Produk Kelapa Parut Kering Asal Jabar Diekspor ke Kosta Rika

Produk Kelapa Parut Kering
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor 23 ton produk kelapa parut kering atau desiccated coconut ke Kosta Rika dalam acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (16/6/2021). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Sebanyak 23 ton Produk kelapa parut kering (desiccated coconut) asal Jawa Barat (Jabar) diekspor ke Kosta Rika. Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor tersebut dalam kegiatan Jabar Punya Informasi atau JAPRI, Gedung Pakuan Bandung, Rabu (16/6/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan perusahaan yang mengekspor produk tersebut adalah CV Una Surya Putra Mandiri. Produk olahan kelapa ini banyak peminatnya dari berbagai negara. Untuk itu, Ridwan Kamil meminta agar pihak perusahaan memperluas pasar mancanegara.

“Seluruh dunia membutuhkan produk kelapa parut kering ini. Saya apresiasi ekspor CV Una Surya Putra Mandiri. Tinggal memperluasnya, juga packaging, skala industrinya dan kebutuhannya. Ini jadi pintu pembuka yang dapat memperluasnya khususnya benua Amerika dan umumnya seluruh dunia,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun berharap para duta besar mendorong dan memfasilitasi ekspor produk dari kelapa ini. Bisa juga menginformasikan produk yang banyak peminatnya dari masing-masing negara.

“Duta Besar kini harus memiliki jiwa sales marketing. Kalau hanya fokus seremonial politik, tentu tidak ada keterasaan kepada kami daerah, terutama untuk ekonomi. Saya sangat mengapresiasi ketika rajin komunikasi memberi informasi gubernur mengenai produk yang banyak peminatnya,” kata Kang Emil.

Darianto Harsono, Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri menyambut baik ekspor produk kelapa parut kering. Dalam situasi pandemi ini negara perlu kreatif dalam versifikasi produk untuk ekspor.

Menurutnya, dua fenomena pada perdagangan global saat ini terjadi yakni perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok. Sehingga memberi efek domino pada perdagangan Internasional. Kedua terganggunya global supply chain karena adanya pandemi. Sehingga penting mengetahui peluang pasar ekspor baru.

Ekspor Produk Kelapa Parut Kering ke Berbagai Negara

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat M Arifin Soedjayana menuturkan ekspor produk kelapa parut kering ini mampu menjadi pintu pembuka untuk bisa ekspor ke negara lainnya. CV Una Surya Putra Mandiri pun telah mengekspor produk tersebut ke sejumlah negara seperti Irak, Tiongkok, Ukraina dan Arab Saudi.

“Semoga bisa menjadi awal dalam ekspor kelapa parut kering,” katanya.

Yoga Prakasa, Direktur Utama CV Una Surya Putra Mandiri, mengatakan produk kelapa tersebut punya pasar luas. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa yang cukup besar.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Jabar dan pihak lainnya telah mendukung,” jelasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang