Petani Milenial di Jabar Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan

Petani Milenial di Jabar Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan
Salah seorang peserta Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) di Jabar mengikuti pelatihan budidaya ikan di Ciherang, Kabupaten Cianjur. Foto:Istimewa

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Petani milenial di Jabar mengikuti pelatihan budidaya ikan di Ciherang, Kabupaten Cianjur.

Mereka yang tergabung dalam Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) menjalani berbagai sesi latihan sebagai pembudidaya ikan.

Salah satu peserta Rian Iskandar mengatakan, usai lolos menjadi peserta petani milenial Jabar, ia mengikuti berbagai pelatihan mulai dari sistem bioflok sampai cara pemberian pakan ikan.

“Semua latihan yang kita ikuti selaras dengan kebutuhan dan juga tentunya meningkatkan pengetahuan sebagai pembudidaya ikan,” katanya.                                                                                                               

Ia menyebut setelah peluncuran program Pembudidaya Ikan Milenial (PIM), ia dan peserta lainnya terjun langsung ke lapangan.

“Kita lihat proses pembudidayaan dan mengaplikasikannya, mulai dari pemilihan ikan dari air tanah ke kolam karantina sampai kita tebar ke bioflok,” jelas Rian.

Rian merupakan salah satu dari 10 peserta Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) yang membudidayakan ikan nila dalam 60 bioflok di Kabupaten Cianjur.

“Selain dapat ilmu pengetahuan, kita juga bisa memperluas jaringan untuk membuka lapangan kerja,” ucapnya.

Kedepan Rian ingin membuka bisnis sebagai pembudidaya ikan.

“Tentunya ingin bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas,” pungkas Rian.

Baca Juga: Belajar Ternak Puyuh, Petani Milenial Jabar Dikirim Magang

Petani milenial lainnya Rizki Fadilah yang juga peserta PIM, bertekad membuka lapangan kerja seluas-luasnya sebagai pembudidaya ikan.

Pemuda asal Kabupaten Ciamis ini ingin menjadi role model bagi pemuda lainnya yang berminat membudidayakan ikan.  (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang