Persiapan Sebelum Upgrade iOS 14 atau iPadOS 14, Ini Langkahnya

Persiapan Sebelum Upgrade iOS
Persiapan Sebelum Upgrade iOS: IST/NET

Persiapan sebelum upgrade iOS 14 terdiri dari beberapa hal. Sistem operasi tersebut dengan perubahan besar pada tampilan sudah dapat Anda nikmati. Rangkuman persiapan tersebut dapat Anda simak dari penjelasan berikut

Langkah Persiapan Sebelum Upgrade iOS 14

Anda dapat dengan mudah melakukan pembaruan ke iOS 14 dengan mudah melalui iPhone Anda. Langkahnya sebagai berikut.

Backup

Langkah pertama adalah melakukan backup atau mencadangkan data. Hal ini merupakan salah satu persiapan paling direkomendasikan sebelum melakukan update iOS 14. Hal tersebut perlu dilakukan karena untuk mencegah resiko  masalah kehilangan data jika proses update nanti mengalami masalah atau kendala. 

Dengan melakukan backup, Anda lebih tenang dan tidak akan khawatir data hilang. Cara backup tersebut adalah mulai dari Backup melalui iTunes atau iCloud. 

Anda juga dapat melakukan Backup secara manual mulai dari menyalin foto-foto dari iPhone ke komputer Mac. Anda juga dapat mencadangkan ke cloud service dan lainnya. 

Mengosongkan Storage Secukupnya

Persiapan sebelum upgrade iOS selanjutnya adalah mengosongkan storage. Anda bisa melakukan update langsung pada perangkat jika Anda telah mengosongkan storage sehingga cukup untuk menampung data tersebut. 

Baca Juga : Kelebihan iOS 15; Pengguna iPhone Wajib Tahu!

Hal ini untuk menyesuaikan dengan kapasitas dokumen update iOS. Umumnya berukuran sekitar 2 hingga 5 GB. Hal ini tergantung dari perangkat yang Anda gunakan serta iOS sebelumnya.

Agar semua berjalan lancar baik mengunduh dan update sebaiknya siapkan storage sebesar 2 kali lipat dari besaran dokumen OTA Updates yang seharusnya Anda unduh. 

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan storage kosong di perangkat iPhone dengan cepat yakni dengan tindakan penghapusan aplikasi yang berukuran besar yang ada di iPhone Anda. Aplikasi tersebut yakni games dan dokumen multimedia. 

Memastikan Internet Stabil dan Cepat

Persiapan sebelum upgrade iOS adalah Koneksi internet yang stabil. Hal ini agar saat pengunduhan berjalan dengan lancar. karena dokumen iOS 14 cukup besar.

Jika internet Anda kencang, maka Anda terhindar dari kemungkinan eror ataupun kendala lainnya saat proses pengunduhan update iOS 14. 

Jika gagal saat pengunduhan dan baru sampai tengah, Anda harus mengulanginya kembali hingga sukses. Selain update lewat perangkat, Anda juga bisa secara langsung update lewat perangkat iTunes di Komputer maupun Finder di MacOS. 

Memastikan Keadaan Baterai Terisi 

Hal yang perlu disiapkan selanjutnya adalah baterai terisi minimal 50%. Jangan sampai ketika pengunduhan nantinya terputus karena kendala baterai yang habis.

Karena dokumen cukup besar maka pengunduhan akan cukup lama. Oleh karena itu Anda harus charging terlebih dahulu. 

Memilih Update atau Restore

Secara dasar, persiapan sebelum upgrade iOS adalah proses naik dari iOS versi lama Anda ke iOS versi baru atau naik tingkatan. Hal tersebut dilakukan tanpa kehilangan data, hingga pengaturan. Update tersebut dapat Anda lakukan melalui perangkat smartphone secara langsung. 

Baca Juga : iPhone yang Tidak Bisa WhatsApp, Harus Update iOS 9 ke Atas 

Sementara Restore merupakan proses untuk instal ulang yang Anda lakukan dengan tujuan menghapus OS serta data di perangkat iOS. Hal tersebut untuk nantinya akan digantikan sistem operasi paling baru. 

Umumnya setelah restore, iPhone akan kembali pada pengaturan sebelumnya hanya saja menggunakan sistem operasi terbaru.

Nah data yang sudah berada di perangkat dapat kembali Anda gunakan. Hal tersebut jika Anda telah melakukan proses Backup data sebelumnya. 

Mengatur Ulang Pengaturan / Opsional

Persiapan sebelum upgrade iOS selanjutnya adalah mengatur ulang pengaturan. Bagi Anda yang ingin mengetahui fitur baru yang menarik dari iOS 14, dapat mereset pengaturan pada iPhone agar tidak terlewat fitur menarik tersebut. Lalu, sebaiknya ke pengaturan default atau bawaan tanpa menghapus data Anda semula. 

Anda bisa masuk ke aplikasi pengaturan, kemudian menu umum dan atur ulang. Lalu pilih saja menu atur ulang Pengaturan. 

Menyiapkan Waktu

Sebaiknya Anda luangkan waktu kosong untuk memantau proses berjalannya update ke iOS 14 secara langsung. Sehingga ketika selesai mengupdate maka Anda bisa langsung mengeksplorasi iOS 14 tersebut. 

Setelah Anda mengikuti langkah tersebut, Anda akan lebih mudah melakukan update ke iOS 14. Selain itu Anda tidak akan menemui kendala berupa gagal update ataupun kekurangan ruang kosong. 

Karena umumnya kendala yang terjadi ketika melakukan update adalah kegagalan karena kehabisan baterai, kurang ruang hingga jaringan internet yang tak mendukung. Sehingga melakukan persiapan sebelum upgrade iOS sangat penting agar Anda tidak lelah mengulangi proses update tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto