Pesan Tersembunyi Attack On Titan, Dari Rumah Tangga Hingga Politik

Pesan Tersembunyi attack on titan
Apa pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan? Foto: Ist/Net

Mungkin banyak orang tak sadar mengenai pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan. Sebagian besar dibahas saat podcast Deddy Corbuzier dengan Komika Uus.

Jika dilihat secara detail dan bukan hanya mengenai kekuatan dan lainnya, anime Attack On Titan (AOT) ini memang memiliki pesan terselubung.

Mengulik Pesan Tersembunyi dalam Anime Attack on Titan

Dalam podcast Deddy Corbuzier terungkap, Dedy marathon nonton AOT ini dengan anaknya Azka. Padahal Deddy bukanlah penggemar anime. Namun melalui Attack On Titan, Deddy menemukan beberapa pesan.

Anti Poligami

Pertama pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan adalah anti poligami. Di season 1 ada scene di mana ibunya Eren bernama Carla mati dimakan Titan.

Siapa yang memakannya? Ia adalah Dina Fritz dalam bentuk Titan yang tak lain adalah istri dari Grisha Jaeger ayah Eren. Dari scene secara tersirat Isayama menyampaikan pesan kepada dunia.

Baca Juga: Karakter Attack On Titan yang Mati dengan Tragis, Eren Termasuk?

Bahwa Istri pertama dan kedua tidak mungkin bisa hidup bersama. Sehingga salah satunya pasti akan dimakan. Biasanya memang istri kedua itu tertindas oleh yang pertama.

Rakyat Mudah Ditakut-Takuti

Kedua adalah unsur politik, dalam Attack On Titan, raja dan para bangsawan mengatakan pada rakyatnya tidak ada kehidupan selain di dalam tembok.

Orang di dalam tembok adalah yang selamat dari Titan. Raja juga mengatakan tidak ada kehidupan lainnya di dunia luar.

Isayama seolah mengatakan jangan takut saat menjalani kehidupan. Hadapi saja dengan segala resikonya dan Anda pasti akan mendapatkan keberhasilan.

Lihat Eren, Mikasa dan Armin yang punya mimpi ingin melihat lautan di luar tembok. Mereka dicibir dan dianggap bodoh namun apa yang terjadi? Trio EMA (Eren, Mikasa, Armin) menjadi pahlawan dunia.

Perang Hanya Membuat Rantai Kebencian

Pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan selanjutnya adalah pesan Isayama mengenai perang. Dalam Attack On Titan, Marley menyerang Paradise dengan mengirimkan Colossal Titan, Armored Titan dan Female Titan.

Paradise pun membalas penyerangan mereka, Eren dan pasukan pengintai serta para elit menyerang Marley. Dengan penyerangan itu, Marley juga kembali membalas dengan menyerang Paradise.

Baca Juga: Anime Fantasy Terbaik, Bikin Imajinasi Berkelana

Pesannya jelas, perang adalah konflik tak berujung dan menuntun ke rantai kebencian.

Persahabatan Lebih Penting dari Cinta

Pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan ini mungkin cukup klise ya. Namun, Isayama berhasil menyampaikan pesan ini dengan baik.

Dalam anime Attack On Titan ini, Eren rela berbuat jahat dan menjadi karakter antagonis karena ingin menyelamatkan sahabatnya. Rumbling yang ia lakukan itu adalah agar Armin, Mikasa, Jean dan lainnya itu bisa hidup damai.

Jika mau, Eren bisa saja menghancurkan dunia dan menyatakan perasaan cintanya kepada Mikasa. Mikasa pasti akan mengikuti ke manapun Eren akan melangkah. Namun, Eren lebih memilih persahabatan daripada cintanya.

Dalam kehidupan nyata memang kerap kali orang yang sedang bucin itu meninggalkan teman-temannya. Hanya demi terus bersama dengan orang yang ia sayangi.

Tapi jika putus ke mana kamu akan pergi? Pasti ke sahabat atau teman bukan? Isayama mengingatkan dunia bahwa persahabatan itu lebih penting daripada cinta.

Itulah beberapa pesan tersembunyi dalam anime Attack On Titan. Mungkin ada yang mau menambahkan? Bisa komen dan jangan lupa share kepada teman-teman kamu. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu