Perbedaan Paviliun dan Kost Secara Detail Agar Lebih Paham

Perbedaan Paviliun dan Kost
Ilustrasi Perbedaan Paviliun dan Kost. Foto: Ist/Net

Perbedaan paviliun dan kost memang sangat tipis. Bahkan kebanyakan orang menganggapnya sama. Namun tahukah Anda keduanya memiliki perbedaan yang nyata.

Banyak mereka yang menganggap paviliun adalah area atau ruangan rumah sakit. Padahal sebenarnya bukan seperti itu maksudnya. Begitu juga kost yang identik dengan tempat tinggal ramai-ramai. Mari kita ulas secara detail baik pengertian hingga makna sebenarnya.

Ini Perbedaan Paviliun dan Kost Untuk Tempat Tinggal

Bagi Anda yang penasaran, berikut penjelasannya.

Paviliun

Pengertian paviliun adalah ruangan atau bangunan yang terpisah dari rumah induk. Selain itu, menjadi rumah tunggal yang lengkap dengan kamar mandi serta kamar tidur.

Paviliun lebih terkenal dengan rumah kecil. Biasanya bersanding dengan rumah utama. Sehingga memang berdesain menempel pada bangunan utama. Namun ada juga yang terpisah.

Untuk bangunan yang menempel pada bangunan utama, biasanya ada akses dari dalam rumah menuju paviliun. Namun untuk paviliun terpisah biasanya dibangun jalan setapak untuk menghubungkannya dengan rumah utama.

Perbedaan paviliun dan kost tentu saja pada segi bangunan. Kost hanyalah kamar atau ruangan. Sekarang ini banyak orang membangun paviliun untuk dijadikan kost kostan. Sehingga bisa menjadi investasi atau mendatangkan keuntungan.

Baca Juga: Penataan Ruang Tengah Agar Penghuni Rumah Semakin Nyaman

Paviliun biasanya ditinggali mereka yang sudah berkeluarga. Sehingga seperti tempat tinggal sendiri. Dalam paviliun tersebut hanya terdapat satu keluarga saja dan tidak ada orang lain lagi yang tinggal di sana selain pemilik paviliun.

Selanjutnya yang membedakannya adalah paviliun umumnya sewanya per tahun. Sehingga sistem pembayarannya juga setahun sekali. Hal tersebut untuk sewa jangka panjang. Bagi mereka yang menginginkan sewa beberapa tahun sekaligus juga bisa.

Perbedaan dengan kost, paviliun biasanya hanya satu lingkup saja dan tidak berderet. Karena paviliun berbentuk rumah untuk yang ingin menyewa dan segala keperluan baik biaya listrik dan air, menjadi tanggung jawab penghuni paviliun.

Beberapa orang beranggapan jika paviliun adalah rumah kontrakan. Seperti halnya kontrakan, paviliun sering bermanfaat bagi mereka yang berpindah membawa seluruh keluarganya dan menjadi tempat tinggal sementara.

Kost

Kost merupakan persewaan kamar untuk ditinggali. Umumnya hanya berupa kamar yang berisi kamar tidur dan kamar mandi saja. Sehingga tidak dapat digunakan untuk aktivitas lainnya.

Kost biasanya sudah tersedia kasur dan kamar mandi saja. Sehingga pengguna harus mengusahakan sendiri barang serta kebutuhannya.

Sewa kost sama saja menyewa kamar. Nah, Anda tentu hanya mendapatkan kamar saja bukan? Ada juga kost yang sudah menyediakan alat-alat dapur, ruang TV, dan lainnya. Hal tersebut merupakan perbedaan paviliun dan kost.

Namun penghuninya dalam jumlah banyak, karena kamarnya juga tersedia banyak. Otomatis mereka dapat saling sua dalam satu bangunan kostan.

Selain itu, kost umumnya ditinggali oleh orang lajang. Seseorang tersebut memilih tinggal di kost karena tujuan kuliah, pekerjaan, atau lainnya. Sehingga tidak dapat terpakai untuk yang berkeluarga.

Perbedaan lainnya dari segi sistem pembayaran. Kost pembayarannya setiap bulan atau bulanan. Sehingga memudahkan mereka yang ingin berpindah kost jika masa tinggal mereka berakhir atau kuliahnya selesai setiap saat.

Kost umumnya berderet dan dihuni banyak pribadi yang tak saling mengenal. Karena fasilitasnya hanya berbentuk kamar, sehingga ruangannya juga lebih sempit. Berbeda dengan paviliun atau rumah kontrakan.

Keuntungan dari kost sendiri tentu dari segi biaya yang tidak kita tanggung. Meskipun menggunakan listrik dan air, namun harga yang terbayar hanyalah biaya kost. Nah, inilah perbedaan paviliun dan kost.

Baca Juga: Profil Dinding Rumah Minimalis Menjadikan Rumah Lebih Menarik

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya kost merupakan sebuah kamar dalam sebuah rumah yang sewanya bulanan, sedangkan paviliun merupakan rumah kecil yang sewanya untuk tempat tinggal bayar tahunan.

Selain itu, kost umumnya lebih banyak tersedia di dekat perkuliahan, kantor-kantor, pabrik, dan mall-mall. Sedangkan paviliun umumnya menempel dengan rumah utama pemilik atau area tersendiri yang berbentuk rumah pribadi keluarga.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi serta berkeluarga, tentunya memilih paviliun adalah yang paling tepat. Hal tersebut dapat memberikan kemudahan aktivitas anggota keluarga.

Sedangkan Anda yang masih sendiri atau lajang, Anda dapat menyewa kost saja untuk tempat tinggal. Ada juga mereka yang memilih menyewa rumah kontrakan untuk tinggal bersama-sama teman. Nantinya biaya sewa ditanggung bersama untuk mendapatkan keleluasaan. Kenali perbedaan paviliun dan kost yang dapat Anda ketahui.  (R10/HR Online)

Editor: Jujang