Pinggang Terasa Sakit? Ini Beberapa Faktor Penyebabnya

pinggang terasa sakit
Kenali penyebab pinggang terasa sakit. Foto: Ist/Net

Pinggang terasa sakit merupakan kondisi yang lumrah dan banyak orang mengalaminya. Gangguan ini umumnya timbul sebagai akibat posisi tubuh yang tak benar, atau melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Karena itu penting mengenal penyebabnya.

Sakit pada bagian pinggang sebenarnya hal yang normal. Bahkan mungkin hampir setiap orang pernah mengalami sakit pinggang. Baik pria atau wanita sering mengeluhkan gangguan yang satu ini.

Akan tetapi, walau hal yang normal dan sudah kita anggap wajar, gangguan pinggang tetap tidak boleh kita remehkan. Selain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, penanganan yang tepat berguna untuk mencegah dampak yang lebih parah.

Faktor Penyebab Pinggang Terasa Sakit

Pastikan Anda mencari tahu apa penyebab hal tersebut bisa terjadi agar dapat meminimalisir risiko yang akan kita alami nantinya. Informasi selengkapnya tentang apa saja penyebab pinggang terasa sakit, Anda bisa simak ulasan berikut ini!

Terlalu Banyak Aktivitas

Jika Anda terlalu banyak melakukan aktivitas pada hari sebelumnya, dan kemudian hari ini merasa sakit pinggang, maka hal ini adalah hal yang wajar. Banyak orang yang mengalami kondisi ini setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

Baca Juga : Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda hanya perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga dan mengembalikan energi Anda yang hilang. Konsumsi juga buah yang mengandung vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh Anda.

Mengalami Cedera Otot

Penyebab pinggang terasa sakit yang sebelumnya adalah karena Anda mengalami cedera otot. Ketika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, atau mengangkat benda berat di luar kapasitas Anda, maka cedera otot sangat mungkin terjadi.

Akibatnya nyeri pinggang akan terasa esok harinya. Solusinya, dalam melakukan pekerjaan berat atau olahraga jangan terlalu memaksakan diri. Pahami dulu kemampuan Anda baru melakukannya agar tidak berisiko cedera.

Obesitas

Selain karena masalah eksternal, sakit pinggang juga bisa terjadi karena obesitas. Obesitas dapat mengakibatkan kegemukan, karena kondisi berat badan berlebih yang terjadi pada seseorang berpotensi memberikan tekanan lebih pada tubuh.

Semakin tinggi tekanan pada tubuh, sementara energi yang tubuh miliki adalah energi normal, maka hal tersebut dapat memicu sakit pinggang. Bahkan yang lebih parah, tulang pun bisa mengalami pengeroposan dini.

Baca Juga : Nyeri Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Ini Penyebabnya!

Salah Posisi Tidur

Kesalahan pada posisi tidur bisa terjadi pada siapa saja dan seringkali tidak kita sadari. Faktor ini juga menjadi suatu kondisi yang menyebabkan pinggang terasa sakit.

Kalau Anda pernah merasakan bahwa setelah tidur badan terasa tiba-tiba sakit dan pinggang juga pegal, maka besar kemungkinan Anda mengalami salah posisi tidur.

Untuk mengatasi sakit pinggang karena kesalahan posisi tidur, yang bisa Anda lakukan adalah berbaring terlentang dengan punggung lurus di atas kasur.

Kemudian, letakkan bantal tipis di bawah kepala dan di bagian bawah lutut untuk mengurangi kondisi tegang leher dan juga punggung bawah.

Jika kemudian Anda merasa kesulitan untuk terlentang, Anda bisa tidur telungkup dengan cara menempatkan bantal tipis ke bawah pinggul yang berfungsi untuk mengurangi tekanan pada area tulang belakang Anda.

Baca Juga : Sakit Nyeri Punggung Bawah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Wanita Hamil

Sakit pinggang umumnya akan semakin terasa pada wanita hamil yang memasuki trimester ketiga kehamilan.

Pada awal masuk trimester ketiga tersebut, otot punggung bawah akan semakin mengalami tegangan karena tekanan ukuran janin yang semakin besar. Akibatnya, nyeri pinggang akan semakin sering dirasakan.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terjadi karena nyeri, cobalah untuk Anda menggunakan kaki untuk berdiri daripada Anda menekan punggung.

Jika rasa sakit tersebut masih berlanjut, kompres hangat untuk membantu meringankan rasa ketidaknyamanan yang Anda alami.

Fibromyalgia

Faktor yang juga bisa menyebabkan pinggang terasa sakit adalah fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan suatu gangguan kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada berbagai bagian tubuh, termasuk sakit punggung dan sakit pinggang.

Kondisi fibromyalgia biasanya akan disertai beberapa gejala berikut ini :

  • Kelelahan yang parah
  • Sulit tidur
  • Mengalami masalah memori dan konsentrasi
  • Sindrom iritasi pada usus
  • Sakit kepala
  • Mati rasa atau pun kesemutan pada bagian lengan serta kaki

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab pinggang terasa sakit yang harus Anda ketahui. Pastikan Anda selalu menjaga posisi tubuh yang benar, dan olahraga teratur yang cukup untuk mencegah gangguan pinggang atau masalah lainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah