Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPerguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Incaran Pelajar

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Incaran Pelajar

Perguruan tinggi terbaik bukan hanya menjadi tujuan utama dari pelajar SMA yang akan lulus. Dengan berkuliah di perguruan tinggi tersebut Anda akan mendapat pendidikan terbaik.

Saat ini adalah waktunya penerimaan untuk mahsiswa baru pada banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Lulusan SMA dan sederajat berlomba-lomba untuk dapat lulus dan berkuliah.

Apalagi jika dapat berkuliah pada perguruan tinggi negeri pastilah memiliki nilai lebih dari pada swasta. Bukan hanya menjadi kebanggaan juga lebih menjanjikan saat hendak mencari kerja lainnya.

Karena banyak perusahaan yang ada di Indonesia lebih menyukai menerima lulusan dari perguruan tinggi tertentu. Sehingga beberapa dari kampus tersebut menjadi idola dan incaran banyak pelajar.

Bukan hanya karena kemungkinan dapat pekerjaan pada perusahaan lebih mudah saja. Kualitas pendidikan yang lebih baik serta standar yang tinggi menjadi apa yang ada pada kampus tersebut.

Kampus yang menjadi terbaik umumnya merupakan tingkat negeri dengan beberapa nilai atau poin lebih yang ada. Hal tersebut menjadi ssebuah penilaian setiap tahunnya untuk mengetahui kualitas yang ada.

Meskipun merupakan perguruan tinggi negeri, akan tetapi Anda harus menyiapkan dan cukup besar. Apalagi jika jurusan yang Anda pilih merupakan favorite dan pastinya memiliki kebanggaan yang lebih besar.

Namun meskipun begitu, apa yang akan Anda terima saat bekerja nanti seimbang. Kesempatan bekerja lebih besar serta dapat pula melanjutkan ke luar negeri melalui jalur beasiswa.

Perguruan tinggi terbaik saat ini cukup tersebar pada beberapa kota besar. Selain itu merupakan kampus yang berumur cukup lama hingga ada yang telah ratusan tahun.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri saat Anda bisa berkuliah pada salah satu kampus terbaik tersebut. Menjadi seorang mahasiswa baru pada kampus favorite bukan hanya membanggakan juga menjanjikan.

Namun semua itu harus Anda imbangi dengan serius belajar. Menjadi lulusan terbaik, akan jauh lebih membanggakan.

Daftar Perguruan Tinggi Favorite Yang Ada Saat Ini

Saat ini tengah berlangsung proses penerimaan mahasiswa baru secaraserentak atau nasional. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, mandiri hingga jalur lainnya termasuk yang juga yang swasta.

Pada beberapa perguruan tinggi negeri yang masuk dalam ujian masuk tersebut ada yang termasuk dalam daftar terbaik. Seperti rilis baru-baru yang menempatkan beberapa kampus sebagai deretan terbaik.

Survey yang berasal dari lembaga luar negeri yang juga menempatkan kampus tersebut dalam tingkat dunia. Berikut ini daftar kampus terbaik serta favorite yang ada di Indonesia.

Universitas Indonesia

Kampus yang dinabatkan dalam terbaik di Indonesia ini berada di Jakarta. Menjadi kampus yang berumur cukup lama juga berada dalam peringkat ke 801 dunia.

Kampus ini menjadi salah satu favorite untuk para pelajar seluruh Indonesia. Memiliki skor 25,1 hingga 30,1 tingkat dunia berdasarkan beberap hal diantaranya :

  1. Teaching sebesar 37,6 %
  2. Research sebesar 20,7 %
  3. Citations sebesar 15,2 %
  4. Internasional outlook sebesar 51,3 %
  5. Industry income sebesar 84,5 %

Institut Teknologi Bandung atau ITB

Kampus dengan lambang gajah atau dewa Ganesha ini berada di Bandung dan menjadi terbaik serta favorite. Dengan beberapa jurusan unggulan, kampus ini menduduki peringkat 1001+  dunia.

Anda pasti mengenal nama kampus ini yang termasuk bergengsi jika dapat berkuliah di ITB. Dengan skor sebesar 10,3 hingga 25 dengan rincian berikut ini :

  1. Teaching sebesar 22,9 %
  2. Reasearch sebesar 16,5 %
  3. Citations sebesar 17,3 %
  4. Internasional outlook sebesar 29,5 %
  5. Industry income sebesar 89,7 %

Universitas Bwawijaya

Berada di kota Malang, Jawa Timur dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dengan beberapa jurusan yang menjadi incaran paar pelajar dari seluruh Indonesia.

Kampus ini menempati peringkat 1001+ dunia dengan skor 10,3 hingga 25. Berikut ini rincian skor atau nilai yang diperolehnya.

  1. Teaching sebesar 16,9 %
  2. Research sebesar 8,7 %
  3. Citations sebesar 10,2 %
  4. Internasional outlook sebesar 21,9 %
  5. Industry income sebesar 36,3 %

Universitas Diponegoro

Kampus yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah dan sejak lama menjadi favorite. Kampus ini selalu masuk dalam daftar incaran para pelajar SMA unutk melanjutkan kuliah.

Universitas Diponegoro bukan hanya terbaik di Indonesia juga masuk dalam peringkat 1001+ dunia. Dengan skor atau nilai sebesar 10,3 hingga 25 dan berikut rinciannya :

  1. Teaching sebesar 21,1 %
  2. Research sebesar 10,5 %
  3. Citations sebesar 15 %
  4. Internasional outlook sebesar 26,5 %
  5. Industry income sebesar 43,2 %

Universitas Gadjah Mada

Kampus yang berada di kota Gudeg Yogya ini telah lama ada dan selalu menjadi pilihan. Termasuk dalam kampus yang berumur tua, akan tetapi kualitasnya sejajar dengan yang lain.

Termasuk dalam peringkat 1001+ dunia serta terbaik di Indonesia. Memiliki nilai sebesar 10,3 hingga 25 dengan rincian sebagai berikut :

  1. Teaching sebesar 24,2 %
  2. Research sebesar 12,3 %
  3. Citations sebesar 13,1 %
  4. Internasional outlook sebesar 38,4 %
  5. Industry income sebesar 56,7 %

Institut Pertanian Bogor

Perguruan tinggi terbaik berikutnya di Indonesia adalah IPB atau Institut Pertanian Bogor. Sesuai dengan namanya, kampus ini berada di kota hujan, Bogor.

Selain menjadi kampus terbaik juga masuk dalam daftar peringkat dunia 1001+ . Dengan skor yang sebesar 10,3 hingga 25 dan berikut rinciannya.

  1. Teaching sebesar 24,7 %
  2. Research sebesar 10,1 %
  3. Citations sebesar 12,6 %
  4. Internasional outlook sebesar 40,8 %
  5. Industry income sebesar 58,1 %

Universitas Padjadjaran

Lebih sering dan banyak yang menyebut dengan singkatannya yaitu Unpad. Kampus ini berada di kota Bandung dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Bukan itu saja, Unpad juga masuk dalam deretan kampus peringkat 1001+ dunia. Memiliki nilai atau skor sebesar 10,3 hingga 25 dan berikut ini rinciannya.

  1. Teaching sebesar 22,5 %
  2. Research sebesar 8,6 %
  3. Citations sebesar 14,5 %
  4. Internasional outlook sebesar 22 %
  5. Industry income sebesar 40,5 %

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kampus yang berada di Surabaya, Jawa Timur ini masuk dalam deretan terbaik di Indonesia. Bukan itu saja termasuk juga dalam peringkat 1001+ dunia.

Kampus yang selalu menjadi favorite terutama bagi pelajar di pulau Jawa ini memiliki beberapa jurusan favorite. Memiliki nilai sebesar 10,3 hingga 25 dengan rincian :

  1. Teaching sebesar 19,7 %
  2. Research sebesar 12,1 %
  3. Citations sebesar 17,5 %
  4. Internasional outlook sebesar 38,2 %
  5. Industry income sebesar 61,9 %

Telkom University

Meskipun kampus favorite ini belum selama yang lainnya berdiri tapi kualitasnya tak bisa Anda ragukan. Berada di kota kembang Bandung, dalam beberapa tahun terakhir masuk pada deretan terbaik.

Kampus ini bukan hanya berhasil masuk dalam daftar terbaik juga peringkat 1001+ dunia. Dengan nilai atau skor 10,3 hingga 25 dan berikut rinciannya :

  1. Teaching sebesar 12,9 %
  2. Research sebesar 8,5 %
  3. Citations sebesar 22,2 %
  4. Internasional outlook sebesar 15,5 %
  5. Industry income sebesar 33,8 %

Itulah beberapa deretan perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia berdasarkan beberapa poin. Anda bisa memilih dan mencoba untuk mengikuti ujian masuk salah satu kampus tersebut.