Posisi Setir Mobil di Indonesia Lengkap dengan Sejarah Singkatnya

Posisi Setir Mobil Di Indonesia
Ilustrasi Posisi Setir Mobil di Indonesia. Foto; Ist/Net

Posisi setir mobil di Indonesia seperti yang kalian ketahui adalah terletak di sebelah kanan, berbeda dengan negara Eropa lainnya. Karena di seluruh penjuru dunia, penggunaan letak setir mobil tentunya berbeda-beda.

Ada yang menggunakan aturan setir kanan dan banyak juga yang menggunakan setir kiri. Beberapa negara yang menggunakan setir di sebelah kanan adalah Indonesia, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Inggris.

Sementara negara lain yang menganut peraturan setir kiri adalah sejumlah wilayah Amerika, Tiongkok, serta mayoritas negara Eropa, terkecuali Inggris. Di Indonesia sendiri, menggunakan mobil dengan letak setir di sebelah kanan juga ada sejarahnya.

Ketahui Posisi Setir Mobil di Indonesia dan Sejarahnya

Masih banyak orang yang bertanya-tanya kenapa posisi mengemudi dan setir ada di sebelah kanan. Sementara banyak negara yang posisi setirnya berada di sebelah kiri. Artinya posisi pengemudi di dunia terbagi menjadi 2, yaitu kanan dan kiri. Kecuali bajaj yang sendirian dan berada di tengah-tengah.

Di Indonesia posisi mengemudi di sebelah kanan dengan jalur mengemudi di sisi kiri. Untuk kalian ketahui bahwa di dunia ada dua standarisasi dalam berlalu lintas, yaitu left-driving dan right-driving.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Oblak, Segera Cek dan Ketahui Cara Mengatasinya

Ada sekitar 125 negara yang menggunakan aturan right driving, sedangkan left driving termasuk Indonesia lebih minoritas. Hal ini karena hanya sekitar 75 negara saja yang menggunakan sistem left driving.

Awal mula Indonesia serta negara-negara pada Asia Tenggara memakai setir kanan karena dulu negara tersebut jadi jajahan Inggris. Banyak negara penjajah yang membawa masuk konsep jalur di suatu negara.

Kemudian mereka menerapkan aturan dalam negaranya sendiri ke negara-negara kolonial. Ada beberapa sejarah lain mengenai posisi setir mobil di Indonesia. Berikut penjelasannya:

Penggunaan Setir Kanan Merupakan Warisan Belanda

Bukan rahasia lagi jika Indonesia pertama kali mengenal mobil adalah dari Belanda. Pada masa penjajahan, mobil-mobil Belanda menggunakan setir di sebelah kanan.

Sehingga otomatis mobil yang datang ke Indonesia memiliki posisi setir di sebelah kanan. Namun semenjak Napoleon menjajah Belanda, negara kincir angin itu kemudian mengubah posisi setir ke kiri mengikuti mobil Perancis.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Bergetar yang Sering Terjadi pada Kecepatan Tinggi

Jalur kanan alias setir kiri mulai populer setelah terjadinya revolusi Perancis. Cara ini awalnya sebagai simbol perlawanan terhadap kerajaan, sehingga Napoleon menerapkan jalur kanan di Perancis.

Beberapa dugaan muncul perihal panglima perang Perancis memilih berjalan di lajur kanan. Dugaan pertama karena ia kidal atau memiliki tangan kiri yang lebih hidup daripada tangan kanan.

Beberapa mengatakan bahwa mengemudi di sisi sebelah kiri untuk menentang Paus. Namun ada juga yang mengatakan bahwa mereka tidak ingin menetapkan aturan yang sama negara Inggris.

Akan tetapi, perubahan posisi setir mobil tersebut tidak mempengaruhi negara jajahan Belanda seperti Indonesia dan Suriname. Hal itulah yang menyebabkan hingga saat ini mobil-mobil di Indonesia tetap menggunakan setir di sebelah kanan.

Penjajahan Jepang Semakin Menguatkan Penggunaan Setir Kanan

Mulai dari zaman Belanda, mobil-mobil asal Jepang juga sudah mulai masuk ke Indonesia. Pada saat itu pengaruh Jepang sudah masuk ke Indonesia dari masih zaman penjajahan.

Baca Juga : Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Bahkan mobil-mobil yang beredar di Indonesia pun kebanyakan adalah mobil buatan negara Jepang. Sehingga semakin lama Indonesia justru jatuh hati terhadap mobil buatan Jepang, karena memiliki harga yang lebih terjangkau.

Sementara mobil buatan Eropa serta Amerika popularitasnya cenderung menurun karena harga yang cenderung tinggi. Selain itu, ada hal yang tidak kalah penting, yaitu postur warga Indonesia hampir sama dengan masyarakat Jepang.

Sehingga sangat ideal dengan mobil yang masuk ke Tanah Air. Itulah sebabnya hingga saat ini masyarakat Indonesia terbiasa dengan posisi setir mobil di sebelah kanan.

Negara Lain yang Menggunakan Sistem Setir Kanan

Negara-negara di seluruh dunia mempunyai sistem yang berbeda dalam mengemudi. Namun kebanyakan negara-negara Eropa menggunakan posisi setir yang berada di sebelah kiri. Uniknya lagi, Inggris menjadi satu-satunya negara di Eropa yang menganut sistem setir kanan.

Selain Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang menerapkan posisi setir mobil di sebelah kanan. Seperti Malaysia, Australia, Thailand, Jepang, Timor Leste, Singapura, Inggris, dan Brunei Darussalam. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah