Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita PangandaranPuluhan Anggota Tagana Pangandaran Dikerahkan Bersihkan Sungai

Puluhan Anggota Tagana Pangandaran Dikerahkan Bersihkan Sungai

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sedikitnya 60 anggota Tagana Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, turun langsung membersihkan sungai Ciputrapinggan dari sampah.

“Membersihkan sampah tersebut, bertujuan agar sungai Ciputrapinggan bersih. Selain itu juga mendukung rencana Pemkab Pangandaran untuk pengembangan destinasi wisata sungai,” ucap Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana, kepada HR Online, Sabtu (19/6/2021).

Lebih lanjut Nana menambahkan, pihaknya selain menerjunkan 60 anggotanya, saat membersihkan sungai tersebut Tagana menurunkan dua unit perahu karet, dan papan selancar serta peralatan lainnya.

Baca Juga : Sungai Ciputrapinggan Bakal Jadi Obwis Baru di Pangandaran

Sementara untuk operasi bersih-bersih sampah di Sungai Ciputrapinggan tersebut, terbagi ke dalam dua titik lokasi. Masing-masing di Desa Babakan, dan satu tim Desa Putrapinggan.

Nana menyampaikan, bahwa membersihkan Sungai Ciputrapinggan kali ini adalah untuk meminimalisir sampah sungai. Menginggat, katanya, sungai harus bersih dan bebas dari sampah.

Selain anggotanya membersihkan sampah, tim Tagana juga memberikan edukasi kepada warga masyarakat yang tidak jauh dari bantaran sungai.

“Kami sosialisasikan untuk tidak membuang sampah ke sungai. Mengingat ke depan Sungai Ciputrapinggan akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Giat membersihkan sampah Sungai Ciputrapinggan kali ini bukan hanya melibatkan anggota Tagana saja, melainkan dari instansi terkait lainnya pun turut serta turun ke lapangan.

“Hasilnya saat ini kondisi sungai mulai membaik. Dan sampah sudah diangkat dari sungai ke darat. Selanjutnya dibuang ke TPA Pangandaran,” pungkasnya. (Entang/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto