mengalami kerusakan. Salah satu akibat dari rusaknya teknologi power window yaitu mengakibatkan sulitnya untuk membuka kaca jendela pada kendaraan.

Inilah Perawatan Power Window Agar Kaca pada Jendela Mobil Tidak Seret

Power window mobil merupakan salah satu komponen dan fitur yang sangat berguna bahkan memberi kemudahan pada pengguna kendaraan.

Dengan teknologi ini, pengemudi dapat mengatur seluruh kaca jendela dari satu titik saja. Selain itu, power window juga mempermudah penumpang untuk mengatur naiknya kaca jendela dengan menekan tombol saja.

Secara konstruksi, power window mobil tidak berbeda jauh dengan penggunaan tuas atau engkol pada jendela konvensional. Hanya saja untuk menggerakkan gerigi penggerak, power window sudah menggunakan motor. Nah, jika Anda menekan tombol power window dan tidak mendengar suara, kemungkinan komponen tersebut telah rusak.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada power window? Tentunya dengan melakukan perawatan berkala.

Anda bisa membersihkan rel pada jalur karet kaca. Dengan begitu, debu yang menempel juga menjadi bersih. Untuk perawatan power window lainnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Hindari untuk Tidak Menggunakan Power Window Sama Sekali

Jika kendaraan jarang memiliki penumpang sehingga Anda lebih sering menggunakan mobil sendirian, maka Anda harus mewaspadai power window kaca belakang akan macet, karena terlalu lama tidak terpakai.

Power window adalah sistem mekanik yang tetap perlu beroperasi untuk menjaga fungsinya dengan normal. Sehingga Anda perlu membuka dan menutup jendela kaca mobil secara berkala untuk membuatnya lebih awet.

Baca Juga : Penyebab Kerusakan Power Window, Cek Beberapa Komponen Ini

Cara perawatan power window dengan langkah ini memang sangat sepele, namun nyatanya bisa mencegah kerusakan pada komponen tersebut.

Perhatikan Keadaan Karet Kaca Mobil

Tanpa Anda sadari karet pada kaca mobil yang sudah getas dan kotor juga berpotensi membuat power window bermasalah. Hal ini karena kotoran dan bagian karet bisa rontok, lalu masuk ke sela-sela kaca mobil sehingga menimbulkan karat.

Untuk melakukan perawatan pada sistem power window, sebaiknya perhatikan keadaan karet dan jangan ragu menggantinya jika telah mulai mengeras. Karena selain bisa rusak power window, karet kaca yang sudah mengeras ini berpotensi membuat baret pada kaca mobil.

Gunakan Seperlunya

Meskipun power window akan mengalami kerusakan jika Anda jarang menggunakannya, bukan berarti komponen ini juga harus sering bekerja. Karena semakin sering menggunakannya, power window akan semakin cepat rusak.

Baca Juga : Pengait Pintu Mobil Rusak, Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki 

Agar lebih awet, sebaiknya Anda menurunkan kaca jendela pada mobil seperlunya saja. Setidaknya turunkan sedikit kaca jendela untuk memasukkan udara dari luar ke dalam mobil. Jadi, tidak perlu menurunkan kaca sampai keseluruhan.

Anda juga bisa melakukan perawatan power window ini dengan menjaga tombol dari tangan usil anak atau keponakan yang masih kecil. Karena memainkan tombol power window secara sembarangan, sangat berpotensi untuk mempercepat kerusakan.

Bersihkan Kaca Mobil Jika Kotor

Menjaga kebersihan area kaca jendela pada mobil juga termasuk dalam salah satu perawatan pada power window. Kaca mobil lebih rentan kotor ketika Anda melakukan perjalanan jauh atau menempuh rute berdebu dan berlumpur.

Untuk itu, jangan lupa membersihkan seluruh kaca mobil dan karet jendelanya. Pada saat mencuci mobil, jangan lupa menggunakan shampo dengan kualitas baik agar kelembaban dan elastisitas karet tetap terjaga.

Cek Kondisi Tombol Secara Berkala

Perawatan untuk menjaga kondisi tombol power window bisa Anda lakukan dengan melakukan pengecekan secara berkala. Setidaknya periksa komponen ini setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah kinerja membuka dan menutup kaca jendela mobil masih lancar atau seret.

Anda juga bisa melakukan perawatan ini ke bengkel bersamaan dengan saat melakukan service mobil. Selain melakukan pengecekan terhadap kesehatan pintu mobil, Anda juga dapat meminta perawatan pada power window seperti tambahan minyak pelumas ataupun pembersihan dari dalam supaya lebih awet. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto