Ratusan Jamaah Haji Kota Banjar, Dipastikan Batal Ke Tanah Suci

Ratusan Jamaah Haji Kota Banjar, Dipastikan Batal Ke Tanah Suci
Ilustrasi jamaah haji gagal berangkat ke tanah suci. Foto:Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, Jawa Barat, memastikan nasib ratusan jamaah haji asal Kota Banjar, yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada musim haji tahun 2021 ini dipastikan batal atau kembali ditunda.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar H. Badruzzaman, melalui Kasi Haji dan Umroh H. Endang Syarif Hidayat, membenarkan hal tersebut Kamis (3/6/2021).

Kepastian pembatalan pemberangkatan jamaah haji Kota Banjar tersebut setelah pihaknya mengikuti rapat koordinasi secara virtual bersama pemerintah pusat.

Pembatalan itu juga, lanjutnya, berdasarkan Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021.

“Hasil koordinasi yang kami ikuti tadi siang untuk pemberangkatan jemaah haji pada tahun ini dibatalkan” kata Endang Syarif.

Baca Juga: Nasib Ratusan Jemaah Calon Haji Kota Banjar Masih Menggantung

Adapun yang menjadi pertimbangan dari pembatalan keberangkatan jamaah haji tersebut yaitu untuk melindungi keselamatan jemaah haji karena kondisi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selain itu, hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi juga belum membuka jalur penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi.

Pemrintah Indonesia juga belum adanya kuota dari pemerintah Arab.

“Jadi yang menjadi pertimbangan itu karena alasan kesehatan para jamaah mengingat sekarang masih dalam masa pandemi serta belum dibukanya jalur penerbangan ke Arab Saudi,” jelasnya.

176 Jamaah Haji Asal Banjar Gagal ke Tanah Suci

Adapun untuk jumlah jamaah haji yang keberangkatannya ditunda pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini yaitu sebanyak 176 orang.

Jamaah tersebut merupakan jemaah yang mengalami penundaan pada tahun 2020.

Pihaknya juga memastikan jamaah haji yang gagal berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada tahun ini akan menjadi prioritas pada pelaksanaan ibadah haji di tahun mendatang jika tahun 2022 situasinya sudah membaik.

“Untuk tahun ini kan belum dibuka kuota ibadah hajinya. Jadi mereka itu jemaah haji yang tahun lalu juga mengalami penundaan. Nanti kami usahakan tahun depan menjadi prioritas,” tuturnya.

Endang berharap semua pihak khususnya para jamaah haji di Banjar bisa memahami kondisi tersebut dengan bersabar.

Ia juga mengajak jamaah haji Banjar berdo’a agar situasi pandemi ini segera berakhir dan pelaksanaan ibadah haji bisa kembali dibuka. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang